Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenlu

Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenlu

Sumber: currarpickt.wordpress.com/2012/07/12/pengurusan-legalisir-dokumen-ke-kemenkumham-kemenlu-dan-teto/?study-in-taiwan.com

Pengalaman Mita mengurus legalisir dokumen ke Kemenlu diposting di blog ini setelah mendapatkan ijin dari yang bersangkutan. Profile Mita bisa dilihat di sini. Pengalaman ini termasuk yang terupdate dari postingan yang pernah ada di blog study-in-taiwan mengenai Legalisir Ijasah sendiri tanpa menggunakan biro jasa atau agen.

Berikut adalah pengalaman Mita dalam Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenlu:

Jika dokumen telah selesai dilegalisir di kemenkumham, segeralah fotokopi kembali karena fotokopi tersebut kembali dibutuhkan untuk legalisir kemenlu. Legalisir di kemenlu membutuhkan map kuning. Jadi persiapkanlah map kuning, masukkan dokumen-dokumen yang telah dilegalisir di kemenkumham ke dalam map tersebut beserta fotokopiannya, dan sediakan materai sejumlah dokumen yang akan dilegalisir. Layanan legalisasi di kemenlu mulai beroperasi pukul 09.00-16.00. Anda perlu mengisi sebuah formulir terlebih dahulu dan sayangnya di bagian ini tidak bisa diwakilkan (Anda tidak dapat menitip dokumen ke teman Anda). Jika ingin diwakilkan, maka harus ada surat kuasa dan sepertinya itu rumit. O, iya untuk legalisir di kemenkumham bisa diwakilkan. Tidak seperti di kemenkumham yang memiliki nomor antrian, di kemenlu tidak terdapat nomor antrian (sepanjang penglihatan saya). Mungkin karena tidak banyak orang yang datang ke sana. Proses legalisir di sana mungkin bisa dibilang juga 2 hari. Saya memasukkannya hari Jumat dan hari Senin berikutnya sudah bisa saya ambil. Biaya yang dibutuhkan untuk legalisir di kemenlu ialah Rp 10.000/dokumen.

Alamat kemenlu:

Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler, Kementrian Luar Negeri, Jl. Pejambon No. 6, Jakarta Pusat (dekat Stasiun Gambir)

Semoga info ini bermanfaat bagi yang akan berangkat untuk studi di Taiwan khususnya NTUST.

Lihat juga pengalaman Mita dalam Pengurusan Legalisir Dokumen ke TETO.

 

 

 

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook