Tips Makan Hemat – Bagian 1

Sebagai seorang perantauan, baik itu sebagai pekerja (sukur-sukur legal :p) ataupun pelajar, tentu nggak bisa berfoya-foya sesuka hati seperti ketika tinggal di negara sendiri, dimana kita masih bisa nebeng makan sama orang tua, nebeng temen, nebeng temennya temen, temennya saudara, mentok-mentok ngutang warteg :D. Jadi kalau mau nabung buat jajan-jajan yang lain diluar makanan, jajanin pacar (klo punya) nonton, kita harus hemat dan nabung, ini postingan bagaimana bisa nyisihin uang dari anggaran makan kamu, gak harus jago masak, yang penting hasilnya enak dan kesehatannya juga terjamin loh.

Makan hemat itu pastinya harus masak sendiri dan untuk berhemat, tentu-nya kita harus mau mengeluarkan sedikit modal diawal aka investasi, berikut perlengkapan wajib yang harus dibeli!
1. Rice cooker, cari yang bisa steam 🙂
Rice cooker
2. Food processor (beli yang 3 in 1)
3in1

Selain itu, ini bumbu DASAR di dapur yang WAJIB
1. Garam, garam halus, garam kasar, sama aja, klo bisa beli yang paling murah dan dapat banyak he he
contoh-garam
2. Lada, sama dengan garam, lada juga ada bermacam-macam, tapi dasarnya sama, boleh beli yang paling murah 😀
Black Pepper Grains
3. Gula, Hati2 pas masak jangan sampai ketukar sama garam ya!
gula-pasir
4. Kecap manis, kalo bisa yang ini beli di toko Asia, biasanya kecap ABC uda ada versi exportnya (walau saya sendiri lebih suka kecap bango, tapi klo uda di negeri orang uda ngak bisa pilih2 lagi deh)
Kecap abc
5. Micin aka MSG (klo suka he he), ini rahasia gurihnya masakan-masakan oriental :D, bisa diganti dengan kaldu bubuk seperti knorr
msg-micin-131017c
6. Bawang putih, beli yang masih ada kulitnya, agar lebih tahan lama, tidak harus disimpan di kulkas
Manfaat-Bawang-Putih-Untuk-Asam-Urat
7. Jahe, sama seperti bawang, jahe juga tidak harus ditaruh dikulkas, cukup dibungkus kertas dan ditaruh ditempat kering, tupperware bisa jadi alternative kalau tempat tinggalnya memiliki kelembapan yang cukup tinggi
jahe
8. Cuka, cuka bisa jadi alternatif pengganti limau.
cuka
Note
1. perlu diingat, micin, gula pasir dan garam itu rada-rada mirip kalau dilihat sekilas, jadi kalau mau di simpan di kotak/toples harus ditandain ya, kecuali kalau sudah pada pakar masak, gula pasir itu bentuknya kotak2 kecil, kalau micin lebih panjang tipis-tipis, dan garam jauh lebih halus, kalau kurang yakin bisa dicicip sebelum ditaburin dimakanan.
2. Bawang bisa diambil 1 atau 2 siung dan ditaruh ditoples yang diisi air untuk menghasilkan daun bawang yang bisa kita gunting kalau perlu, dan akan selalu tumbuh, silakan rajin-rajin ganti airnya.
daunbawang

Percaya deh, dengan modal diatas (saya berasumsi nggak semua teman-teman bisa bebas punya dapur), kita sudah bisa menikmati makanan enak seperti nasi hainam, nasi tim, nasi goreng, bubur ayam, spaghetti, bahkan bakso, somay,soto dan pempek, ga percaya, tunggu postingan selanjut-nya! 🙂

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook