Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenkumham

Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenkumham

Sumber: currarpickt.wordpress.com/2012/07/12/pengurusan-legalisir-dokumen-ke-kemenkumham-kemenlu-dan-teto/?study-in-taiwan.com

Pengalaman Mita mengurus legalisir dokumen ke Kemenkumham diposting di blog ini setelah mendapatkan ijin dari yang bersangkutan. Profile Mita bisa dilihat di sini. Pengalaman ini termasuk yang terupdate dari postingan yang pernah ada di blog study-in-taiwan mengenai Legalisir Ijasah sendiri tanpa menggunakan biro jasa atau agen.

Berikut adalah pengalaman Mita dalam Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenkumham:

Kali ini saya akan membahas tata cara pengurusan legalisir dokumen yang dibutuhkan di NTUST (National Taiwan University of Science and Technology). Pengurusan legalisir dokumen memakan waktu yang cukup lama, kira-kira hampir 2 minggu lebih. Tentunya pengurusan legalisir dokumen ini bisa dilakukan dengan cepat jika menggunakan biro tertentu atau calo tapi semakin cepat semakin mahal pula biayanya. Saya memutuskan untuk mengurusnya tanpa menggunakan biro/calo supaya sekalian mengetahui cara pengurusannya.

Tahap awal ialah legalisir notaris. Legalisir notaris dilakukan bila pihak kemenkumham belum memiliki spesimen tanda tangan petinggi universitas yang menandatangani ijazah maupun transkrip kita. Oh iya, ijazah dan transkrip yang diberikan harus dalam bahasa Inggris. Bila ijazah dan transkrip yang dikeluarkan oleh universitas hanya dalam bahasa Indonesia, maka sebelum memulai legalisir, ijazah dan transkrip tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dulu oleh penerjemah tersumpah. Berhubung universitas saya juga dapat mengeluarkan ijazah dalam bahasa Inggris dan transkrip yang diberikan memang sudah dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), maka saya tidak perlu pergi ke penerjemah tersumpah.

Kembali ke legalisir notaris. Notaris yang digunakan harus notaris yang terdaftar di kemenkumham. Karena saya tidak tahu notaris mana saja yang terdaftar di kemenkumham, saya menggunakan notaris yang ada di Kemenkumham. Di bagian luar pintu pelayanan jasa kemenkumham terdapat beberapa notaris yang standby sehingga Anda dapat menghubungi salah satunya. Notaris yang saya gunakan memberikan tarif Rp 100.000/dokumen untuk dokumen asli dan Rp 50.000/dokumen untuk dokumen hasil fotokopi. Perhatikan cap yang diberikan oleh notaris berbeda untuk dokumen asli dan dokumen hasil fotokopi. Untuk dokumen hasil fotokopi, capnya bertuliskan “mengesahkan sesuai asli” sedangkan untuk dokumen asli tulisannya “waarmerking”. Legalisir notaris tidak lama. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Dokumen yang perlu dilegalisir notaris ialah fotokopi ijazah Inggris, fotokopi transkrip Inggris, hasil medical check-up, dan surat keterangan asuransi.

 

Setelah itu, dokumen tersebut dimasukkan ke dalam map biru dan diberikan ke bagian legalisasi dokumen di kemenkumham. FYI kantor kemenkumham mulai beroperasi sejak jam 09.00-14.30 (kata satpam di sana). Ketika masuk ke bagian layanan jasa, langsung saja pilih layanan legalisasi dan ambil nomor antrian. Jangan lupa menyediakan materai sesuai jumlah dokumen yang ingin dilegalisir. Sebelum itu, hasil dokumen yang sudah dilegalisasi oleh notaris perlu difotokopi terlebih dahulu. Jadi, dokumen yang diserahkan ke bagian layanan legalisasi dokumen kemenkumham adalah dokumen hasil legalisir notaris dan fotokopi masing-masing dokumen hasil legalisir notaris tersebut. Prosedurnya tidak lama. Hanya perlu mengisi formulir yang akan diberikan ketika kita sudah bertemu dengan CSnya (customer service) kemudian kita harus langsung membayar biaya legalisir. Biaya legalisir di kemenkumham adalah Rp 25.000/dokumen. Dokumen yang perlu dilegalisir di kemenkumham adalah fotokopi ijazah Inggris, fotokopi transkrip Inggris, dan surat keterangan asuransi sehingga biaya yang perlu dibayar ialah Rp 75.000 (hasil fotokopi legalisir notaris tidak dihitung). Lama  proses legalisir di kemenkumham 2 hari. Saya memasukkannya hari Rabu dan hari Jumat saya sudah bisa mengambilnya. Biaya legalisir dibayar di loket BNI yang juga tersedia di dalam kantor pelayanan tersebut. Kita hanya perlu mengisi slip setoran (layaknya slip setoran bank) dan antri untuk menyetornya. Jangan lupa mengambil nomor antrian karena nomor antrian bayar berbeda dengan nomor antrian legalisir. Legalisir di kemenkumham juga membutuhkan fotokopi KTP.

Alamat kemenkumham:

Direktorat Jenderal Adminstrasi Hukum Umum, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan. (Seberang Plaza Festival Kuningan)

Semoga info ini bermanfaat bagi yang akan berangkat untuk studi di Taiwan khususnya NTUST.

Lihat juga pengalaman Mita dalam Pengurusan Legalisir Dokumen ke Kemenlu.

 

 

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook