Longshan Temple

Hari ini aku sama temen2 sekelas pergi ke Kuil Longshan. Longshan yang berarti "Naga Gunung" ini adalah kuil Buddha tertua di Taiwan. Kuil ini selalu rame karena terkenal. Banyak turis yang dateng kesini, tapi masih kalah sama lansia2nya. Aku heran kenapa banyak lansia disini...Kenapa namanya ga dinamain "Kuil Para Tetua" yah? wkwkwkwk XD Mungkin karena ini kuil tertua jadi yang  dateng orang tua semua :3

DSC_0190

Oh iya, kuil ini dikhususkan buat menghormati Dewi Kuan Im (Guan Yin). Tau kan? Yang di cerita Sungokong  dulu itu.. Sungokong tau kan? Kera Sakti? Yang "soundtrack" nya nge-rap itu.. XD Nah, Dewi Guan Yin ini yang paling cantik terus naik teratai sama bawa botol air itu. Dia bukan hanya sekedar cantik, tapi baik banget. Menurut versi buku yg aku baca (karena ada beberapa versi), Dia rela ngorbanin mata, tangan, & kakinya buat bapaknya yang juga jadi Raja. Padahal bapaknya jahat banget. Beberapa kali Guan Yin ini mau dibunuh sama bapaknya karena gamau nikah dan lebih memilih jadi Bhikuni.. wew.. Tapi cerita ini berakhir dengan bahagia kok ^^

Disini aku juga liat Kwan Kong (Guan Yu), yang mukanya merah sama jenggot panjang.. Pasti yang main game "Three Kingdom" tau deh... 😀 Dia terkenal pemarah, tapi berbudi mulia. Cao2 kagum banget sama dia sampe dikasih tutup janggut, benda2 berharga, sampe pada akhirnya kuda merah sakti (ex kudanya Lu Bu) direlain juga sama Cao2 buat merebut hati Kwan Kong. Tapi tetep gagal.. Akhirnya, benda2 yang lain dibalikin, tapi Kwan Kong ga balikin tuh kuda karena udh terlanjur cinta.. wkwkwkwk XD Baca/ nonton Samkok! Keren abis!

Ada satu lagi sih, Dewa Laut, tapi gatau siapa dan ga ngerti ceritanya XD .. Mungkin yang tau bisa menambahkan? :3

DSC_0147

DSC_0148

DSC_0149

Bangunannya bagus dan bersih (ga ada sarang laba2 dan debu2 jorok nempel di langit2 dan ukirannya). Tapi ya kalo yang ga kuat bau dupa disarankan jangan lama- lama disini, bisa mabok.. Kekurangannya cuma satu. Hari ini HUJAN 🙁 jadi ga enak buat motret dan liat2...

DSC_0153

DSC_0199

DSC_0205

DSC_0206

Pulang dari kuil bisa langsung mampir di Pasar Malem Huaxi. Deket banget. Disini kita bisa makan apa aja dari A sampe Z, lengkap banget dan ga mahal. ^^ Bagi para pecinta Naga juga pasti betah disini karena dimana- mana orang jualan pernak- pernik Naga 😀

DSC_0213

DSC_0221

10456829_4162694242471_8219917818906459341_n

 

Ya inilah kira2 Kuil Longshan waktu magrib..whehehehe :3 Sekian! Dadaah!!

4 comments

  1. avatar

    AdityaChen

    tu krna kudanya lain dripada yg lain… (lbih lincah, cepat n kuat dr kuda2 yg lain. ad lagi, tu kuda warnanya sama kek muka kwankong merah gtu(katanya-katanya).. pkoknya one of a kind deh)

    tw sejarahnya longshan temple tu gmna tmpatnya dlu…??
    si bang philips paling tau tuh..

  2. avatar

    kcynthiajk

    |Author

    dia ditanya bilang “wah..saya gak tau..saya taunya cuma buat dewi kuan im doang” -_- lalalala..
    akhirnya googling baru tau ceritanya….

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook