Membuat Resident Visa & ARC di Taiwan Gampang!

Untuk yang belajar mandarin membuat ARC sebenarnya sangat gampang, ini saya menambahkan bagi yg kurang jelas di postingan bro Philips. Seperti yg bro Philips katakan "Semua pendatang yang tinggal di Taiwan lebih dari 6 bulan harus memiliki ARC (Alien Resident Certificate)"  Tapi perlu di ingat untuk mendapatkan ARC kalian tidak boleh keluar dari Taiwan selama 4 bulan berturut2. Teman saya pulang ke negara nya pas bulan ke 4 jadi dia tidak bisa bikin ARC dan harus menunggu lagi.

Disini saya akan membahas langkah demi langkah yang harus dilakukan sebelum buat ARC adalah :
Pertama-tama membuat Resident Visa (di MOFA/BOCA sama saja alamat saya taruh di akhir page) nah Resident Visa ini kita tinggal kumpulin dokumen nya terlebih dahulu :

  1. A Certificate of enrollment (Ini minta di language center, kertas bukti kalian telah bayar uang skolah untuk semester depan. Ini fotocopy jg karena yg asli nanti di kasi ke NIA untuk proses ARC tapi tetap bawa yg asli untuk di lihat mereka)
  2. Record of attendance (Ini adalah absensi, juga minta di language center, dan usahakan jangan bolos lebih dari 12jam total karena berpengaruh keberhasilan Visa/ARC kalian. Ini fotocopy jg karena yg asli nanti di kasi ke NIA untuk proses ARC tapi tetap bawa yg asli untuk di lihat mereka)
  3. Certificate & Transcript (Ini merupakan sertifikat yg di keluarkan oleh language center nya dan ada 2 lembar sertifkat dan transcript nilai. di MOFA mereka hanya butuh fotocopy nya bukan aslinya jadi fotocopy dulu sblum nya tapi yg asli di bawa juga buat jaga2)
  4. Study Plan (Ini tinggal kalian ketik di komputer boleh pakai english/chinese dan di print out di 7-11 jg bisa, dgn catatan harus format word 97-03 kalo diatas nya di mesinnya ga kebaca)
  5. A proof financial support (Ini agak ribet karena kalian harus ke NIA. NIA adalah tempat dimana kalian perpanjang Visitor Visa, Minta ID number di bagian informasi kalau dari pintu depan masuk lgsg ke meja sebelah kiri ada tulisan INFORMATION tapi sebelum nya ambil kertas formulir pengajuan ID number, bilang untuk kepentingan bikin rekening bank di Taiwan. Setelah dapat secarik kertas berisi ID number kalian lgsg bawa ke bank yg kalian pilih. Kalau bisa bawa temen yang bisa chinese karena smua kontrak bank dalam chinese harus di tanda tangani. Dan sebener nya uang yg ada di tabungan harus minimal NT$75.000 tapi untuk jaga2 taruh aja NT$80.000 dan harus di endapkan minimal selama 2 minggu sebelum mengajukan Resident Visa. Lalu buku tabungan nya di fotokopi untuk bukti bahwa ada uang sebesar itu di tabungan kalian)
  6. Health Certificate (ini medical check up atau kalo bahasa indo nya surat sehat caranya tinggal ke rumah sakit, tanya aja ama language center nya dimana alamatnya. biayanya berkisar antara NT$1000-2000 tergantung rumah sakit nya)
  7. A Passport Valid for no less than 6 month 
  8. Completed Application Form (Sekarang mengisi form ini harus lewat online di website nya https://visawebapp.boca.gov.tw/BOCA_MRVWeb/subroot/MRVWeb0_form.jsp  lalu kalian Print out setelah selesai mingisi nya)
  9. Foto 3 bulan terakhir ukuran 2" (kalo bisa siapin agak banyak foto nya kayanya bakal di minta 2. Dan pembuatan ARC butuh 1 lagi total 3 lembar. Jgn lupa background putih. untuk yg gak punya foto bisa foto di lantai bawah gedung MOFA biayanya NT$120 kalo ga salah ingat)
  10. Uang pastinya NT$3000 untuk multiple entry jgn lupa centang multiple entry di application form nya (Walaupun kita udah minta multiple tetap tertulis single di Resident Visa nya karena nanti ARC lah yg membuat kita bisa keluar-masuk Taiwan)

Dan setelah selesai tinggal bawa semua applikasi pengajuan Resident Visa ke MOFA alamatnya di:3~5 Fl., 2-2 Chi-Nan Rd., Sec. 1, Taipei, 10051        Website nya : http://www.boca.gov.tw

Setelah selesai, tinggal menunggu 10 hari kerja baru selesai Resident Visa nya. Nah Langkah kedua setelah Resident Visa di tangan sebelum 15 hari kita harus bikin ARC nya kalo telat maka akan kena denda.

Dokumen yg harus di siapkan untuk pembuatan ARC (di NIA)

  1. Application Form (Ini diambil di NIA. Formulir nya sama seperti kalian perpanjang Visitor Visa sebelumnya)
  2. A certificate of Enrollment (Ini mereka bakal minta yg asli)
  3. Record of attendance (Sama ini jg mereka bakal minta yg asli)
  4. A Passport Valid for no less than 6 month
  5. Copy Student Card
  6. Foto ukuran 2" (1 buah)
  7. Uang (Biaya pembuatan NT$1000 untuk 1th masa ARC tapi kalau kalian bayar language center nya 1 semester maka masa berlaku ARC akan berakhir pada tanggal selesai 1 semester tersebut. Jadi kalau perpanjang untuk 3 bulan kedepannya ga usa bayar lagi. Begitu terus selanjutnya sampe 1 tahun. Dan kalo kalian bayar uang sekolah lgsg 1 tahun bisa dapat 1 tahun ARC itu yg saya dengar dari guru saya)

Nah tinggal tunggu 10 hari kerja lagi. Setelah hari H nya datang ke NIA lagi untuk ambil ARC. Ambil ARC nya g usa antri lagi lgsg ke meja INFORMATION di sebelah kiri dari pintu depan. Tunjukin surat tanda terima nya dan mereka lgsg ambilin ARC kalian.

(Catatan : Pada saat pembuatan ARC saya tidak di minta menunjukan Bank Statement dan saya jg tidak diminta menunjukan surat sewa kontrak apartement. Apabila kalian ingin aman lebih baik bawa saja untuk jaga2)

(Tambahan tentang Bank di Taiwan : Disini bagi kita yg cuma sekolah bahasa ga bisa untuk mendapatkan ATM yg ada logo Visa nya, jadi kartu ATM nya cuma bisa untuk di Taiwan aja. Dan untuk yg ingin bikin ATM berlogo Visa di butuhkan ARC valid selama tidak kurang dari 1 tahun. Begitupula bikin SIM juga di butukan ARC valid selama tidak kurang dari 1 tahun. Saya jg tidak tahu apakah bisa dengan bayar uang skolah 1 tahun kita bisa dapat 1 tahun ARC dan urus SIM masi belum dapat buktinya hehe)

(Info : Saya ingin memberitahukan kepada yg ingin sekolah bahasa di Taiwan tapi terbeban dengan apartemen yang agak mahal atau malas mencari apartement, di Ming Chuan mereka menyediakan Dorm (Asrama) untuk murid yg ingin belajar bahasa jadi tidak hanya murid s1/s2 saja yg boleh tinggal di Dorm. Biaya Dorm Per 3 bulan NT$10.000)

Jika ada pertanyaan seputar Ming Chuan silahkan reply di bawah. Satu lagi Language Center Ming Chuan itu ada 2. Satu di Taoyuan satu lagi di Taipei. yang di Taipei Language center nya pas di depan Shilin Nightmarket.

 

Semoga dengan ini bisa membantu kalian yang takut/ragu ke Taiwan.

 

Best Regards,

Oker  (Study Chinese at Ming Chuan Mandarin Studies & Culture Center)

17 comments

  1. avatar

    mantap bro oker.. sekali posting dahsyat.. lengkap dan jelas..

    btw, mo bikin SIM Taiwan yak bos? buat bawa keliling siapa? wakaka.. ikut donk.. ^^V

    soal ATM VISA, atm gw VISA loh padahal pas datang langsung buat ngga pake liat ARC dulu..

    lalu, soal “A proof financial support” yang bahas soal ID number, itu juga kita bisa langsung dapat pas hari pertama tiba di taiwan. langsung pergi ke NIA dan bilang di meja INFORMASI kalau kita mau buka rekening BANK, nanti mereka minta paspor dan langsung print ID kita ga lama (paling 10-15 menit jadi) simple dan cepet dah. terus langsung ke bank. jadi hari pertama datang ke taiwan ude bisa buka account sebenernye (asal ude bayar uang sekolah, ada bukti bayaran uang sekolah sertakan ke bank)

    klo ga ada temen taiwan gimana ke bank bikin account? BISA kok, ga usa takut. ada bank yang minta macam-macam, ada juga yang gampang-gampang aja.. soal bank dan lain nya nanti bahasannya di topik BANK aja..

    • avatar

      oker

      |Author

      Wakakakaka kagak bro cm info nya seperti itu. mau nya se enak naek mobil beli mobil bekas.

      Koq bisa dapat yg berlogo Visa? brarti bisa di pake online donk? Ak kapan hari koq g boleh ya, dia bilang minta nya ARC 1 th masa berlaku baru dikasi yg berlogo Visa. Atau tiap bank berbeda -.-!

  2. avatar

    l3nn1c

    Waktu bbrp hari nyampe Taiwan buka account d bank Fubon ditanyain mau yg pake visa ato gak. Kebetulan watu itu pilih yg biasa tanpa visa, tapi ada bbrp temen yg atm-nya pake visa kok. Aku sendiri setengah tahun kemudian baru ganti ke visa.
    Kemaren pake gesek bwt nonton bisa kok tinggal ttd aja, temen sich ada yg pake buat beli tiket pesawat china airline online dan berhasil.

  3. avatar

    su2603

    Kalo nggak salah ARC bisa dikirim deh , beli aja xin feng dai di gui tai mereka , bilang ke petugas imigrasi ARC bisa kirim ke alamat rumah gak …kemaren begitu seh kalo Taipei city ok aja semua tgl naek MRT+on foot/bus kalo yg di New Taipei city udah pindah ke
    中和民安街135號(前國防管理學院)
    naek mrt turun di Ban Qiao station lanjut naek bus / taksi sekitar NT$100

  4. avatar

    oh, enak donk klo bisa kirim.. mantap banget.. jadi ga perlu repot2.. itu bayar lagi ngga? cuma beli amplop mereka atau bisa amplop apa aja? itu beli di meja Informasi atau pas kita lagi dipanggil menghadap setelah nomor antrian kita?

    yang New Taipei City bener uda pindah.. kemaren bule temen sekelas juga bilangin klo info ini perlu ditulis di blog, tapi dia blom nulis langsung pake inggris.. dan klo nunggu bus dari tempat lama ke tempat baru bakalan 2-3 jam klo kata pengalaman si bule.. makanya dia bilang ditulis biar pada tau..

    so, klo ada temen bule di kelas dan dia mo perpanjang arc (klo seandainya dia blom tau tmp baru.. ) bisa kasih unjuk blog ini hahaha…

  5. avatar

    melichafnd

    mau tanya doong..
    berarti qlo masih baru mau perpanjang pertama kali (dapat visa visitor yang 2 bulan) gbsa lsg ajuin ARC dong yah?? harus ajuin resident visa dulu??
    itu lsg di taipei atau di kota qta tinggal (saya di Hsinchu)
    gmn tuh?

  6. avatar

    IS

    arc dan residen visa itu satu paket, setelah ganti visitor visa ke residen visa, dalam 14 hari harus buat arc.

    jadi kalau baru datang ke taiwan, harus tunggu bulan ke 6 baru bisa punya visitor visa (dan buatnya bisa dimulai dari bulan ke 4, biasanya di bulan ke 5 uda bisa punya arc)

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook