TETO

Taiwan Economic Trade Office (TETO)

Alamatnya ada di Jakarta:
Taipei Economic & Trade Office Jakarta
17th Floor Gedung Artha Graha
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190
websitenya: http://www.roc-taiwan.org/ID/mp.asp?mp=292
ada info beasiswa juga biasanya di situ.
jadi boleh sering-sering cek website di atas siapa tahu ada info bermanfaat. hehe.. yang ini juga sering-sering dikunjungi karena diupdate terus info nya.

Secara resmi jam buka TETO sbb:
Penerimaan untuk Form Visa: Senin – Jumat (8:30-11:00)
Pengambilan Visa: Senin dan Kamis (13:00-16:00)

Artinya masukin data itu pagi-pagi lalu beberapa hari kemudian baru ambil data pada sore hari (biasanya disertai oleh wawancara)

Di website ini http://www.teto.or.id/ ada syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan Visa Taiwan:
Visa untuk belajar Bahasa Mandarin (Hua Yu 華語)
1. Mengisi formulir Visa lengkap dengan tanda tangan pemohon dan melampirkan pasfoto 6 bulan terakhir ukuran 4×6 cm. (Berwarna dan background putih)
2. Masa Berlaku paspor minimal 6 bulan
3. Surat Keterangan diterima/Admission Letter ( asli + fotokopi). Ini maksudnya surat dari sekolahan di Taiwan
4. Rekening tabungan minimal 30 juta (asli + fotokopi)
5. Ijasah Terakhir (asli + fotokopi)
6. Fotocopi Kartu keluarga
7. Biaya Visa Rp.460.000,-
8. Interview akan diadakan hari Senin & hari Kamis

Visa untuk S2 atau S3 (kuliah)
1. Mengisi formulir Visa lengkap dengan tanda tangan pemohon dan melampirkan pasfoto 6 bulan terakhir ukuran 4×6 cm. (Berwarna dan background putih)
2. Masa berlaku paspor minimal 12 bulan
3. Surat keterangan diterima/Admission Letter (asli + fotokopi)
4. Ijasah terakhir yang telah dilegalisir oleh TETO (asli +fotokopi)
(ini masih hrs tanya cocoroco08 lg nih apa kena biaya apa ngga, soalnya saya pribadi bukan apply S2/S3 jadi ngga tau soal legalisir, dan saya Visa nya urus lewat agen jadi ngga ngerti detailnya. si cocoroco08 ini urus sendiri. Jadi pengalaman dia dishare di sini)
nih jawabannya per tanggal 3 Agustus 2011:
[kalau ga salah biaya untuk legalisir dokumen di TETO 138.000,cuma ga tahu berlaku untuk ijasah atau enggak,karena gw sendiri apply yang buat pre univ (ntnu).Cuma kalau ijasah kan biasa nya udah di legalisir oleh kuliah masing" ( buat s2/s3) atau sekolah ( buat s1) jadi ga usah kayak nya]
5. Medical Check Up di rumah sakit yang ditentukan dan dilegalisir TETO
6. Fotokopi kartu keluarga
7. Biaya Residen Rp.607.000,-
8. Pengurusan asuransi nanti diurus setibanya di Taiwan

Kalau diperhatikan, harga Visa nya beda karena kalau ambil kuliah di Taiwan bisa langsung apply Visa Residen dari Jakarta, kalau cuma kursus bahasa ngga bisa langsung apply Visa Resident, harus Visa Visitor. Usahakan pilih yang tipe visa nya Multiple Entry supaya klo ada kepentingan yang perlu kembali ke Indo ngga ribet ngurus visa bolak-balik karena Visa Single Entry itu cuma 1 kali pakai yang berarti hanya sekali masuk Taiwan dan setelah pergi dari Taiwan maka visa harus di-apply lagi, jadinya akan makan waktu dan biaya lagi. Makanya disarankan pakai visa multiple entry. Ini sekedar saran karena harganya lebih mahal jadi up to you deh.

Proses Apply VISA di TETO (pengalaman kaskuser cocoroco08 http://www.kaskus.co.id/member.php?u=1050597 di thread “Sekolah di Taiwan” http://kask.us/1428705 pada postingan yang ini http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=484837830&postcount=816 – thanks bro.. yang lain klo mau share dan kasih masukan welcome banget ^^)

1. Datang usahakan sebelum pukul 8:00,mengingat Gedung Artha Graha berada di pusat kota sehingga takut macet. Dan lagi untuk menghindari antrian di TETO karena biasa nya ada rombongan TKI dan agen tur (khusus nya bulan puasa)

2. Pintu di TETO buka pukul 08:30, dimana kita bisa menunggu di depan jika belum buka, begitu buka langsung ambil nomor dan sebutkan keperluan agan (misalkan urus visa umum,kunjungan,pelajar.)

3. Sebelum nya lengkapi Form yang di butuhkan, di depan ada meja yang ada pen, lem. Ada juga mesin fotokopi, sehingga lengkapi karena jika sudah di depan loket kalau ada yang kurang silahkan mengantri lagi

4. Antri dan duduk dengan rapi (dilarang merokok, makan/minum di area lobi TETO)

5. Selalu simpan nomor antiran karena di depan loket akan diminta kembali.

6. Proses pengambilan Senin dan kamis, jadi kalau mau buat kalau bisa hari selasa atau jumat karena memang proses 3 hari kerja, kecuali ambil yang ekspres

7. Kalau mau menuju TETO dari Gedung Artha Graha sebelum nya siapkan KTP/SIM kendaran untuk di tukarkan dengan ID CARD dan tas barang bawaan akan di periksa, ambil lift di lantai LG dengan nomor lift “7″ dan langsung menuju ke TETO di lantai 12. Simpan ID Card anda karena jika hilang kena denda Rp 50.000

8. Bagi yang di bantu dengan ICATI (Ikatan Alumni Taiwan), proses pengambilan form itu beda dengan yang memakai agen atau urus sendiri, pertama-tama menuju ke lantai 17 dengan pakai lift nomor “6″ (kalau ga salah), kemudian minta stempel terlebih dahulu di semua dokumen yang di bawa (raport, ijasah terakhir, KK, form visa, medical checkup) baru kemudian di bawa turun ke lantai 12.
(kalau yang lantai 17 itu kayak semacam kantor buat yang kerja di teto nya.. ada security tambahan sama 2 ruangan dia.. yang 1 buat kayak ngenalin taiwan)

9. Untuk form pengajuan Visa di bagian tanggal keberangkatan diisi sekira nya saja, soal nya itu bakal di tanya sama yang jaga loket, kemudian untuk nama dan pengisian selalu gunakan huruf KAPITAL.

10. Selalu bawa dokumen ASLI+Fotokopi (Pasport, Ijasah, Raport, Buku tabungan, Medical Checkup, KK, Surat Penerimaan di sekolah, dll)

Tips Tambahan dari cocoroco08:
1. Jangan malu untuk bertanya, apa lagi kalau urus sendiri
2. Hati-hati dengan barang bawaan anda karena biasa nya hari-hari kerja sangat ramai.
3. Selalu simpan dokumen penting di dalam tas, keluarkan jika perlu
4. Selalu siapkan uang pas
5. ATM terletak di lantai BG 1
6. Selalu simpan tanda bukti untuk di gunakan kembali ketika pengambilan VISA

Di kaskus ada gambar-gambar yang bisa dilihat hasil jepretan bro cocoroco08 ^^

Thanks share nya bro.

[update dari bro su2603]

Mulai April 2012 application form harus diisi secara online baru diprint out
Websitenya :
https://visawebapp.boca.gov.tw

[nantikan update berikutnya]

p5rn7vb

33 thoughts on “TETO

  1. mau tanya nih seputar syarat pengajuan visa untuk belajar bahasa. Di poin yang ke 5, disebutkan tentang ijazah (asli + fotokopi)… Yang fotokopi itu apakah perlu legalisir dari TETO? Karena di poin ke 4 pengurusan visa S2/S3 disebutkan tentang legalisir ijazah. Apakah memang syaratnya untuk visa belajar bahasa tidak seribet visa S2/S3? thanks…
    Btw, pre-uni itu maksudnya belajar bahasa mandarin kah?

  2. kalau dari pengalaman saya sih, saya cuma pakai yang legalisir sekolah asal sudah bisa,
    sedang ada teman yang pakai jasa legalisir notaris.
    pre-uni itu belajar bahasa mandarin dulu. jadi bisa nangkap pelajaran dari guru.

  3. ooo, ternyata forum apply visa d TETO ada di sini toh, hhahahha, sorry Philips, tadi nyasar…
    mo nanya, saya belajar mandarin di taipei, uda ada Admission Letter, dengar kata org, kita buth penjamin di taipei baru bisa apply visa ya?

  4. Ngga harus ada penjamin kok, yang dibutuhin syaratnya km bisa idup di taiwan dengan biaya sekian xxx.. nah ini kan uda kamu sertakan nanti di TETO (rekening tabungan)

  5. klo uda ada surat itu kamu tinggal lengkapin persyaratan dari TETO dan pergi ke sana apply visa. kamu ga perlu buang uang untuk medical check up kalau belajar bahasa. nanti medical baru kamu cek kalau sudah di taipei (taiwan) jika kamu rencana belajarnya lebih dari 6 bulan.

  6. tetep perlu tabungan. soalnya kan nerima beasiswa itu kadang ada waktunya..

    klo ga salah ada beasiswa yang dikasih full senilai tertentu, ada juga yang per semester baru turun beasiswanya. nah, pas datang pertama kali kan untuk biaya idup pastinya harus ada tabungan.. ini syaratnya harus dipenuhi juga.. kalau mau jelas harus tanya rekan-rekan di sini yang dapat beasiswa. atau langsung ke TETO

  7. Mau tanya lagi, untuk medchecknya itu prosedurnya bagaimana? Apa perlu ada form medcheck yang diambil TETO, atau cukup langsung ke RS dan bilang mau medcheck untuk visa Taiwan? Kemudian cara melegalisir hasil medchecknya bagaimana?
    Maap kalo kebanyakan nanya, hehe..

  8. bisa pakai RS rujukan TETO, atau klinik yang punya form untuk medical TETO, karena dulu saya pakai klinik yang kayanya ga ada di list TETo, tapi dia punya form yang diminta teto dalam bahasa mandarin gitu. alamatnya lupa, tapi lokasinya dekat ………. (astaga, lupa nama jalan nya.. kelamaan di tw.. zzz)

    klo tau 1001, (entah apa namanya sekarang) di deretan jalan besar itu.. ada gang yang isi nya klinik..

    di klinik itu bisa medical check up utk visa tw.. murah meriah itu klinik..

    klo legalisir medical checkup nya saya ga tau krn wkt itu saya medical ngga saya legalisir.. soalnya cuma belajar bahasa doank ga perlu medical ternyata..

    s2 perlu medical karena bakal langsung ganti id ARC pas sampe tw sini.. harusnya murah kok legalisir hasil medical di notaris. paling sih klo ga salah 50ribu aje.. (klo ga salah loh ya..)

  9. OK Phillips. Tapi untuk medchecknya cukup datang saja kan? tidak perlu bikin appointment atau puasa dulu? Saya nanti akan coba telepon kliniknya juga untuk memastikan. Makasih banyak.

  10. sepertinya harus ditanya dulu pas datang ke kliniknya, apakah bisa untuk ke taiwan? kalau mereka bilang bisa dan nunjukin ada form yang mandarin tulisannya berarti memang bisa..

    soal puasa, engga tau juga ya apa klinik libur klo puasa gitu…
    medical bisa lgs datang cek kok kaga perlu puasa..

    • Tadi saya sudah telepon klinik Assa’adah yang di Tebet, katanya datang sudah mesti bawa form, jadi mesti ambil dulu formnya ke TETO. Selain itu juga disuruh bawa fotokopi passport dan pas foto 3×4 2 lembar.

      Hasil checkupnya kemudian juga harus dilegalisir notaris dan TETO.

      • untuk medical chek up hrs ke klinik yg ditunjuk Teto deh listnya sbb :
        衛生署認可之外勞國外體檢醫院名單 ( 2012-04-17 )

        印度尼西亞(Indonesia)
        1. Rosela Indah Medical Center
        2. Anugerah Ibu Medical Centre Clinic
        3. Permata Indah Medical Center
        4. Satria Medika Sakti
        5. Klinik Insani Medical Centre
        6. Puri Medika Hospital
        7. Klinik Amalia Medical Centre
        8. Klinik Nurhuda Medical Centre
        9. Klinik Citra Medical Centre
        10. Klinik Higina Medical Centre
        11. An-Nur Medical Centre
        12. Klinik Hidayah Medical Centre
        13. Klinik AS-Shafa
        14. Klinik AR-RAUDAH Medical Centre
        15. Rumah Sakit Dr.Sardjito
        16. Assa’ adah Medical Center
        17. Klinik Azzahra Medical Center
        18. LKS Central Medical
        19. LAB. Klinik Permata Semarang
        20. LAB. Klinik Centrum
        21. Ultra Medica Kediri
        22. Ultra Medica Yogyakarta
        23. Imam Bonjol
        24. LAB. Klinik An Nur Cilacap

        hasil cek up sdh gak perlu dilegalisir dll kan udah ditunjuk Teto lsg , kec klinik lain diluar list atas baru hrs ditranslate chinese/english kmd dicap asli

        • Makasih su2603. Tapi saya jadi bingung, barusan saya tanya ke TETO, klinik yang ada di dalam list juga perlu dilegalisir lagi hasilnya.
          List di atas itu apa lokasinya ada yang di bandung?

          • Sptnya memang ada perubahan cek website mereka :

            F. PERSYARATAN UNTUK MELANJUTKAN SEKOLAH S2 DAN S3
            1. Harus melalui website: https://visawebapp.boca.gov.tw untuk mengisi aplikasi permohonan VISA, kemudian aplikasi permohonan tersebut di-print dengan Laserjet dan ditandatangani langsung oleh yang bersangkutan
            2. Melampirkan dua lembar pasfoto 6 bulan terakhir, ukuran 4Cm X 6Cm (Berwarna dan background putih)
            3. Masa berlaku PASPOR Minimal 12 bulan.
            4. Surat keterangan diterima / Admission Letter ( Asli + Fotokopi )
            5. Ijasah terakhir yang telah dilegalisir oleh TETO ( Asli +Fotokopi )
            6. Medical Check Up di Rumah sakit yang ditentukan dan dilegalisir TETO
            7. Fotokopi Kartu Keluarga
            8. Biaya RESIDEN RP.607.000,-
            9. Pengurusan asuransi nanti diurus setibanya di TAIWAN

            Klinik yg dekat ke Bandung google aja deh 1-1 list hospital di atas

          • hmm.., kalau boleh saran, saat kamu telpon ke teto tolong dicatat tanggal, jam dan hari nya beserta dengan siapa pada saat itu kamu bicara, ini biar bisa dikonfirm ke teto langsung. supaya kita semua tahu apakah memang benar perlu dilegalisir lagi. soalnya kalau cuma belajar bahasa gak perlu legalisir medical check up seharusnya. entah kalau berubah. soalnya medical saya gak kepake n juga ga saya legalisir kok. orang belajar bahasa ngga perlu medical di indo.

            tapi karena kasus km adalah ambil S2, mungkin perlu.. coba nanti saya tanya teman yang ambil S2 di sini yak..

  11. oh kalau tebet saya kurang tau tuh.. mending tanya dulu ke teto kalau dari sana cek up nya bisa ngga?

    klo temen saya yg orang brasil sih prosedur nya sama seperti yg km dapat, dia download persyaratan medical cek up trus bawa ke dokter tmp medicalnya ntar diisi sama dokternya..

  12. Mau tanya…mau urusin temen dateng skul bahasa di taiwan…waktu mengajukan visa di indo nya apa perlu medical checkup?karna 9 taon yg lalu waktu saya apply visa sih ada medical check up cuma ga tau di pake atau ga nya kurang jelas juga…sebenernya harus pake medical check up ga ya?trus soal buku tabungannya asal ada uangnya 30 jut ke atas uda bole ya atau harus di print juga 3 bulan terakhirnya?mohon di jawab ya …lg bingung nih …takut visa di tolak Thx a lot

  13. iya apply s1,s2,s3 skrg hrus dftar online dlu stlah itu di print out bru kasih ttd, kakak-kakak yang cakep & cantik masih bingung nih, ada yang bilang 【agen】 itu sudah dpet izin resmi dri teto? jadi langsung kesana tnpa perlu ke deplu ato kemenkunham? tapi walaupun ada dftar online kenapa sampek sekarang aku dikacangin yah sama pihak TM-Teto :( padahal prepare semuanya tinggal sebulan lagi, mohon bantuanx untuk kakak-kakak yang pernah apply untuk Taiwan ICDF program scholarship please yah :(
    xie2 :D

  14. Taipei Economic and Trade Office Jakarta, Indonesia (TETO)
    Address: Gedung Artha Graha, Lt. 17
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta 12190, Indonesia

    and

    Taipei Economic & Trade Office Jakarta
    17th Floor Gedung Artha Graha
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta 12190

    and

    12F, TETO, Gedung Artha Graha,
    Jl. Jend. Sudirman, Kav 52-53,
    Jakarta, Indonesia

    Alamat diatas mana yang betul alamat Teto.

Add Comment Register



Leave a Reply