Pengurusan Legalisir Dokumen ke TETO

Pengurusan Legalisir Dokumen ke TETO

Sumber: currarpickt.wordpress.com/2012/07/12/pengurusan-legalisir-dokumen-ke-kemenkumham-kemenlu-dan-teto/?study-in-taiwan.com

Pengalaman Mita mengurus legalisir dokumen ke TETO diposting di blog ini setelah mendapatkan ijin dari yang bersangkutan. Profile Mita bisa dilihat di sini. Pengalaman ini termasuk yang terupdate dari postingan yang pernah ada di blog study-in-taiwan mengenai Legalisir Ijasah sendiri tanpa menggunakan biro jasa atau agen.

Berikut adalah pengalaman Mita dalam Pengurusan Legalisir Dokumen ke TETO :

Setelah legalisir kemenlu, tahap terakhir adalah legalisir TETO. FYI, Taiwan tidak memiliki kedubes di Indonesia sehingga yang menggantikan fungsi kedubes itu adalah TETO (Taipei Economic and Trade Office). TETO terletak di gedung Arta Graha lantai 12. Legalisir di TETO tidak membutuhkan map apapun. Persiapkan saja dokumen yang telah dilegalisir di kemenlu + hasil medical check-up + fotokopi paspor + fotokopi surat penerimaan (Letter of Acceptance/LoA) dari universitas + fotokopi hasil legalisir di kemenlu. Anda akan diberikan nomor antrian lagi dan kemudian mengisi formulir tertentu. Lagi-lagi legalisir ini tidak dapat diwakilkan dan jika ingin diwakilkan harus ada surat kuasa. Biaya legalisir di sini cukup mahal yaitu Rp 138.000/dokumen. Di sini saya menghabiskan Rp 552.000 untuk 4 dokumen :( TETO menyediakan 2 jalur legalisir yaitu jalur cepat dan jalur biasa. Jalur cepat membutuhkan waktu 3 hari sedangkan jalur biasa membutuhkan waktu 5 hari. Saya memilih jalur biasa karena tentu saja harganya lebih murah. Saya memasukkannya hari Senin dan baru bisa diambil hari Selasa minggu depan. Jika Anda lupa fotokopi hasil legalisir kemenlu, di TETO terdapat sebuah mesin fotokopi tapi biaya fotokopinya cukup mahal yaitu Rp 500/lembar. Jam kerja untuk legalisasi adalah 08.30-11.30 sedangkan jam pengambilan hasil legalisasi ialah 13.00-16.00.

Jika seluruh jalur legalisir ini telah selesai, maka Anda sudah siap untuk membuat visa di TETO :D

Saya akan merangkum dokumen yang dibutuhkan untuk legalisir notaris, kemenkumham, kemenlu, dan TETO:

  1. Legalisir notaris: ijazah Inggris, transkrip Inggris, hasil medical check-up, dan surat keterangan asuransi
  2. Legalisir kemenkumham: ijazah Inggris, transkrip Inggris, dan surat keterangan asuransi. Selain itu butuh fotokopi KTP untuk pengisian formulir legalisir.
  3. Legalisir kemenlu: ijazah Inggris, transkrip Inggris, dan surat keterangan asuransi
  4. TETO: ijazah Inggris, transkrip Inggris, hasil medical check-up, dan surat keterangan asuransi. Selain itu dibutuhkan juga fotokopi paspor dan fotokopi LoA dari universitas. Fotokopi paspor dan LoA tidak akan dilegalisir.

Alamat TETO:

Gedung Artha Graha Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, SCBD, Jakarta Selatan (seberang Pacific Place)

Semoga info ini bermanfaat bagi yang akan berangkat untuk studi di Taiwan khususnya NTUST.

再見!

Lihat juga pengalaman Mita dalam Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan di TETO.

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook