National Chiang Kai-Shek Memorial Hall (國立中正紀念堂)

National Chiang Kai-Shek Memorial Hall (國立中正紀念堂) merupakan salah satu monumen yang menjadi ikon kota Taipei, wisatawan yang datang ke Taipei, pasti gak akan lupa untuk mengunjungi tempat yang satu ini. So, jangan dilewatkan ya untuk mampir 🙂

Monumen ini dibangun untuk mengenang Presiden pertama Taiwan, Chiang Kai-Shek atau Jiǎng Zhōngzhèng (蔣中正). Monumen ini dikelilingi oleh taman, di depan sebelah kanan terdapat National Concert Hall dan disebelah kirinya National Theater Hall.

Di dalam monumen, di lantai paling atasnya, lt.4, terdapat patung tembaga dari Chiang Kai-Shek yang tingginya keknya lebih dari 10 meter. Di samping patung ada 2 orang penjaga yang bertugas menjaga tuh patung dan setiap sejam sekali mulai dari jam 09.00~17.00 akan ada upacara pergantian penjaga. Upacara pergantian ini merupakan atraksi menarik yang bisa kita tonton.

Di lantai 3 terdapat galeri seni yang secara periodik menampilkan hasil karya seni seperti lukisan dan patung.

Dan lantai paling bawahnya, lantai 1, terdapat ruangan ekshibisi yang menampilkan secara detail perjalanan hidup dari Presiden Chiang Kai-Shek.

Selain itu beberapa ruangan galeri, di lantai ini kalo mau liat biasanya mesti beli tiket masuk untuk melihatnya. Selain itu ada beberapa coffee shop dan toko souvenir.

National Concert Hall merupakan tempat konser dan National Theater Hall merupakan temapt pertunjukan teater.

Di pintu gerbang masuknya, bisa ditemui banyak sekali burung merpati yang mendarat disitu. Tapi kemarin pas foto merpatinya pada lagi terbang entah kemana 🙁

Dipintu gerbang masuknya juga namanya sudah diganti, bukan 中正紀念堂 lagi, tapi diubah menjadi 自由廣場 (zì yóu guǎng chǎng). Kenapa diubah sich dapat cerita dari guru, ceritanya lumayan panjang sich, tapi intinya berkaitan dengan masalah politik antara dua partai besar yang berkuasa di Taiwan.

Monumen ini buka dari jam 9 pagi sampe jam 6 sore.

Terletak di jalan Zhong Shan South Road No.21, Taipei.
Untuk ke sana, bias naek MRT jalur Merah berhenti di stasiun Chiang Kai-Shek Memorial Hall (中正紀念堂站) setelah itu keluar di exit 5.
Bisa juga dengan naek bus yang kearah MRT Chiang Kai-Shek Memorial Hall, seperti no. 15,18, 20, 22, 204, 208, 214, 236, 248, 251, 252, 621, 623, 630, dan masih ada beberapa lagi.

Kalo malam pemandangannya juga gak kalah menarik untuk dibuat foto-foto lho 🙂

 

2 comments

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook