Let’s Go Around Taiwan!!! – Need to Know Before – Discount Card!!!

Di Taiwan, kalau mau pergi keluar kota bisa menggunakan kereta cepat (THSR) tapi paling mahal, kerata api, bus, pesawat juga ada sich tapi jarang yang naik.

Bagi pelajar-pelajar asing yang memilih untuk naik kereta api, ada diskon nich, lumayan diskon 20% 🙂 Kok bisa, bagaimana caranya??? Pake kartu apaan nich???

Mungkin bagi anak-anak Shida sudah lebih familiar dengan kartu yang bisa digunakan untuk diskon-nya, lho kok bisa??? Ya ialah, kartu yang digunakan adalah kartu pelajar bahasa mandarin mereka, kartu pelajar yang di dapat dari Shida merupakan kartu pelajar international. Trus kalo yang dari sekolah lain gimana dunkz???

Buat yang sekolah lain, jangan kecewa, kita bisa apply kartu internationalnya sendiri. Kayaknya di blog ini udah pernah dibahas deh soal bagaimana apply kartunya dan manfaat lain yang bisa diperoleh dari kartu tersebut. Mungkin di sini penulis cuman bisa nambahin aja tempat lain yang bisa digunakan untuk bikin nich kartu, tempatnya ada di Taiwan YHA Head Office di Taipei Main Station, East Gate 2 Lantai 3 Ruang 3037. Nanti di lantai satunya akan ditanyakan petugasnya mau kenama, trus abis itu kita harus meninggalkan salah satu kartu identitas kita dan ditukar dengan kartu kunjungan, nanti pas pulangnya jangan lupa ditukar kembali. Taiwan YHA Head Office tempat apaan nanti kita bahas lain waktu aja ya.

Kalau sudah punya nich kartunya, waktu beli tiketnya tinggal kasih liat aja kartunya ama petugas loket pembelian tiketnya. Dari pengalaman sich, ada petugas loket yang minta liat Passport kita, ada juga yang enggak perlu. Setelah itu pasti langsung dipotong 20% harganya. Satu kartu bisa beli untuk banyak tujuan yang berbeda sekaligus, tapi gak bisa nich kalo ada temen yang mau nitip dibeliin sama-sama untuk tujuan dan waktu yang sama dengan kita tapi gak punya tuh kartu. Jadi satu kartu untuk satu penumpang.

Baru beli tiket, belum berangkat dan ternyata baru tau ada diskonnya??? Gampang, tinggal ke loket pembelian tiketnya aja lagi, bilang kita mau tukar jadi tiket pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar internationalnya. Tanpa tanya panjang lebar pasti uang selisih diskon 20%-nya langsung dibalikin tunai dan tanpa ada biaya macam-macam pula 🙂

Info yang lainnya kita lanjutkan dipostingan yang berikutnya aja ya, hanya di study-in-taiwan.com 🙂

4 comments

  1. avatar

    bikinnya abis berapa duit? wakakaka..
    soalnye ada juga temen yang pas dikasih tau soal ini waktu taon lalu malah bilangnya, “jahh… bikin kartunye aja ude abis berapa.. jalan2 nye aje cuma sekali..”

    nah, coba tolong bikin itung2an untung rugi nya klo ada kartu ini.. wakakakaka..

    gw sendiri secara pribadi ude nolongin temen-temen juga dari kartu yang gw buat ini (kartu pelajar international) dan lumayan beberapa kali dapat potongan beli ini beli itu.. hasilnya krn sering kepake, lebih untung klo punya kartu ini.. anggap bikin kartu 350NT, trs tiap temen ultah kan kita beli kue tuh.. kue klo ga ada kartu ini belinya 700 misalnya, dengan tunjukin kartu ini, dapat potongan 100an, gitu..

    350 potong 100 masih rugi 250 donk.. lah… emang temennye cuma 1 yang ulang taon? wakakkak..

    tapi klo ada 100 orang bikin kartu ini, itungannye ude beda lagi.. kan yang beli kue tetep 100 kali.. nah loh.. makin bingung kan?

    kecuali suka jalan-jalan.. ini baru cocok dah.. buat kartu ini dapat diskon hotel dan lain lain.. tapi hotel apa yang diskon ya? ga tau juga.. wong nginepnya cari yg murmer, mana dpt lagi diskon dari kartu ini.. wakakakak… butuh masukan dari temen-teman lainnya kenapa kita buat kartu ini dan kenapa ngga buat..

    tapi klo naek THSR diskon 20% sih berasa banget.. cuan lah.. bikin cepetan.. hahahaha..

    • avatar

      l3nn1c

      |Author

      Kalau dari web-nya sich taunya keuntungan bikin kartunya :

      1. 24 小時全球免費緊急諮詢服務。
      2. 在台購買 STA 國際學生青年優惠機票。
      3. 國外船票、火車票、地鐵票、巴士票及租車優惠。
      4. 國內外博物館、主題公園、及歷史文化場所門票的優惠。
      5. 合法免費下載微軟 ( DreamSpark ) 專業級軟體,購買微軟的程式優惠折扣數最多 1 折起。
      6. 台灣多家旅館民宿訂房優惠。

      Kartu International Card ini sebenarnya bukan cuman bisa di pakai di Taiwan aja, tapi bisa dipake diseluruh dunia. Di Indonesia juga ada beberapa tempat yang bisa digunakan dan bisa dilihat di web-nya di: http://www.isic.org/student-discounts/discounts-worldwide.html#!/student-discounts/discounts-worldwide.html?locationGeoId=1643084&geoType=COUNTRY&locationName=Indonesia&dailyOffersOnly=false&detailGeoType=CITY

      Kalau dulu sich pertama kali bikin karena mau beli tiket pesawat, nanya ke agent tiket katanya kalau punya kartu ini ada tambahan diskon, dan waktu itu mau naek pesawat China Airlines, dan ternyata emang ada diskonnya lumayan juga sich, tapi lupa diskon pastinya berapa, tapi yang pasti waktu itu diitung-itung diskonnya lebih besar daripada biaya bikin kartunya. Ujung-ujungnya sebenarnya gak jadi pake nich kartu, pas nanya agent yang lain, katanya emang bakalan ada diskon untuk pembelian tiket PP kalau pake nich kartu, tapi bakalan lebih untung kalau tuh tiket PP open untuk jangka waktu yang panjang, misal setahun. Kalau cuman beli tiket PP untuk 5 hari ternyata lebih baik beli tiket jangan yang open, bisa lebih murah walaupun tanpa itu kartu, jadinya gak jadi pake deh tuh kartu. Maksudnya tiket PP open adalah tiket pergi pulang yang berangkat dan pulangnya dalam jangka waktu yang lama banget, misal berangkat nich september baliknya agustus tahun depan.

      Dari pengalaman pribadi, awal-awal sebenarnya gak begitu care ada discount apa aja karena awal bikinnya juga karena mau beli tiket pesawat, tapi pas akhir-akhir baru tau seperti bulan lalu travelling keliling Taiwan 13 hari pakai kereta api dan bus, lumayan juga tiket KA-nya di diskon 20%, kalau ditotal diskonnya hampir 250NT. Nah kalau dari awal dah tau mungkin bisa lebih untung lagi, karena dulu juga sering naek KA jalan2nya. Apalagi kalau tau dari pengalaman Philips soal beli kue dipotong 100NT. Masuk museum juga ada diskonnya, seperti National Palace Museum harga tiket masuk tanpa kartu 160NT dan kalau pake kartu jadi 80NT. Tempat wisata seperti Yehliu di Keelung, tanpa kartu 50NT, dengan kartu 25NT.

      Ujung-ujungnya sich jadi untung bikin nich kartu kalau emang seneng jalan-jalan 🙂

      • avatar

        l3nn1c

        |Author

        Kartu International Card ada 2 macam, ada yang kartu biasa dan ada kartu yang ada tambahan 學生悠遊卡 (xué sheng yōu yóu kǎ).
        Yang biasa biaya bikinnya 300NT dan yang ada tambahannya 350NT.
        Bisa juga dibuat di 台北市忠孝東路四段 142 號 5 樓 505 (Zhong Xiao East Road Sec.4 No.142 Floor 5, Taipei) dari jam 09.00~17.30 untuk hari senin sampai jumat dan jam 09.00~12.30 untuk hari sabtu.
        Yang perlu di bawa hanya fotokopi kartu pelajar yang masih berlaku depan belakang dan foto unkuran 3×4. Di sana tinggal isi formulir, bayar, dan langsung jadi deh kartunya 🙂

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook