Perpanjang passport

Perpanjang passport ternyata bisa juga di Taiwan.

Gw salah 1 orang yang ngalamin hal ini..
Kebetulan waktu itu ada teman gw  yang bisa bantu gw ngomong ke orang yang kerja di KDEI(Kantor Dagang Indonesia), KDEI itu adalah tempat orang mengurus passport.

Alamat : 6F, No. 550, Rui Guang Road
Neihu District
Taipei
Taiwan
114
E-mail: email : ieto@ms8.hinet.net
Telepon: Tel : (886-2) 8752-6170
Faks: Fax : (886-2) 8752-3706

Waktu itu ceritanya kan gw nggak bisa bikin ARC gara-gara masalah sama Passport gua ini, jadi mau nggak mau ya harus perpanjang passport.
Awalnya gw pikir,"Gimana caranya yah bisa gw perpanjang passport nih."
Abis gw pikir-pikir gw juga cerita-cerita ke teman-teman gw yang sama-sama pergi ke Taiwan ini, kebetulan ada 1 teman gw nih 1 gereja sama orang yang kerja di KDEI.

Sesudah dia juga cerita-cerita tentang temannya itu dia langsung nelpon orang tsb; inisial Ko Y. Ko Y ini orang dalam yang bisa bantu gw buat perpanjang passport. Abis teman gw ini nelpon orang tersebut, orang tersebut bilang ke teman gw bahwa langsung aja ke tempat dia lalu nanti dia akan bicarakan hal tersebut langsung sama gw.

Besoknya gw langsung ke KDEI, sesampainya di sana gw telpon ke Ko Y ini, bahwa gw sudah sampai di KDEI. Ketemuan deh sama Ko Y ini.
Langsung aja gw jelasin ke dia apa aja tuh masalah gw, dia bilang tuh kalau mau perpanjang passport harus punya ARC dan bisanya juga 4 bulan sebelum masa berlaku passportnya habis.

Abis gw dengar dia ngomong gitu gw bingung,"kenapa harus kayak gitu?!, sedangkan ARC minta minimal passport 6 bulan valid"
pikir gw, langsung aja,"gw ngomong gimana dong ko jadinya?"
Langsung dia bilang ke gua: (hal-hal penting yang harus dibawa kalau tidak punya ARC)

  1. Passport
  2. Absensi sekolah bahasa dan pastikan tercantum bahwa kamu anak sekolah tersebut
  3. Harus bayar uang sekolah; 2 semester(6 bulan) soalnya memastikan kalau di Taiwan lama
  4. Uang NT $1450 buat biaya-biaya; buku passport,dll
  5. Akte lahir
  6. Fotocopy lurus Passport, Visa (soalnya mau di fax ke Indonesia)

lalu proses pembuatannya sampai di kirim kembali passport baru dari Indonesia ke Taiwan 1 bulan.

yah itu aja pemberitahuan dari gw kalau kurang jelas atau kurang paham langsung comment aja.. 🙂

37 comments

  1. avatar

    ini pengalaman dari rekan kita Wahyu, di sini rekan kita ini mencoba pertama kali menulis sendiri pengalamannya agar bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang mengalami hal yang sama. tata bahasa nya masih loncat-loncat, harap maklum hahaha..

  2. avatar

    Buat yang mau cari alamat KDEI nya di google maps masukin aja ini, copas aje biar gampang.
    台北市內湖區瑞光路550號6樓(倫飛大樓)
    MRT yang paling deket adalah xihu MRT (jalur coklat) keluar exit 2.

  3. avatar

    oh ya, ini nama KDEI dalam bahasa Mandarin, soalnya kadang minta ijin ke sekolah untuk ke KDEI tapi ga tau gimana sebut KDEI dalam Mandarin, jadi ini perlu juga.. 駐台北印尼經濟貿易代表處

  4. avatar

    penny89

    halo,

    salam kenal semuanya.

    mau tanya, kalo mau perpanjang paspor, apakah paspornya harus dikirim ke indonesia (jadi makan waktu selama 1bulan)? soalnya kalo berdasarkan keterangan dari website KDEI, di sana ditulis bahwa paspor bisa diambil 4hari setelah kita datang untuk foto dan sidik jari.

    lalu pertanyaan kedua, saya juga sedang sekolah bahasa di sini dan ingin perpanjang paspor. seperti yang kita tahu, sekolah bahasa di sini adalah per 3bulan. di atas kan ditulis salah satu syaratnya adalah membayar biaya sekolah untuk 2 semester. kalo hanya 1 semester tidak mungkin ya? soalnya mahal bgt klo hrs lgsg 2 semester. T_T

    dari tadi udah telpon KDEI berkali2 tapi ngga diangkat2 terus. =(

    • avatar

      Wahyu_Yangdehua

      |Author

      soal yang 2 semester itu harus.. soalnya pengurus di indonesia butuh bukti bahwa kamu lama di sini..
      mungkin mereka pikir kalo tidak lama di Taiwan buat apa perpanjang di sini..
      kita maklumi negara kita yah, masih dalam perkembangan..
      boleh tau nomornya kk Penny gak nih??
      soalnya aku mau kasi tau nomornya Ko Y.
      boleh tanya-tanya sama dia lebih lanjutnya.. 🙂

      • avatar

        chinnoy

        Halo, saya juga kurang lebih ada masalah yang sama mau perpanjang paspor soalnya bulan sept mau jalan2 ke pilifin, takutnya kalo expired kurang dari 6 bulan ga bisa dipake. Tapi saya denger dsni harus sebelom 3 ato 4 bln br bsa perpnajang. Hmm saya domisili di Taichung, udah coba tlp KDI tpi ga ada respon. kalau misalnya ada kenalan di sana apa bisa minta tlp nya? Terimakasih infonya. GBU

  5. avatar

    penny89

    posisi saya di hualien, taiwan. kurang lebih 3jam perjalanan untuk ke taipei. makanya saya ingin coba tanya dulu, butuh apa saja yg harus dipersiapkan. tapi sampe pulsa udh abis, masih belum ada titik terang. =S

  6. avatar

    hualuen?? wah jauh banget.. biasa sih hari biasa pelayanan dari pagi sampe jam 12 untuk serahin dokumen gitu. beberapa teman saya berhasil kok perpanjang paspor di taiwan ini.

    klo ga salah sekarang harus regis dari internet dulu trs form nya di print dan kirim ke kdei. trs selebihnya ikutin petunjuk yang wahyu tulis di atas. dia berhasil kok buat baru.

  7. avatar

    penny89

    Terima kasih ya atas balasannya. Kalo gitu nanti saya akan bayar uang sekolahnya dulu. Kelas saya mulai dari jam 13:30. Rencana sih kalo memungkinkan, inginnya pagi2 ke taipei, serahkan dokumen, siang bisa sudah kembali. Jadi ngga perlu ijin. Semoga keburu. ^^

    Untuk Wahyu, boleh nanti saya kasih no hp saya. Kamu ada alamat e-mail? Nanti saya kirim ke sana. Oh ya, untuk perpanjang paspor apa benar harus 1 bulan utk prosesnya?

  8. avatar

    buat chinnoy:

    kalau kamu pelajar, kamu bisa perpanjang paspor 6 bln sebelum expired. cuma untuk pekerja-pekerja yang dari indo ke tw aje yg 3 bln seblom abis baru bisa proses, mending kamu dateng pagi-pagi ke KDEI, terus serahin dokumen2 semua (sekarang daftar online dulu untuk apply paspor).

    kalau sampe ditolak diloket, usahakan catet namanya yang nolak kamu, dan jam berapa (hari nya juga) biar ditulis di sini nama orang tersebut.

    Sewaktu Pak Ramli memberikan ceramah di KDEI, saya hadir dan saya rekam pernyataan beliau soal pelajar yang bisa perpanjang Paspor dalam masa 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Jadi, kalo orang loketnya bilang begitu, tulis aja di sini namanya, biar mereka datangin blog ini konfirmasi kebenaran kasusnya.

    • avatar

      chinnoy

      Wah thanks banget infonya. Dan respon balesan yg cepet. Kebetulan baru nemu situs ini kemarin. Infonya guna banget buat newbie newbie kaya saya. (^o^)v Ok, nanti saya share lagi kelanjutan cerita paspor saya.

  9. avatar

    penny89

    Cuma mau share, kemarin ini saya sempat coba2 kirim e-mail ke KDEI untuk tanya tentang perpanjangan paspor tanpa ARC. Setelah e-mail ke-2, akhirnya dapet balesan juga. Begini isinya:

    “Persyaratan untuk penggantian paspor selain paspor itu sendiri anda juga harus dapat melampirkan ARC, jadi kalau pada saat ini anda belum mempunyai ARC anda harus dapat menunjukkan surat keterangan dari tempat anda belajar saat ini dan juga bukti pembayaran biaya kursus untuk semester kedepan bukan pembayaran kursus bulan berjalan.”

    Jawaban yang singkat, padat, tp kurang jelas. =P Padahal pertanyaan saya, persyaratan apa saja yang diperlukan untuk perpanjangan paspor.

    Masih kurang jelas sih apa boleh bayar 3bulan atau harus bayar 6bulan kursus. Dia sih bilangnya biaya kursus untuk semester ke depan. Jadi mungkin boleh hanya 3bulan? Harus dicoba dulu ya (kalau ada yg berani coba). ^^

    • avatar

      Wahyu_Yangdehua

      |Author

      sesuai yg ditulis di atas, soalnya kemaren ko Y uda bilang kalau di Indonesianya itu mau tahu kalau kita tuh di sini lama atau tidak..
      Maka dari itu mau gak mau yah harus bayar 2 semester..
      Itu sudah ketentuan dari orang Indonesianya kata mereka, jadi saya langsung aja bayar buat dua bulan.. 🙂

    • avatar

      vsulaeman

      sekedar info buat teman2 skalian…
      definisi semester itu untuk jangka waktu 6 bulan…
      sedangkan untuk belajar bahasa di taiwan biasanya pake istilah term karna jangka waktunya hanya 3 bulan…

  10. avatar

    Buat penny89:

    Itu salah satu syarat awalnya. jadi kamu memang harus bayar semester depannya dulu. klo menurut Wahyu, dia bayar 2 semester supaya bisa buat paspor baru. dari bayar uang sekolah ini nanti minta surat keterangan dari sekolah klo km masih sekolah (absen dan nilai, atau cukup absen aja) dan bukti pembayaran 2 semesternya (boleh aja coba 1 semester dulu bayar.. hehe..)

    Wahyu yang bisa jelasin nih, atau temen lain yang pernah buat paspor baru di kdei. (ada beberapa sih, cuma paspor mereka juga belom keluar)

    rata-rata klo jawaban formal emang pendek-pendek, makanya di sini kita sharing panjang lebar jelasin secara mendetail..

  11. avatar

    ichiban_90

    mau berbagi pengalaman nich…
    baru2 ini saya perpanjang passport di kdei. berhubungan saya mau bwt ARC tetapi tidak bsia karena passport nya masa berlaku nya habis sampe bulan january. berati kalo diitung2 masi ada 7 bulan sampe expired date nya.
    walaupun begitu, karena saya rasa orang 外交部 nya ga mau ribet kasi saya ampe bulan january, karena berati nantinya saya harus perpanjang2 lgi tuh ARC, dy suruh saya untuk perpanjang passport…
    nahhh.. masalahnya passport seharusny boleh diperpanjng kalau 3 bulan sebelum expired date. akhirny saya harus minta belas kasihan sama org KDEI bwt bantuin deh..

    Karena saya masih itungan STUDENT, persyaratan nya sangatlah mudah..
    1. SURAT DARI SEKOLAH dan ABSENT dgn menggunakan bahasa inggris (takut orang KDEI ga bsa baca mandarin),
    2. PHOTOCOPY PASSPORT,
    3. BUKTI PEMBAYARAN SEKOLAH

    nah.. waktu pengurusan, karena sebelumnya saya ga dikasi tw bw bukti pembayaran sekolah, saya jdiny jga ga bawa.. tapi org kdei untungny mo ngerti kok.. dan dy ga minta macem2.. dan kebetulan saya sebenarnya cm bayar uang sekolah 1 semester dan dy jga ga nanya macem2…

    kalau kalian mo ngurus passport lbh baik dateng nya pagi2, karena klo lgi ga hoki kyk saya.. walo dapet nomor urut di depan tapi bsa aja harus antri 3 jem karena banyak TKI yg dateng ngurusin passport dan mereka udah ada agent yg ambil nomor duluan.. 1 nomor bsa puluhan TKI…

    waktu pengurusan passport dari jem 9 sampe jem 12.. (lbh baik jem 8 udah brangkatdari rumah)
    waktu sore mereka ga menerima urusan passport dll…

    nb:klau kalian mmg lgi mepet bgt saya sarankan jgn main sogok2.. karena dari pengalaman teman saya, sogokan nya ditolak…
    kalau saya sendiri cm minta belas kasihan saja… lalu bbrp hari kemudian ada yang sms saya, menawarkan bantuan, tapi berhubung Direktur nya sedang diluar negri, saya sendiri harus sabar menunggu sampe di tanda tanganin.. 🙂

    maap yaa klo tulisan nya ancur radull.. ga baku bgtt bhs nya..hehehe.. =v=”

  12. avatar

    wahyu dan ichiban_90, pengalaman yang berharga sekali, thanks sharingnya.

    untuk masalah mao maen sogok2an, mendingan jangan deh.. kita usahakan maen bersih di sini (baca, WAJIB). soalnya pemerintah taiwan sendiri apa-apa serba cepet walau tanpa sogokan. kita mulai dari keistimewaan (kelebihan birokrasi) di taiwan ini yg walau TANPA nyogok, semua tetap lancar dan cepat layanannya.

    Apa yg bisa dilakukan pemerintah taiwan, saya yakin, pemerintah indo juga bisa lebih baik lagi. YAKIN 100%!!!

  13. avatar

    penny89

    Sharing dari semuanya sangat membantu sekali. Mempertimbangkan banyak hal, saya akhirnya memutuskan belum akan perpanjang paspor saat ini. Tapi nanti ketika saya akan dan sudah berhasil perpanjang paspor, saya pasti akan sharing pengalaman saya juga di sini.

    Terima kasih semuanya!

  14. avatar

    Sudah ada 2 teman berhasil perpanjang paspor nya, ini sharing dari kedua nya. thanks yak..

    Untuk Pembuatan Paspor, bila masa paspor expired 6 bulan lagi (padahal mau bikin ARC) bisa pakai Layanan kilat di KDEI. dari pengalaman teman yang baru saja perpanjang Paspor, dia menghabiskan NT4100 dan paspor jadi dalam waktu 5 hari kerja.

    Pake layanan normal juga bisa.. cuma bisa 1 bulan (si Wahyu nih sebulan baru jadi), kalau berwajah polos dan ramah tamah bisa lebih cepat, gak sampai 3 minggu jadi (ini yang barusan buat paspor bilang gini. haha..)

    • avatar

      ok, ralat nih.. hahahha.. maklum abis kena hajar hujan badai berhubung mau ada topan, jadi salah pengertian dari cerita nya.. ini dijelasin lagi sama orangnya, lgs saya copas deh..
      ==
      Slh ngerti lo,hahaha…jd gini loh,perpnjng passportna tuh gw foto hari itu jg begt gw mskin berkas tgl 2 juli,trs jdna 1 agustus kan,tp visa gw abs 30 juli,jd gw blg dunk tlg dibantu sblm tgl 30 gw udh bs ambl tuh passport buat extend visa,akhranna tgl 24 juli udh jd,byrna 1450! Trs yg 4100 itu yg 5hr proses kerja yg di外交部 dkt ntu hospital.ngerti ga?

  15. avatar

    haha.. thanks to 徐明莉 aka (elizabeth.m.emelia) itu hasil share nya dia.. ternyata di waijiaobu yang bayar 4100. maapkan karena di email massal disebutkan KDEI =_= maap salah info untuk yang email massal itu.. terlalu napsu saking bagusnya ini inpo.. wakakakak..

  16. avatar

    penny89

    Halo semua,

    Kemarin ini bertepatan dengan libur sekolah, akhirnya saya menyempatkan diri untuk ke Taipei mengurus pembuatan paspor baru. Yang melayani saya namanya Ibu Ria.

    Awalnya karena nanti bulan Oktober nanti saya mau buat ARC, berhubung sekarang lagi libur dan sempat ke Taipei, maka saya pikir sebaiknya saya buat saja paspor baru sekarang, karena kalau sudah sekolah, nanti repot karena harus ketinggalan pelajaran dsb.

    Tapi ternyata, menurut Ibu Ria, memang bisa membuat paspor tanpa ARC, tapi kita tetap sudah harus berada di Taiwan 4 bulan atau lebih. Kalau kurang dari 3 bulan (yang berarti kita memang belum berhak untuk apply ARC), kita tidak bisa membuat paspor baru. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari orang2 yang setelah punya paspor baru malah jadi imigran gelap.

    Alhasil, berhubung September akhir nanti saya baru 4 bulan, jadilah saya disuruh untuk datang kembali pada akhir September. Oh iya, jangan lupa bahwa biaya 1,450 NTD itu (1,200 NTD untuk biaya paspor dan 250 NTD untuk biaya foto) harus sudah dibayarkan di bank terlebih dahulu. Jadi bukan dibayar langsung di sana. Waktu datang ke sana, tinggal membawa bukti slip pembayarannya saja. Dan bukti pembayaran itu hanya berlaku 1 minggu. Jadi pastikan dalam 1 minggu setelah membayar, kita memang akan ke KDEI untuk mengurus pembuatan paspor baru.

    Menurut dia, karena saya kemarin ini sudah membuat perjanjian online, jadi nanti waktu mau datang lagi, tidak perlu buat janji online lagi. Lalu dia juga bilang, kalau semua beres, nanti tinggal tunggu foto, tidak bisa dipastikan selesai jam berapa, tapi pasti sudah beres sebelum jam 4 sore.

    Saya juga sempat bertanya kepada beliau, kira2 butuh berapa lama untuk proses pembuatan paspor ini dan jawaban beliau adalah 2 minggu. Mungkin melihat masa berlaku visa saya (yang mana akan habis pada 20an Oktober) dan masih perlu waktu kurang lebih 1-2 minggu untuk mengurus ARC, jadilah masa pengurusan ini dikatakan sekitar 2 minggu.

    Oh ya, meskipun di bukti janji online ditulis KDEI buka dari jam 8-12, tapi pelayanan mereka baru dimulai dari jam 9.

    Sekian info tambahan dari saya. Semoga semakin jelas untuk teman2 yang mau membuat paspor baru.

  17. avatar

    penny89

    Halo teman-teman dan kakak-kakak seperguruan,

    Pengen tanya, ada yang bisa beri info tambahan tentang pembayaran biaya pembuatan paspor di Changhwa Bank? Lokasi saya di Hualien dan saya baru saja kembali dari cabang Changhwa Bank di sini.

    Saya mengisi slip pembayaran sesuai dengan yang ada di website (nomor paspor dan nama pemohon), tapi teller bank bilang, nomor account terlalu pendek dan harusnya tidak pakai huruf. Saya sudah menekankan bahwa memang diharuskan mengisi nomor paspor, tapi mereka tetap bilang tidak bisa.

    Boleh tau teman-teman yang sudah perpanjang paspor pada melakukan pembayaran di cabang mana? Dugaan saya, mungkin Changhwa Bank cabang Hualien belum pernah menemukan nasabah seperti ini sehingga mereka sendiri juga kurang paham.

    Terima kasih sebelumnya.

  18. avatar

    IS

    bank chang hwa mendingan pakai yang di dekat kdei, karena di sana mereka sudah tau itu untuk apa. bank daerah lain mungkin ngga tau, jadi ada salah paham deh sama mereka.

    kapan mau ke kdei lagi? pagi nya bisa ke bank dulu di dekat sana

  19. avatar

    ichiban_90

    kemaren w sih diisiin ama satpam di kdei.. pas dikdei itu mereka juga udah kasih w slip pembayaran yang udah mereka bantu isiin, jadinya w tinggal pergi ke cwanghua bayar slipny doank…
    sorry bgt nih,, slipny udah w cari2 di seluk beluk laci udah ilang… jadi ga bisa liatin.. =__=”

  20. avatar

    ichiban_90

    temen2 w udah ketemu nihh slip nya..
    萬用帳號:95360 377653000
    95360 itu udah dari sananya ada nomorny, yg w isi dari 377blbalbalba…
    semoga sama dan bermanfaat.. 😀

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook