Penanganan Sampah di Taipei

Pertama kali kita sampai di kota Taipei, pasti akan melihat di sepanjang jalan bersih, bahkan untuk cari sepuntung rokok juga akan susah. Padahal nich kalo lagi di jalan mau buang sampah, cari tempat sampah (垃圾桶) susah banget, sangat jarang ada tempat sampah. Tempat sampah umum bisanya cuman ada di tempat pemberhentian bus.

Kok bisa? trus kalau sampah rumahan bagaimana?

Hampir semua tempat di jalan-jalan kota Taipei ada kameranya, nah kalau kita buang sampah sembarangan, kalau sampai ketahuan pasti akan di denda, apalagi kalau ada yang ngelaporin.  Jadi jangan coba-coba buang sampah sembarangan ya...

Untuk sampah rumahan juga gak boleh buang di tempat sampah umum lho, juga bukan hanya di taruh di depan rumah trus akan ada yang bantu buangin, dan juga bukan buang di satu tempat di dekat rumah (ada sich satu tempat untuk kita buang sampah sendiri, tapi jarang banget ada tempat spt itu).
Nah lho, jadi buang dimana dunkz?

Di Taipei, ada mobil khusus sampah warna kuning yang akan berkeliling untuk mengumpulkan sampah rumahan, yang gak bisa di daur ulang dan mobil bak warna putih untuk mengumpulkan sampah daur ulang. Mobil ini berkeliling ada jam-jam yang sudah ditetapkan (jam 6 pagi ~ 11 malam), jadi harus diingat jam berapa aja dia akan lewat dan biasanya on-time dan akan berhenti sktr 5 menit.
Kalau mobil ini datang, ada musiknya,  musiknya kek di Indo kl ada kendaraan ice cream. Jangan sampe kelewatan ya 🙂

Buang sampah juga bukan asal buang, harus di bungkus rapi (kecuali sampah makanan) dan juga harus dipilah-pilah dulu sesuai dengan jenis sampahnya sesuai dengan yang sudah ditetapkan (tabel pemilahannya ada di bagian bawah) baru bisa buang, kalo sampai ketahuan sama petugas sampahnya, pasti akan ditolak.

Pemilahan sampah :

  1. Sampah yang gak bisa didaur ulang / gak bisa dipilah
  2. Sampah daur ulang

Untuk sampah yang gak bisa didaur ulang / gak bisa dipilah harus di taruh di kantong plastik yang sudah ditetapkan sama pemerintah, dan plastik itu bisa dibeli di supermarket ato mini market (便利商店) spt 11-7. Plastiknya warna biru, ada ukurannya dan bisa dibeli sesuai dengan banyaknya sampah yg kita hasilkan, harganya juga beda-beda.

Contoh kantong plastiknya :

Harga kantong plastik :

Source: Department of Environmental Protection, Taipei City Government

Untuk sampah daur ulang, pada saat membuangnya harus dipilah secara jelas sesuai dengan tabel pemilahan berikut :

Sekian dulu ya, semoga dapat membantu 🙂

Join the Forum discussion on this post

6 comments

  1. avatar

    l3nn1c

    |Author

    biasanya di rumah orang-orang taiwan, mereka akan punya tempat sampah untuk masing-masing sampah sesuai dengan jenis sampahnya, jadi pada saat sampah mau dibuang ke tuh mobil kuning, pada saat buang dah tau dibuang di bagian mana ato pas ditanya ama petugasnya dah tau jenis sampahnya apa. jadi gak ribet en gak bakalan diomelin tuh ama petugasnya 🙂
    Dulu sich pertama kali buang sampah karena gak tau harus dibedakan ampe begitu banyaknya jenis sampah, waktu buang untungnya diterima (walaupun sambil ngomel2 tuh petugas) en waktu itu gak banyak, jd masih gampang dia bantu pisahin. Kapok deh berikutnya :p

  2. avatar

    AdityaChen

    buat sampah kalengan, sblum dbuang lbih baik dicuci/dibilas terlebih dahulu~
    prnah dlu ditegur sma petugas na wktu buang smpah kalengan yg kotor~ ==’a

  3. avatar

    memang di sini itu harus dicuci dulu sebelum buang sampah, jadi.. teman-teman yang datang ke sini jangan kaget kalau harus cuci bungkus bekas makanan lalu baru dikumpulin dan dibuang tiap hari ke mobil sampah..

    kecuali hari rabu dan hari minggu, tidak ada mobil sampah, jadi ngga bisa buang sampah di hari itu, harus dikumpulin di rumah dulu.

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook