Tempat Tinggal

Mencari tempat tinggal di Taiwan pasti pusing.. hehe.. belon lagi takut nya ketemu sama tuan rumah yg rese.. kalau datang ke sini ditemanin sama orang tua atau teman yg bisa baca surat kontrak sih nggak masalah. klo modal nekat dan buta baca tulisan mandarin bisa gawat, soalnya bisa dikerjain ntar sama yg punya rumah klo ketemu yg hatinya kurang baik (duh kesannya gimana gitu.. intinya hati2lah, ada yg baik kok. tenang aja). sebaiknya cari teman yang ada di sini yang bisa bantu paling ngga ngerti banget soal kontrak yang tertera di surat kontrak.

kalau cari tempat tinggal dari internet via iklan2 online, kadang klo ketemu nya agen property bisa ngga sama apa yg dipasang di internet dengan yang ada dikenyataan. jadi ada baiknya sediakan bbrp hari datang untuk lihat langsung ke lokasi. jgn terlalu nekad dan datang mendadak..

[nanti dilanjutin tips2nya..]
ini yang harus diperhatikan, apakah sewa termasuk biaya dibawah ini:
包水費 Air
包瓦斯費 Gas
包第四台 Cable TV
包網路 Internet
包管理費 Maintenance
包電費 Listrik
terjemahan cara baca pinyin pakai google (kadang google salah, jadi berdasarkan update translate-an per tanggal 24 Juli 2011):
Bāo shuǐ fèi Biaya Air
Bāo wǎsī fèi Biaya Gas
Bāo dì sì tái Biaya Cable TV
Bāo wǎng lù Biaya Internet
Bāo guǎnlǐ fèi Biaya Maintenance
Bāo diàn fèi Biaya Listrik
Paling ngga tau istilah ini sebelom sampe Taiwan.. pengalaman pribadi, setelah 4 bulan di sini baru ngeh gimana sebutan untuk biaya-biaya ini semua. hahaha.. so, kalian akan lebih baik karena sudah dikasih tau duluan di sini..

 

ini update dikit, artinya sudah termasuk. klo bisa kenalin tulisannya enak.. (tones pakai google :p)

(含管理費、清潔費、網路、水費、瓦斯費)
(Hán guǎnlǐ fèi, qīngjié fèi, wǎng lù, shuǐ fèi, wǎsī fèi)
(Including management fees, cleaning fees, Internet, water, gas)

39 comments

  1. avatar

    philips

    |Author

    hm.. harus rajin2 cari, kamu coba pakai google chrome install di komp nya, trus buka lagi itu website, biasanya chrome ada pilihan translate ke indo. walau ga perfect tapi lumayan ngerti bisa nyari2 rumah.. coba dulu yakk..

  2. avatar

    philips

    |Author

    karena km di Feng Chia, nanti mereka (sekolah) nawarin DORM dan cukup murah harganya kok.. ambil aja.. enak kok tempatnya..

    klo di Taipei mo ambil DORM ga bisa karena harga tanah di Taipei selangit, jadi kita harus cari rumah sendiri.. sewa tempat di luar sekolah, kecuali km ambil S1, S2 baru deh dikasih DORM (asrama) sama sekolahan/kampus nya..

  3. avatar

    ferdy123

    oh ya jd bener ya kalau ditaipei kyk gitu, ak kirain itu akal”nya agen aja mau ambil keuntungan. hahahaha
    ya rencana gitu mau ambil dorm di feng chia university cm ya gitu sekamar 2 oeg kalau sendiri ya ttp bayar untuk 2 org >.< ya kalau cocok sama teman sekamar gpp wah masalahnya ak g seberapa isa inggris, mandarin 0 hahahaha

  4. avatar

    iya masafusa dari mandarin d translate ke inggris/indo… Sudah dapat artinya kamar mandi share. Hehehe…
    Ada referensi web lain ga ya untuk rent kamar/apart selain yang di kasih di atas. thanks

  5. avatar

    philips

    |Author

    gimana ya, itungan wajar tiap orang biasa nya beda sih…

    jadi pemakaian listrik “wajar” antara 400-2000 juga bisa..

    itu link brarti besarnya seukuran 2x kasur single lebarnya (klo liat gambar sih segitu)

  6. avatar

    temen-temen dari study-in-taiwan.com ada yang kira-kira bisa dan mau membantu ga ya?

    rencana kan mau ambil d taichung-fengjia, nah kan kl mau sewa kost gitu katanya pake kontrak2 gitu kan. Mau minta tolong kalau pada saat tanda-tangan kontrak gitu d temenin, biar tau apa artinya, secara smua tulisan mandarin kan?

    soalnya ga ada kenalan sama sekali di taichung 🙁
    kl untuk milih-milih kost sih udah bisa, tinggal cari di
    http://rent.591.com.tw/

  7. avatar

    philips

    |Author

    di fengjia nanti bakalan ditawarin dorm, dan dorm mereka lebih bagus dan murah dibanding dorm anak2 di taipei. klo di taipei cuma yang kuliah bisa ambil dorm sedang di fengjia kamu belajar bahasa pun akan ditawarin dorm sama sekolah. jadi ambil aja klo menurut saya. klo soal isi kontrak, ada form kontrak standar bisa dibeli di toko buku atau di 7 eleven atau family mart terdekat. di taiwan banyak 7 eleven atau family mart jadi kontrak standard selalu ada.

    kalau fangdong nya baek, biasanya kamu bisa minta dibuatin kontrak pakai bahasa inggris. jadi sama-sama ngerti.

    ntar klo sempet saya scan contoh kontrak kosong.

  8. avatar

    bro philips, thank you yaaaa udah d kasih tau…
    setelah tanya balik via email di fengjia, ternyata katanya udah d reserved 1 buatku dorm, soalnya pas apply kan isi request. (awalnya ga tau krn dia ga bilang apa-apa sih, untung d kasih tau bro philips).

    anyway mau tanya, untuk dorm / kost kamar gitu. Biasa kasur nya sama bantal dan atau guling d sediain ga?soalnya banyakan kan fotonya cuma rangka kasur aja thu yang di poto-poto, ga ada ranjangnya.

    trus seprei di pinjemin ga awal2?
    Thank you ya.

  9. avatar

    philips

    |Author

    hehe.. sip sip.. jadi ambil dorm nya ya..
    paling beli kasur sih.. soalnya dikasih kasurnya cuma tipis selembar gitu… bantal n guling juga beli sendiri.. btw, kayanya di tw ga ada guling.. entah klo ada yg pernah beli, belinye di mana tuh guling..

    otomatis sprei juga ga ada krn model kasur tipis mereka ngga pakai sprei gitu deh.. jadi pas datang setelah taro barang2 di dorm lgs menuju ke tmp beli kasur sekalian beli sprei..

    btw, nanti klo uda sampe bisa ketemuan trs km bisa ikutan sharing di sini juga jadi Author, mau?

  10. avatar

    Hehehe sorry baru reply lagi, mau sincia agak repot plus dr kmrn ngurusin tiket pesawat dll…

    Pokoknya kita musti ketemuan deh begitu udah sampai Taiwan… nanti atur waktu ya… 🙂 ini web byk membantu sekali, pokoknya sudah get musti give… setiap ada pengalaman berharga nanti bantu2 sharing jg di sini so pasti….

  11. avatar

    luvinaHO

    Hai, saya rencana nya mau ke taiwan belajar bahasa dan cari apartemen sendiri di sana, memang kalau sewa apartemen harus punya ktp taiwan yah? Tolong info nya yaa 🙂

  12. avatar

    philips

    |Author

    pakai paspor bisa sewa tempat tinggal kok. cari tempat tinggal bisa lewat web yang ada di taiwan, ada beberapa web yang bisa diliat-liat. terus tinggal call aja landlordnya. kadang ada yang bisa bahasa inggris landlord nya jadi bisa di call dari indo gak masalah.

  13. avatar

    Stefie Setiawan

    Setelah menimbang2, akhirnya memutuskan untuk pilih mtc ntnu. Ada yg punya info share apartemen / kamar kosong mulai bulan 9 ini?

    Teman2 yg kuliah di taipei, please kindly share average living cost kalian sebulannya di taipei brp dong. Thanks a lot 🙂

  14. avatar

    philips

    |Author

    bulan 9 sih kelamaan.. tunggu bulan 8 baru ada kabar lagi..
    taipei klo tempat tinggal rata2 10rb tergantung mau yg bagus apa yg irit

    klo makan. paling murah sekali makan 100. klo mo enak bisa 200nt sekali makan

    mo yg wahhh mungkin bisa 400an sekali makan.. yg 1500nt-6000nt sekali makan juga ada.. tergantung gaya hidup..

    jalan2 nonton dll.. tiket bioskop paling murah 230-480
    ada yg 100nt tiket bioskop tapi gedungnya ya kaya rumah hantu.. nonton bisa sepuasnya seharian.. ga ada yg perduli.. haha..

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook