TOCFL Speaking Test

TOCFL ini dulu nya TOP, lengkapnya SC-TOP.

entah kenapa jadi TOCFL.. mungkin biar sama seperti TOEFL kali ya jadi standard international (standar internasional).

nah hari ini abis ujian banyak nih, dari Sabtu kemaren sampe hari Minggu ini total 7 ujian. zzz.. capek banget rasanya..

 

yang mau dishare saat ini adalah soal :p hehe.. yup, soal ujian nya kira-kira seperti ini.. (berdasarkan ingatan yang lemah ini.. hehehe... soal soalnya adalah sebagai berikut):

speaking level 2 ada 2 bagian pertanyaan yaitu:

bagian 1 ada 3 pertanyaan dan bagian 2 ada 5 pertanyaan.

soal pertama adalah perkenalan diri sendiri dan waktu nya 40 detik untuk jawab. jadi kamu harus bisa ngomong nama kamu siapa dan asal dari mana blablabla selama 40 detik..

soal kedua alasan kamu kenapa belajar mandarin.. jawab selama 40 detik. kurang dari 40 detik juga bisa tapi nilai gak maksimal..

soal ketiga, lupa.. maklum uda berumur..

sekarang bagian 2 ada 5 pertanyaan.

soal pertamanya nanya soal.......... lupa juga wkwkwk.. daya ingat melemah nih.. zzz

soal keduanya.. ada gambar soal cuaca selama seminggu dan harus ceritakan selama 1 menit 40 detik tentang cuaca selama seminggu itu..

soal ketiga nya adalah planning jalan-jalan.. lupa detailnya..

soal keempat ada sebuah foto 1 keluarga sedang makan ramai-ramai dan ceritakan ada siapa aja dan makan apa aja, di mana dll..

soal kelima ada yang beli rumah baru dan isi perabotan (pindahan juga bisa) perhatikan ada siapa aja di sana dan ngapain aja sekalian ada barang apa dan posisi di mana.. ini video, jadi harus lihai baru ngeh deh.. waktunya 1 menit 40 detik harus ngomong terus wakakaka..

sedih, susah banget ngomong belepotan karena ga biasa akan hal-hal menjelaskan dan berargumen begini serta mendetailkan segala sesuatunya macam bentuk dan posisi..

lanjut, .......

 

 

 

 

sekarang ujian level 3 speaking...........

secara ini level 3, soalnya pun nambah.. jadi 3 bagian. masing-masing 3, 3, dan 2 soal. total 8 soal. bagian 2 harus ngomong selama 1 menit 40 detik dan bagian 3 harus ngomong 2 menit.

soal bagian pertama nomer 1 itu tentang siapa kamu, nama, dari mana, dsbnya..

soal bagian pertama nomer 2 tentang olahraga.. (egh.. baru inget.. lv 2 juga ada pertanyaan soal olahraga.. tapi lupa bagian pertama ada bagian kedua..) nanti di tanya suka olahraga apa dan alasannya kenapa.. jawab deh selama 40 detik.

soal bagian pertama nomer 3 itu soal beli baju, kamu akan pilih beli baju di mana dan seperti apa. alasannya kenapa.

nah sekarang bagian kedua. ini waktu nya 1 menit 40 detik untuk jawab.

1. sebutkan orang yang paling penting buat km. bisa 1 atau 2 orang. alasannya kenapa

2. rencana jalan-jalan km.. lupa detailnya..

3. kasih tau teman perancis kamu mana yang lebih baik kalau cari kerja di taiwan, pilih yang murid kita ajar les di rumah atau di tempat les yang bisa bikin tinggal di taiwan lebih lama.. alasannya kenapa harus jelasin..

sekarang bagian ketiga, ini harus dijawab 2 menit. kalau bisa, ngomong terus tuh penuh selama 2 menit.

1. kalau pacar kamu online dan selama ga ada kamu selalu chat sama lawan jenis, boleh ngga, alasannya kenapa?

2. kartu kredit itu menurut kamu berguna ngga, dan kenapa? jelaskan..

 

 

 

hehe.. sekarang lanjut level 4.. (gile.. semaput nih ujian terus berturut-turut begini.. semoga dengan hint ini kamu yang baca bisa memanfaatkan info ini sehingga bisa lulus ujian dengan baik.. asal bisa ngomong lancar, soal-soal yang saya kasih tau ini pasti gampang jadinya..)

tadinya pikir klo semakin tinggi level akan semakin banyak soalnya karena dari tingkat 2 ke 3 nambah beda 3 soal 'kan.. nah ternyata gak gitu, soalnya malah sama seperti soal level 2. bedanya tulisannya dan kata-katanya klo ga familiar bakal lari dan ngga ngerti apa yang dia tanya.. (kejadian sama saya begitu.. hiks huks hiksss.. sedih bener ngga ngerti dia ngomong ape.. zzz) tapi berdasarkan pengalaman yang ada, saya dapat menyimpulkan soalnya seperti ini: (klo ga yakin sama kemampuan saya gpp, tapi ini ga meleset jauh kok.. hehe..)

I.1 nama kamu, jelasin kamu siapa dll,

I.2 kegiatan liburan sukanya ngapain.. indoor apa outdoor.. jelasin..

I.3 minggu lalu hari sabtu minggu ngerjain ape?

II.1 sebagai guru, kamu bakal kasih murid km yang seksi ujian susulan ngga? padahal ga boleh ada ujian susulan. tapi dia sexy... gimana??? (saya lebih-lebihin nih soalnye.. wkwwkkw...)

II.2 hal yang paling berkesan mendalam dan membuat pengaruh besar dalam hidup u..

II.3 lupa men.. sori sori men.. (beneran lupa.. kan uda dikasih tau klo daya ingat saya ga sebagus itu, ini aja lgs pulang cepet2 nulis biar ga lupa.. wkwk..)

II.4 kenapa orang tua harus dikirim ke panti jompo. klo u setuju/ga setuju sebut alasannya.

II.5 ada aturan larangan rokok, nah u orang perokok atau bukan? dan tanggapan u terhadap aturan ini bagaimana? jelaskan.

soal II.1 waktu nya 1 menit 40detik, sisanya II.2 - II.5 waktunya 2 menit..

rasanya mau nangis ngomong belepotan dan grammar mandarin ancur pas ujian... pala mo pecah ini... jadi saya mau istirahat dulu.. semoga berguna ini tulisan. jangan lupa di like itu logo FB nya di bawah ini sama tolong pencet logo google nya yang G ada +1 nya itu.. (mungkin uda +n)

 

8 comments

  1. avatar

    philips

    |Author

    測驗等級Test Level:基礎級(Level 2)
    考生編號Test No.:1203252210802002
    考試日期Test Date:2012 / 03 / 25
    考試地區Test Area:台灣北區 (Northern Taiwan)
    Description

    級分 Score : 4
    考試結果 Result : 基礎級 (Level 2)

    成績需為3級分以上(含3級分),才能通過基礎級口語能力測驗。
    The score of 3 or higher is required to pass the test.

    *預試成績僅供參考,不列入正式記錄**
    The score report of pilot test could only be used for reference rather than official purpose.

    級分 Score (dan penjelasannye)
    口語表現 Speaking
    ==
    5

    完成溝通任務;提供豐富訊息量;即使仍有口音,一般聽眾都能理解
    Communication task fully accomplished. Providing rich amount of information. Comprehensible to all general listeners even with an accent.
    ==
    4

    完成溝通任務;提供的訊息量頗豐富;一般聽眾幾乎都能理解Communication task fully accomplished. Providing rich amount information. Mostly comprehensible to all general listeners.
    ==
    3

    完成溝通任務;提供適當的訊息量;一般聽眾大致能理解
    Communication task fully accomplished. Providing sufficient amount of information. Partly comprehensible to general listeners.
    ==
    2

    只完成部分溝通任務;提供訊息量不足;一般聽眾較難理解
    Communication task partly accomplished. Providing insufficient amount of information. Barely comprehensible to general listeners.
    ==
    1

    未完成溝通任務;一般聽眾幾乎無法理解
    Communication task failed. Incomprehensible to general listeners.
    ==
    0

    未回答
    No assessable information provided.

    ====
    ====
    Untuk level 3 dan 4 nya begini katanye:
    ini kata hasil ujian saya:
    “我們很抱歉,因機器問題無法判別錄音內容。 We are sorry to inform you that due to technical problems, the recording of your responses cannot be retrieved.” zzz cape deh..

  2. avatar

    philips

    |Author

    wogh, iya, mksdnya yang 1 ruangan waktu itu. Adit and me ‘kan 1 ruangan, dan pas itu ruangan ada masalah komputernya, makanya kita berdua dapat pocer 400nt buat beli buku.

    share hasilnya doooonk.. PO di sini.. ga usa malu2 laaaaaaa.. hehe..

  3. avatar

    philips

    |Author

    nih level 4 barusan kaya gini:
    I
    1. ceritain soal km n keluarga km ada siapa aja
    2. tinggal di mana dan ada apa yg spesial di sana

    II
    1. masalah yg ditemui di taiwan
    2. beli apa di taiwan yang bikin u marah-marah
    3. ada foto, isinya orang ditaman buang sampah sembarangan
    4. klo jadi binatang, mau jadi apa dan kenapa
    5. klo bisa balik ke masa lalu, mau masalah apa yang diubah
    6. berita soal penyakit dari piaraan nular ke orang yg piaranya

  4. avatar

    susanti lie

    salam kenal, minta info… jadi kalau mau kursus bahasa di tw itu kita ikut tes ini dulu atau ajuin visa dulu ya? tempet tesnya dimana ya? pastinya di jkarta..dimana alamatnya ya…tq

  5. avatar

    philips

    |Author

    tes ini biasanya klo uda bisa mandarin baru ikut tes. jadi ngga harus ikut kursus ini tetep bisa belajar di taiwan dan ajuin visa nya ke teto.

    tes ini di jakarta juga ada, bahkan lebih murah dari ujian di taiwan. namun, baru sampe ujian baca dan denger aja. ujian lainnya belom ada. nanti klo ada info tempat ujian di jkt dikabari lagi. biasa setaon sekali ada ujian. klo tempat les, bisa ambil di mana aja yang ngajarin mandarin. sama kok. beda nya, kebanyakan yang diajarin di indo khususnya jakarta rata-rata pakai tulisan simplified, sedangkan di taiwan mereka pakai tulisan tradisional yang lebih banyak guratan garisnya.

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook