Tips mengatur kamar

Sebagai orang perantauan yang hidup di negara orang lain, kadang kita harus rela untuk menempati ruang kos yang kecil demi menghemat biaya hidup, untung-untung bisa kerja sambilan untuk yang mahasiswa agar dapat uang tambahan, dan lebih beruntung lagi kalau bisa nabung tanpa harus setiap hari makan mie instant

Meskipun tinggal di tempat kecil bukan berarti kita harus hidup secara tidak layak, ibarat saat masuk kamar kita tidak menemukan sama sekali tempat berpijak dan ketika tidur harus tertimbun barang:

Berikut beberapa tips dan semoga bisa berguna:

Apabila ruangan tempat tinggal berukuran 3m x 1,5m

1. Sebaiknya hindari menggunakan ranjang, karena hanya akan memakan tempat. cukup spring bed/kasur/matras-nya saja, agar pada saat tidak digunakan kasur bisa di angkat dan disandarkan ke tembok agar ruangan lebih leluasa.

2. Kalau punya banyak barang seperti buku-buku, ide yang ini juga bisa dipakai :

storage bed frame_ellieswonder

3. Hindarkan kebiasaan menaruh semua barang di lantai, belakang pintu bisa digantungkan organiser sepatu:
Selain untuk sepatu, kantong sepatu ini bisa juga dijadikan tempat meletakkan pernak pernik kecil seperti charger hp, kunci, tiket kereta, dll. jangan lupa diberi label agar lebih rapi.

shoes organiser

4. Belajar cara melipat pakaian yang benar untuk menghemat tempat penyimpanan (bisa browsing di youtube), dan mulai pisah-pisahkan pakaian sesuai musim ke dalam box berbeda yang ditandai dengan stiker/marker sehingga mempermudah pencarian, ini contoh penyimpanan baju yang benar:

baju

5. Hindarkan memasukkan furniture-furniture yang solid, alias tidak bisa dipindah-pindah seperti rak besar, apabila memiliki banyak buku sebaiknya menggunakan ide no.2

6. Selain itu buku-buku juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi meja-meja, meja komputer maupun meja untuk meletakkan makanan, cukup tumpukan buku-buku sampai posisi aman, letakan sebuah papan diatasnya. (pastikan kayunya bersih dari kutu ya 😀 )

ex-libris-bookshelf-table

7. Gantung jaket dan tas di tembok :
Cara mudah dan murah untuk yang kamarnya bukan dari tembok solid, beli baut mur panjang, gunakan obeng untuk menancapkan kedinding kamar, tips lainnya, gunakan gantungan untuk menggantung jaket jangan langsung dikaitkan ke paku.

baut mur

Untuk yang dinding kamarnya tembok bisa menggunakan hook yang memakai lem.
Jangan beli yang terlalu murah agar tidak kecewa

lem hook

8. Apabila dinding kamar tidak memungkinkan untuk di pantek-pantek, cari pintu bekas ataupun beli selembar triplek untuk diletakkan sejajar dengan tembok kamar dan silakan berkreasi dengan pintu tersebut , seperti ini misalnya:

photo

9. Tips terakhir untuk yang punya ruangan lembab, dan sering membuat makanan sering cepat rusak, gunakan vacuum seal container untuk menyimpan makanan kering

213631348_Square_Vacuum_Container_s

Note (gambar-gambar saya ambil dari google supaya ada bayangan)

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook