Visa

Banyak orang yang apply Visa Taiwan via agen.. ude bayar mahal2 ternyata ngga kasih tau klo kita mo bolak balik harus apply visa multiply..

memang visa multiply lebih mahal daripada visa single (1 kali pakai) tapi klo ada masalah penting yg harus balik ke indo bisa lgs berangkat dan lgs kembali ke Taiwan tanpa perlu repot-repot ajuin visa kembali di TETO (tmp ajuin visa Taiwan).

klo diinterview dan ditanya kenapa butuh visa multiple entry, bilang aja mo hadir di pernikahan teman. wkwk.. pinter2 deh jawabnye..

VISA itu berlaku 2 bulan klo lolos di TETO. dan, tiap 2 minggu sebelom abis masa visa-nya bisa perpanjang dengan cara minta surat ke sekolahan untuk perpanjang VISA. biasanya kita diminta bayar iuran untuk semester berikutnya baru dibuatin surat untuk perpanjang visa. bawa deh itu surat ke imigrasi taiwan. nanti visa kita dicap perpanjangan (extend visa) untuk 2 bulan kedepan berikutnya..

ada form yang harus diisi.. [ntar ini dilengkapin berikut contoh2nya.. tunggu aje..]

77 comments

  1. avatar

    ferdy123

    kalau untuk pertama kali ke taiwan untuk sekolah bahasa apakah bisa untuk apply visa multiply, karena ak tanya – tanya di travel katanya untuk pertama kali harus visa single.

  2. avatar

    ferdy123

    ooo ini saya coba tanya ke travel untuk menguruskan visa saya, katanya tidak bisa kalau untuk multi jadi bisanya visa single terus gimana ya kalau udah 4 bulan saya ditaiwan apa harus kembali keindonesia untuk mengajukan visa multiply atau langsung mengajukan ARC di taiwan?

  3. avatar

    philips

    |Author

    maksudnya km sekolah di taiwan, terus keluarga ngikut? begitu? harus tanya ke teto deh kalo begini gimana.. temen2 di sini entah ada pengalaman ngga soal ini, yg saya tau sih ada beberapa rekan yg seperti itu, cuma saya ga kenal dekat jadi belom perna nanya pertanyaan seperti ini ke mereka. ketemu juga jarang sama temen tersebut. mereka itu rata2 sih dapat beasiswa s2.

  4. avatar

    Sylvia

    Dear all,
    Please advise dong.
    Saya udah daftar di wen hua utk term bulan Maret 2012.
    Saya udah bayar en uda dpat juga admission letternya.
    Pas saya nelp ke TETO katanya nanti cuma bisa apply visa visitor dan itupun plg cpt 1 bln sebelumnya karena validity dihitung dr tanggal issued visa.
    Sementara menurut wen hua bisa apply visa dari skrg karena baru dihitung 60 days dari tanggal berangkat.
    Jadi bingung, tadinya saya cpt2 urus byr tuition fee biar bisa cpt2 dpt visa.
    Ternyata informasi yang didapat malah ga bisa.
    Saya takut bgt nie visa kalau sampai ditolak.
    Any tips?

  5. avatar

    LJin

    oh ya katanya ngurus visa ga selalu kena interview ya? tergantung org dalamnya perlu di interview atau ga. soalnya ada yg ga perlu di interview ud bisa.
    oh terus kita ga bisa dpt visa student 1tahun lgs dr indo ya? dari indo harus visa tourist dl? baru ntr di urus di sana bisa 1 taon kalo lgs bayar 1 taon.

  6. avatar

    philips

    |Author

    klo univ bisa 1 taon langsung, tetep ganti visa residen pas di taiwan.

    klo cuma belajar bahasa ga bisa, lebih tepatnya belom perna ada yg coba bayar uang sekolah setahun buat belajar bahasa.

  7. avatar

    boyzla23

    Senen ini gue interview, gue td baca2 tulisan dr bro philips ttg info visa di atas.

    Thanks banget infonya. Apalg ttg yg visa multiple krn kebetulan mau hadiri pernikahan teman Januari ntar.

    Tp yg gue masih bingung, di pembukaan tulisan ini (paling atas), bro bilang bisa apply visa multiple student yg mo bolak balik. Tp setelah ferdy123 bilang dia tanya travel dan ga bisa multiple, bro jd ga tau sebetulnya boleh ga. Jd kl gt, sori, informasi di sini akurat ga ya? Soalnya Senen ini dah mau interview. Gue coba percaya aja sama info2 bro ttg visa dan daftar sendiri.

    • avatar

      philips

      |Author

      temen saya orang canada pertama kali apply visa multiple bisa dengan alasan mau balik karena teman nya mau merit.

      klo yang nikah cuma teman, kayanya gak bakal bisa. tapi boleh dicoba. soalnya pengalaman yang ditulis itu dari teman-teman semua yang uda ngalamin.
      soalnya untuk indo mungkin agak ketat.

  8. avatar

    boyzla23

    Gue apply sendiri dan td sore interview ikuti saran2 di blog ini. Ternyata Visa gue ditolak. 🙁

    Saran bro Philips ttg bisa apply visa multiple dr Indonesia ternyata ga bisa.
    Tadi sore interview ada 5 org. 4 org dr agent, gue sendiri yg apply sendiri, ternyata cuma gue sendiri yg ditolak.
    Mgkn krn liat papa gue tanya2 di loket trus knapa ditolak, pas mau pulang, satpam kedutaan ada tanya gue napa ga lewat agen aja. Soalnya 4 org yg lewat agen lolos semua katanya. Dan gue dpt info dari satpam, kl udah ditolak sekali, dah bakal susah dpt visa ke Taiwan lagi, baik sekolah ataw jln2.
    Kecewa banget jd ga ada harapan lg utk sekolah ke Taiwan.:((

    Sekalian mo tanya, bro philips dan moderator2 disini dah brp lama ya di Taiwan?

  9. avatar

    philips

    |Author

    alasan ditolak kaga akan dikasih tau.

    makanya saya tanya km daftar sekolah di mana? kapan mulai masuk? klo ga detail mana bisa tiba-tiba bilang urus sendiri susah? banyak yang uda lolos gini..

  10. avatar

    Sylvia

    Hi boyzla23 .
    Kemarin itu tmn saya juga baru apply visa yang urus sendiri.
    Menurt pendapat tmn saya tidak sesulit itu kok urus sendiri.
    Mungkin hanya perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan interviewer dan juga backing rekening yang cukup besar atau yang dapat meyakinkan bahwa kita tidak menyalahgunakan visa utk bekerja disana.
    Kalau bole tahu kamu dafta sekolah dimana dan kapan jadwal masuk sekolahnya?

  11. avatar

    boyzla23

    Gw diterima di NTNU intake Dec ini. Memang udah agak telat krn kmrn tukang pos kasih admission ke pembokat gue, dan baru ketauan akhir November kmrn. Makanya jd telat apply visa. Tp ini bukan masalahnya krn gue pas interview ada tanya kedutaan dan mrk bilang gpp.

    Kl soal interview, gue rasa jawaban dan prosedur gue udah pas. Apply visa kmrn gue lampirkan ijazah SMA gue di Singapore dan ijazah S1 di UPH. Tabungan bokap gue -maaf bukan bermaksud pamer- ada Rp 870 jutaan kmrn saat apply visa Taiwan ini. Dan setau gue angka itu udah lebih dr syarat apply visa Taiwan, bahkan syarat visa USA sekalipun. Dan jawaban gue jg ga aneh2 selama intvw. Kl ada info tambahan, umur gue 22 dan gue Chinese.

    O ya, tiket pesawat kmrn udah beli juga dan dilampirkan tp tetap ditolak jg.

    Pasti ada hal2 yg ‘hilang’ yg bisa bikin visa gue ditolak. Gue ga tau pa yg ‘hilang’ itu?

  12. avatar

    philips

    |Author

    biasa yg paling gampang di-approve adalah tabungan atas nama sendiri. kalau tabungan penjamin nya ortu biasanya ditanya usaha ortu dll, trs harus bisa lampirin surat siup dll sesuai jawaban pas interview. dulu waktu di teto perna ada anak yg penjaminnya tantenya, terus dia hrs balik ke kota asalnya minta surat-surat tante nya krn dia blg tantenya usaha ternak tiram.

  13. avatar

    boyzla23

    Ini gue copas dr jawaban gue di sebelah:
    Selain tabungan bokap kmrn, gue jg ada lampirin tabungan gue sendiri hasil gue usaha join dgn teman pas kuliah. Dan utk siswa yg br lulus umur 22, pake tabungan ortu adalah hal yg wajar krn gue kan belum kerja, mana mgkn ada tabungan yg byk. Justru bukannya kedutaan akan jd curiga kl org yg baru umur 22 koq udah punya tabungan sendiri yg byk. Lgan tabungan ortu Rp 870an juta jg masukin buku asli semua. Dan memang masalah gue sprtnya bukan di tabungan.

    Dan kl tante, itu kan udah keluarga lain. Kedutaan masa sih percaya gitu aja, krn dulu temen gue apply visa Aussie pake tabungan Om-nya, malah diminta tabungan ortu kandungnya. Krn ortu kt kan masih bekerja dan bukan pensiun, napa hrs pake tabungan sendiri atau tante/om segala. Makanya utk ke Taiwan ini pun gue pake tabungan ortu krn belajar dr kasus teman gue ke Aussie itu. Di sebelah gue ada tulis kl td siang ada tanya agen sekolah Taiwan 【XX】 dan mrk ga bilang bukan salah di tabungan gue.

  14. avatar

    philips

    |Author

    oke, gak usa ngomongin tabungan.. mo ikutin saran atau ngga terserah, itu hak kamu.. kamu mau denger kata orang lain juga gpp..

    【XX】itu sengaja disensor, klo u ternyata cuma mo iklan bawa nama agen itu, bukan di sini tempat nya. u daftar di sekolah bahasa kemaren pakai nama lengkap apa? saya mau cek apa benar kamu ada daftar di sana.

    selanjutnya buat anak yang nanya-nanya harus jelas nama nya dan sekolahnya, saya bisa cek ke sekolahan atas nama yang terdaftar. jadi ga bisa seenaknya orang ngomong macam-macam dan ujung-ujungnya bawa nama agen tertentu.

  15. avatar

    hendry_chen

    halo.. ada hal yang mau saya tanyakan mengenai visa di taiwan…
    kebetulan sekarang ini saya sudah terdaftar sebagai salah satu pelajar di Chinese Culture University Language Center..
    dan rencananya saya tahun ini bulan 9 mau melanjutkan ke jenjang s1..

    nah.. pertanyaan saya mengenai perihal terjemahan transkrip nilai sma yg harus diterjemahin ke dalam bahasa mandarin dan di legalisir.

    yg mau saya tanyakan ijazah dan NEM dan rapor harus diterjemahin ke dalam bahasa mandarin? dan apakah rapor harus 1 buku full rapor sma atau hanya SMA kelas III saja? dan apakah saya bisa melegalisir di KDEI Taiwan apa mesti di Indonesia..?

    thanks…

  16. avatar

    AdityaChen

    halo hendry_chen,

    Terjemah:
    smuanya hrus diterjemahin ke dlm bhasa inggris/mandarin (liat univ yg anda tuju minta dlm bahasa ap, cm sbgian bsar univ trima dlm bhasa inggris),
    n soal raport, 1 bku full msti diterjemahin (SMA klas 1,2,&3 bhkan sampul dpan ktrangan identitas siwa jg smw na mau diterjemahin)~ 🙂

    soal legalisir:
    stau ane kita ga bsa legalisir di KDEI taiwan..~
    so msti di indonesia terjemah n legalisir na~ 😀

    point na: semuanya perlu diterjemah n di legalisirin.. 🙂

  17. avatar

    Hi, kemarin habis ambil passpor dari teto, dengan visa visitor 60days untuk sekolah bahasa sudah tertempel… 🙂

    Smua urus sendiri, satu peserpun ga keluar buat agency…
    Sebenernya yang terpenting data-data lengkap dan akurat, juga kl niat kamu bener-bener mau sekolah bahasa, ga ada niat yang lain, pas interview harusnya lolos.

    Sedikit info, pas interview orangnya baik, jadi ada 1 orang yg asli taiwan yang interview, dan seorang penerjemah. Jadi nanti mau ngomong pake bahasa indo bole, inggris bole, campur sari juga bole. Trus suasana jg santai, walau awalnya gugup, tapi ternyata kaya d ajak ngobrol aja. Kaya kenalan saja. hehe

    Bocoran apa aja yg di tanya pas interview:
    -kenapa mau belajar di taiwan
    -kok bisa pilih sekolah yg ini?
    -rencana brapa lama stay d taiwan?
    -sudah tau mau tinggal d mana?
    -gimana cara kamu komunikasi sama pemilik kost?
    -orang tua kerja apa?
    -berapa penghasilan/omzet ortu per bulan? (kalau pakai buku tabungan ortu)
    -sudah pernah kerja? di mana saja? (kalau sudah pernah kerja)
    -kerjanya ngapain aja?
    -dulu sekolah ambil jurusan apa?

    kurang lebih seperti itu. Tentu dokumen harus lengkap, ga perlu pake tiket kok. dan saya pakai tabungan sendiri, isinya ga sampe 70jt malah 🙂

    Sejujurnya tujuan interview untuk mengenal si pemohon visa, apakah niatnya bener-bener sekolah apa mau ngapain. Kalau kita sungguh-sungguh mmg niatnya murni belajar, harusnya semua lancar. Kan kalau orang mau ngebohong malah ketauan tuh gerak geriknya sama jawabannya terlalu berlebihan apa gmana. Kecuali ahli ngebohong 😛

  18. avatar

    candy_dj

    wah for bazk3t thanks infonya 😀
    lumayan bocoran interview 😀
    aku apply for taiwan ICDF scholarship 13/14 moga bsa lulus interview juga kalau diterima beasiswa di MCU 😀
    thabks buat informasi di sini ^_^ sangat membantu, (Y)

  19. avatar

    septi

    Aku pengen sekolah di NTNU kursus bahasa Mandarin. Ada bea siswa buat kursus bahasa disekolah ini ga? Apakah sekolah ini bagus buat sekolah Mandarin ato cari sekolah yg kalian dulu belajar lbh bagus. Tlg dijawab. LG bingung sie buat cariin sekolah mana bagus.

  20. avatar

    inspire

    selamat siang ko philips, mau nanya cara pengurusan visa les bahasa di taiwan bagaimana? saya udah di daftarkan sama ai saya yg di taiwan les bahasa di universitan wenhua, dan sudah mendapatkan admission letter dari universitasnya. nah sekarang tinggal mengurus visanya ini yang binggung. apa aja yang di perlukan. terima kasih sebelumnya

  21. avatar

    inspire

    jadi ga usa bawa yang lain”nya? cuman admission letter doang ya?. ok deh makasih atas pemberitahuannya, secepatnya akan saya urus ini visa biar lega hehehehe 🙂

  22. avatar

    septi

    Fotoin dekat mana harga visa? Kalo nampak kan aku photoin harganya. Biasa nya gi TETO lantai 17 antrean dekat satpam ambil quene no lalu tunggu dipanggil no atau bagaimana? Pertama kali buat dikit tegang sie, takut banyak orang n salah barisan malahan bisa tunggu lama disana? Jam berapa gi submit paling bagus? Thanks.

  23. avatar

    septi

    Waktu submit, aku bayar Rp. 460,000. Aku lihat2 di dekat loket hari ini tapi ga nampak harga visa dekat Sana. Aku submit hari Senin n bisa dapatkan visa aku tanpa interview hari Rabu ini.

    • avatar

      kevin_yeh

      bro philip , mau tanya tentang bikin visa taiwan di hongkong nih.

      gini , kan gw dapet visa visitor untuk sekolah bahasa di sini (taiwan), nah terus gw baru skul disini kira2 1 bulan, akhir bulan ini gw rencana mau jalan2 ke hongkong untuk liburan. tapi gw bingung cara balik ke taiwan nya gimana, soalnya kan visa gw visitor single. bisa kasi petunjuk gak yah untuk bikin visa di hongkong nya? atau mungkin ada yang pernah ngalamin kayak gw gini?

      Thanks

  24. avatar

    Loaf

    Hello, sorry nimbrung ya..member baru nih..
    Pertama-tama, salam kenal ^^
    1 September nanti aku mau ke Taichung, tgl 3 Sept udah harus registrasi di Feng Chia University nya utk kelas bahasa..
    Kemaren2 aku apply visa n ditolak visanya..alasannya aku udah tau kenapa, karena passport lama gak disertai..
    Nah, ceritanya tgl 16 Agustus aku baru ditolak visanya, jadi tgl 19 aku mau ke TETO lagi utk nambah dokumen dan mau interview ulang sama org TETO.

    Perjanjian ketemu nya udah diatur n udah deal, dan katanya cap ditolak itu masih bisa diubah (kalau memang bener2 beruntung dan memang sangat meyakinkan), kalo aku sih memang gak niat kerja di Taiwan, murni mau sekolah, tapi aku masih ragu, kira2 peluangnya seberapa besar ya?
    Yang udah pernah coba cara ini, tolong ya sharing pengalamannya.

    Thank you. ^_^

  25. avatar

    Aura

    Salam kenal untuk Admin dan teman teman di sini.

    Kalau boleh saya ingin bertanya beberapa pertanyaan, mungkin saya bertanya di web ini ga nyambung, tapi saya bingung mau bertanya kesiapa (???). Saya sudah coba untuk buka situs situs terkait tapi masih belum menemukan jawaban yang bisa buat hati plong alias lega. Mohon maaf bila pertanyaan agak kurang nyambung 🙂

    Begini, Saya seorang spiritual consultant dan memiliki cukup banyak pasien di Taiwan (baik itu warga negara Indonesia yang bekerja disana atau warga negara Taiwan atau warga negara Indonesia yang menjadi warga negara Taiwan). Sebagian dari mereka ingin saya menetap untuk waktu 6 bulan s/d 1,5 tahun dengan menyewa apartemen.

    Pertanyaan saya yang pertama, apakah saya bisa mendapatkan multiply visa dan apa saja syaratnya ?

    kedua, apakah saya harus mengurus dokumen dokumen khusus lainnya terkait dengan tujuan kedatangan saya di Taiwan sebagai konsultan spiritual ? Karena tidak menutup kemungkinan juga untuk menaruh ads/ iklan di tabloit atau melalui selebaran dan apakah hal ini di izin kan disana?

    ketiga, apakah ada hal lainnya yang harus saya ketahui mengenai prihal di atas?

    Mohon bantuan jawaban dari Admin dan teman teman disini atau bisa memberikan link terkait.
    Terima kasih banyak sebelumnya

    Salam,

  26. avatar

    alwayslucksc

    Hallo semua ane org baru ni , sy ud bca2 nih . Hari selasa ada panggilan interview di teto . Mohon doanya ya semoga visa ane di trima ! Amin . Salam knal Tuhan memberkati 🙂

  27. avatar

    Widi Gunawan

    Halo,
    Thanks info nya, Ko.
    Lusa mau berangkat ke Jakarta buat apply visa, mau belajar bahasa di NTNU.
    Cukup terlalu mepet dengan term mau masuk sekolahnya, we’ll see!

    Ada info rent apartment yang harga masih bersahabat ngga untuk di daerah Shida dekat NTNU? 🙂
    Sejauh ini baru lihat di internet aja. Thanks in advance, Bro 🙂

  28. avatar

    Valentinus

    hallo saya valentinus ,pendatang baru nih.di situs ini dan pendatang baru di taiwan per tanggal 15 march nanti.:)
    mau infoin soalnya baru ngajuin visa buat belajar disana dan jadinya bisa tau info ini,kebetulan pas saya pengajuan visa masih dapetnya 460rb dan Puji Tuhan visa saya di approve untuk study bahasa disana dan sekalian aja bagi yang mau ngajuin visa,per tanggal 24 february 2014 pengajuan naik .untuk visa single awalnya 460rb jadi 550rb.untuk multiple 1.100.000,dan semua pengurusan dokument naik sesuai ketentuan di teto….

  29. avatar

    hendra hendra

    salam kenal nama saya hendra
    ini bertanya kalau belajar ke taiwan apakah harus belajar dulu? kalau mau langsung masuk S1 nya bisa ga ya ?
    oh ya kalao pengajuan visa buat S1 bagaimana ya ?
    soalnya saya lihat diatas cuman tulis untuk belajar bahasa + untuk S2 S3..
    tolong ya penjelasan. terimakasih banyak

  30. avatar

    philips

    |Author

    s1 sama saja, klo jurusan km ada yang bahasa inggris pengantarnya, bisa pakai sertifikat TOEFL km.. klo ngga ada, hrs pakai sertifikat mandarin km.. (belajar dulu atau ujian ambil sertifikatnya terus apply s1)

    • avatar

      hendra hendra

      sertifikat mandarin maksudnya TOCFL? kalau kayak ada les mandarin, pake sertifiket les mandarin bisa tidak ya? atau harus TOCFL? kalau mau ikut TOCFL caranya gimana ya ? sorry pertanyaan banyak banget ..hehehe . tapi tolong dibalas ya ..thanks..

    • avatar

      hendra hendra

      les nya di indo.. bukan sertifikat international deh..hehehe
      klo gitu mesti ikut TOCFL dong. boleh tahu gimana cara ikut TOCFLnya?
      “klo mau datang ke sini ikut tes yg bulan mei.” ikutnya dimana ya ?di TETO gitu?

  31. avatar

    kiwi

    Hello, salam kenal. Saya berencaha belajar bahasa setahun di Taipei. Kalau saya ingin apply visa kursus bahasa saja apa perlu menyertakan hasil medical check up? Kemudian apa visa yang didapatkan nanti visa single entry (as visitor)?
    Kebanyakan teman2 yang sdh mengajukan visa kan dapatnya ijin tinggal 60 hari, apa mungkin setelah mendapat visa visitor, saya mengajukan visa residency (student) di Taipei?

  32. avatar

    Choco Liquid

    Halo senpai2 sekalian.. 🙂
    setelah membaca pengalaman senpai2, akhirnya saya dapat juga visa Taiwan tanpa menggunakan agen..
    gampang banget ternyata urus visa sendiri.. hehehe..
    btw, skrg ada perubahan jadwal interview di TETO, karena saya diminta untuk interview pada hari Selasa kemarin, dan visa bisa langsung diambil pada hari Rabu nya.
    apa ada yang sekolah bahasa di MTC (NTNU) jg?? *minta ditemenin maksudna.. hahaha.. 😛

      • avatar

        Choco Liquid

        Di temenin nyari makan maksudna Ko..
        Maklum kn blm tauk tempat makan yg enak n murah.. *maklum ibuk2, suka na yg diskonan n menjelang gratis.. :p Hahaha
        Semoga bs ketemuan disana yah xue zhang semua.. Salam kenal.. 🙂

  33. avatar

    lina yap

    hai, saya Lina..
    Mo tanya , klo uda dapat visa berapa lama harus berangkat yah?
    saole rencana ambil kelas di wenhua yg feb akhir, mo apply visa januari awal/pertengahan. kalo di approve, berangkatnya kira” 3hr sblm skul dimulai. bisa ga tuh?? thx yg bisa bantu jawab ^o^

  34. avatar

    Dewi Senja

    Hi mas2 n mba2,saya sangat berniat sekali kursus mandarin ditaiwan,sayapun sudah mencari sekolah mana yang mau saya daftar (MLC)karna menurut saya cuma disitulah yang biayanya paling murah. Saya pernah bekerja di taiwan jadi TKI,jadi saya bisa bahasa mandarin,saya berniat kursus ditaiwan selain untuk memperdalam bahasa mandarin,saya juga ingin bisa menulis bahasa mandarin. Tapi ada beberapa hal yang saya takutkan dalam mengurus visa nanti,saya takut ditolak visanya. Saya mempunyai tabungan kurang lebih 50 juta,apa cukup untuk jaminan dlm pengajuan visa nanti? Biaya untuk kursus,kost dll sudah saya siapkan juga. Saya juga terdaftar sebagai mahasiswa S1 di universitas terbuka taiwan,dan masih 2 semester lg. Mohon infonya agar saya bisa mempersiapkan semua. Saya berniat mendaftar tahun depan term september 2015.

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook