Taiwan, I’m in love. (part one)

Dari sekolah bahasa ke university-Part 1 學華語到上大學(1)

 

Ya, akhirnya telah stay di Taiwan 2 tahun lebih sedikit :p , dan pengalaman baik yg pahit, manis ,asem ,asin , kecut(emang nano-nano) ,dari pertama kali menginjak daratan Formosa alias Taiwan sampai mau melangkah ke jenjang university (oh yeah) akan gw sharing bagi yg membutuhkan  dan mau baca ( ???? )

ya, karena gw orangnya ga suka ribet,embarrassed2-onion-head-emoticon dan bukan tinggal di ibu kota tercinta (ngurus sndiri pastinya ribet dong ya jadi mau cari yang gampang pakai agen, dan waktu itu situs study in Taiwan ini belom established (blom ada) atau mgkin gw belom tau :D) , akhirnya gw googling di internet, cari agen yg bisa dipercaya dan terkenal namanya di jagad raya (khusus murid2 Indo di Taiwan), dan... masuklah ke perangkap buaya si agen hasil googling tersebut (wkkk.. hikss..) . Dengan biaya yg ga sedikit, dengan terseok-seok , akhirnya sampai dengan selamat di Taiwan. ^^ Coba waktu itu uda nemu situs ini.. pasti laen cerita deh.. makanya sekarang saya sharing hal-hal berguna tentang taiwan di sini.. ikut turut membantu adik-adik yang mau study di sini, Taiwan.

Hari pertama melangkah ke sekolah yg super asing di Taiwan ini (NTUE), ternyata banyak teman yang senasib dan seperjuangan (haha) yg terperangkap disini 😀 . Kesan pertama sih, suprised (iya dong) , secara kirain bakal banyak bule, ternyata adanya bule kampung( lol)confused-onion-head-emoticon , beda sekali dengan apa yg gw nanti2kan. Tapi akhirnya, karena banyak temen2 yg baik, guru2 yg super^^, dan saya tetap disini (NTUE) selama 2 tahun.

315855_155878244507862_1148348041_n

Banyak teman2 yg sekolah disini, ga puas, dan pindah ke sekolah lain,dsb.  Ya, penilaian ada ditangan kalian sendiri ( dompet ya dompet kalian 😀 ) . 2 tahun lohhh, bukan waktu yg lama, tapi juga ga singkat, haha. Nah, udah disekolah bahasa ngapain aja nih? 😀

Buat teman2 yg mau ke Taiwan, menurut gw sih ya ^^ sekolah bahasa di Taiwan tuh bertebaran, biar kualitas berbeda, asal kalian memang ada niat, sekolah dimana aja sama aja 😀

427170_4598801932595_1540242407_n

Apa gunanya sekolah mahal2 tapi kerjanya mainnnn mulu? Sekolah bahasa itu cuman 3 jam per hari.dong-onion-head-emoticon dan waktu sehari itu 24 jam . 3 jam di sekolah hanya bantu2 kalian belajar kulitnya, dan sisanya kalian mesti belajar sampai ke dagingnya 😀 (practice makes perfect).

Ada pepatah dari engkong kita, malu bertanya sesat di jalan. haha...dulu gw malu2 akhirnya malah malu2in XD . Bener loh yah, gw disini belajar banyak, bukan dari segi bahasa doank, mesti belajar pede, ga tau mesti nanya, jgn pernah malu untuk bertanya. Dulu ga tau stasiun MRT dimana, ga berani nanya, alhasil nyasar berkeliaran di Chiang Kai Shek sampe 3 jaman =="

(waktu itu jalan sampai kaki dah keriting,haha)help-onion-head-emoticon

Udah di Taiwan, jangan malu ngomong mandarin, mungkin awalny gagagugu dan akhirny bahasa tarzan. cool-onion-head-emoticonTapi kalau mau improve ya mesti ngomong mandarin, baik dengan sesama ataupun yg lain . Info : Sebagian besar orang Taiwan yg gw kenal baik, ramah, dan sabar. Mereka bakalan excited banget ngajarin kita (ada juga sih yg ngetawain ==") kalau kita salah. Jangan malu diketawain, kita toh lagi belajar, kita juga bukan orang Taiwan yg belajar mandarin dari kecil, pede aja lagi, hehe. Dulu biarpun sering diketawain teman Taiwan gw,desperate1-onion-head-emoticon tapi mereka mau ngajarin gw sampe akhirny gw bisa ngomong bener nada 2 dan 3, dan akhirnya lidah gw bisa dilipet juga ( ga tau jelasinnya gimana lol >,< ) Dijamin, bakal ada kemajuan pesat .

 

 

544968_362787323780263_546941344_n

 

Beri kesan ke guru kita kalau kita sangat ingin berkembang. Kalo mereka terkesan sama niat kita, mereka bakal bantuin sekuat tenaga (pakai kame kameha) untuk improve. Dijamin, guru yg suka sama kita ( eits bukan naksir2 loh) bakalan berusaha membuat kita berkembang (maju,,go) 😀 . Dari apa yg gw alami, gw beri kesan pada guru kalau gw berusaha untuk maju, pengen banget jago mandarin. Dan akhirny gw uda terima bantuan ga terhitung dari mereka , gw dibikinin surat rekomendasi , dibantuin koreksi study plan, autobiography, dan bahkan mereka mao bantuin koreksi yg versi inggris juga..haha(thanks so much , laoshi <3)

Jangan malu untuk bekerja part-time. embarrassed4-onion-head-emoticonYang uda bersekolah selama setahun di sekolah bahasa boleh ngapply izin kerja. Nahhh kerja bukan artinya mesti kerja banting tulang ( tulangnya patah ga ya? )  nyari sesuap nasi, tapi kerja sehari beberapa jam gitu, banyak banget apel, eh manfaat bisa dipetik 😀 bisa nambah2 pengalaman ,belajar mandiri( cuci piring, ngepel ,dll ; padahal dirumah ga pernah @_@ ), bisa belajar banyak skill (kaya gw nih, blajar skill panggang-panggang, masak, belajar menggaet tamu,belajar promosi barang, dan ada belajar matematika loh)^^, bisa ketemu teman baru, bisa practice apa yg diajarin di sekolah, bisa belajar bahasa Tai (bahasa daerah penduduk Taiwan) , dan tentunya, bisa nambahin duit jajan :p ( plus ringankan beban ortu).

 

 

hmm...ini aja dulu..post pertama gw. Kalau panjang2 bisa mati kalian wkkk.

bagian selanjutnya, gw bakal cerita kisah   pahit gw pas ngapply university ( DITOLAK! T.T )hell-yes-onion-head-emoticon waktu itu kaya putus cinta aja..haha..

To be continued..bye2-onion-head-emoticonsorry kalau berantakan..^^

4 comments

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook