NTUE- 月餅的派對 (Ini baru mantap!)

Halooooo!! Kalian tau kan kalo Senen depan itu kita bakal ngerayain Festival Kue Bulan (中秋節)?  Nah, aku sekarang mau cerita tentang asal usulnya. Tadi di sekolah baru aja di ceritain...

Jadi konon, ada dua manusia dan satu kelinci di bulan... Begini ceritanya...

1. Chang E

http://www.tionghoa.info/chang-e-terbang-ke-bulan/

2. Kelinci Bulan

http://maygreen.wordpress.com/2007/11/29/kisah-kelinci-bulan/

3. Wu Gang (吳剛)

Jadi ada seorang cowo namanya Wu Gang. Dia pengen jadi kaya, tapi males banget. Dia pengen belajar sama Dewa biar cepet bisa. Setelah pencarian panjang akhirnya dia ketemu Dewa.

D  :  "Aku akan ajari kamu. Tapi kamu harus kumpulin taneman obat dulu."

W : "Ah, itu mah gampang...."

Tapi besok paginya, Wu Gang ngeluh karena menurutnya itu terlalu susah...

W : "Dewa..Kok susah banget sih? Emang ga ada yang lebih gampang?"

D : "Yaudah.. Kamu belajar dari buku.. Nih, bukunya. Belajar yang bener yah..."

EEhhhh.. Bukannya belajar, si Wu Gang malah tidur... Gak lama, Wu Gang komplain lagi..

W : "Dewa.. Aku bosen baca buku.. Ngantuk.... Kenapa ga bawa aku belajar ke langit aja? Kayaknya lebih asik.."

D : "Yah elah lu komplain mulu.. Oke deh, Saya bawa kamu ke bulan.." (Saat itu, Dewanya udah gedek banget ngadepin Wu Gang)

Sesampenya di bulan, si Dewa nyuruh Wu Gang tebang satu pohon. Si Wu Gang bilang..

W : "Yaampun dewa.. Masa disini cuma ada satu pohon? Bosen banget kali... Aku mau pulang dong.."

D : "Loh, gimana sih.. Saya gamau tau.. Pokoknya kamu tebang ini pohon baru kamu bisa pulang dan saya akan ajarin kamu..oke? Bye bye"

Dan si Dewapun ngilang... Gaada pilihan lain, Wu Gangpun pasrah dan mulai nebang pohon. Tapi karena pohonnya pohon abadi, jadi kalo Wu Gang istirahat pohonnya tumbuh lagi... Karena kebanyakan istirahat, Wu Gang gabisa2 nebang itu pohon dan konon sampe sekarang dia masih disana....Hehehehe...

Abis diceritain tentang asal usulnya, kami rame2 makan kue bulan (月餅 = yue4 bing3)! Ada kue bulan dari berbagai negara! Jepang, Taiwan, Hongkong, RRC, dll. Rasanya macem2. Mulai dari kacang2an, susu, telor, dll. Aku paling suka yang dalemnya es krim!! Ada es krim coklat, vanilla, stroberi...Kuenya krenyes2 terus dalemnya es semua!! Badai banget oiiii!! :99 Abis itu, sisanya boleh dibawa pulang pula!! \^^/

10409458_4412339243440_7596300869651420365_n

 

Oh ya, kami juga diceritain tentang asal- usul kue bulan... Jadi begini (enak yah makan sambil didongengin..wkwkwk)

Jaman dulu, orang Mongol itu ngejajah daratan Cina. Nah, biar gak ketauan tentara Mongol kalo mereka mau bales dendam, orang Cina pura2nya kena wabah penyakit.

Mereka bilang ke tentara Mongol, "Tuan, sedang ada wabah penyakit di wilayah ini. Boleh ga kami bagi2 kue bulan? Kue ini berkhasiat menyembuhkan dan mencegah meluasnya wabah lho.."

Tentu saja Tentara Mongol percaya beneran ada wabah karena mereka biasanya ga tinggal diwilayah itu......

Ternyata didalem kue itu ada kertas bertuliskan, "Bunuh orang mongol tanggal sekian". Jadi tanpa bicara dan tanpa ketahuan, mereka berhasil bersatu padu dan ngeroyok tuh tentara Mongol. Tapi gatau endingnya karena guruku cerita cuma sampe disitu..Wkkwkwkwkwkwk.. Mungkin happy ending..

(Btw sekarang udah bisa denger seengaknya 80% dari keseluruhan cerita, lho...muehehehehe.. Ga sedodol dulu, cuma bisa bengong..)

 

Terakhir, guru cerita apa yang biasa dilakukan pas festival ini:

1. Makan Kue Bulan

2. Liat bulan purnama

3. Nyuri makanan orang (katanya kalo nyuri pas hari ini kita bakal nikah sama orang yang baik)

4. Makan Jeruk Bali (pomelo / 柚子(you4 zi)). Kenapa? Karena pelafalannya mirip semacam berkat gitu...

Okedeh! Sekian cerita dari NTUE! Aku mau tidur dulu gara2 kekenyangan... xD

 

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook