Taroko – Hualian 太魯閣-花蓮

Berbekal arikel dari sebuah blog berbahasa inggris, akhirnya aku & temenku nyoba praktek langsung ke Hualien lewat Luodong (羅東). Lewat sini jauh lebih murah daripada naik kereta cepet. Tiketnya cuma 209元. Emang sih, ga bisa pesen tempat duduk. Tapi kami bisa liat2 pemandangan xD. Pelan- pelan diliat dan diresapi #asiik. Tapi ga lelet2 amat kok sebenernya, cuma sekitar 3-4 jam. Caranya aku ringkas aja biar gapusing :

1. Pagi2(kalo bisa jam 7) udah nyampe MRT Taipei City Hall, terus beli tiket kombo ke Hualien.

Rutenya : Taipei - Luodong (bis). Luodong - Hualien (kereta). Dengan naik ini kita motong jalan sekitar 40km dibanding naik kereta cepat.

Kenapa pagi? Supaya bisa dapet tempat duduk. 😛

Kalo ga ngerti cara belinya, tunjukkin foto ini aja. Petugasnya pasti ngerti 😀

18786

 

 

Tenang aja, bis dari Taipei - Luodong ada setiap 10- 15 menit ^^. Untuk keretanya, bisa dicek jadwalnya lewat google. Kalo mau balik, caranya sama. Bisa beli tiketnya di stasiun Hualien.

Oh iya, kalo kalian ngerasa keretanya terlalu lelet, tiket kereta yg sebelah kiri itu bisa dituker pake tiket kereta cepet. Bayar aja selisihnya. Misal tiket kereta cepet harganya 200, jadi tinggal bayar 100 gitu. (200 - 100) 😀

 

Nah, aku sampe di Stasiun Hualien jam 12 siang, terus beli pass Shuttle Bus. Aku beli karena bisa dipake jalan sepuasnya asal masih di wilayah Hualien. nb: gaberlaku buat bis umum.

Pass 1 hari : 250NT

Pass 2 hari : 400NT

Aku beli yang 400NT karena bakalan dua hari di Hualien dan gatau jalan. Jadi, nyoba dulu aja....hehehehe..

Jam setengah satu kamipun jalan ke Taroko (太魯閣). Kira- kira satu jam kemudian, kami sampe. Tapi karena jalannya kesiangan ga sempet muter kesemua tempat. Kalo mau ke Taroko sebaiknya hari kedua dari pagi, biar puas... Menurutku Indonesia jauh lebih bagus. Taroko terlalu abu- abu. Tapi biar gak penasaran, ga ada salahnya liat.

DSC_0618  DSC_0603DSC_0606

DSC_0604

DSC_0610

DSC_0598 DSC_0597 DSC_0593 DSC_0589

 

Oiya, ini aku kasih jadwal bis di Tarokonya.. Foto pertama, berangkatnya. Foto kedua, pulangnya.

19440

19441

Pertamanya aku gabisa baca tabelnya. Pusing. Bingung. Tapi akhirnya bisa juga.. Biar gampangnya, kalo diem di satu tempat baca kesamping, kalo mau pindah tempat baca kebawah. hehehe..

Hari kedua, aku pake jadwal lain. Tapi udah ilang entah kemana. Pokoknya hari itu aku ke Pabrik Gula. Kata temenku, disini es krimnya terkenal. Banyak banget pilihan rasanya! Sampe2 rasa mustard juga ada (tapi gaenak)-_-.  Mungkin karena lagi panas2nya, level enaknya nambah seribu kali XD Disana kita juga bisa belanja. Banyak banget toko oleh2 khas aborigin dan Taiwan. 😀

DSC_0626

DSC_0627

DSC_0628

10410560_4333042181063_6942968204683457960_n

Ini dia es rasa rum! Enak banget dan cuma 45NT. Es F**ily M*rt dan S*ve*? Lewaaaaaaaaaaaaat... :999

Abis dari sini, kami rencananya mau liat festival balon udara. Tapi karena kepagian, balonnya belom ada.. -_- Terpaksa kami melakukan hitchhike alias nyetop sembarang mobil yang lewat. Untung ada yang mau berhenti dan nganter kami ke Danau Liyu.

DSC_0631

DSC_0632

Bagi yang mau nyewa sepeda air ini bisa sewa dengan harga 150NT sampe puas. Ada juga yang pake mesin, kalo gasalah 600an deh. Kata orang, udang disini terkenal. UDANG IDUP2an ternyata! Ga pake dimasak langsung dimakan..Hiuuuhh.. Aku ga nyoba karena geli... -_-

DSC_0646

DSC_0639 DSC_0651 DSC_0654Akhirnya bisa liat bebek raksasa! Kirain warnanya kuning, sama kaya yang ada di Belanda. Tapi..Yaudahlahya..wkwkwk XD

 

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook