Komputer

Kalo ke Taiwan ngga bawa komputer pasti ada kalanya butuh ngecek Internet buat cek email dan facebook-an. Di setiap sekolah di Taiwan ini komputer disediakan di perpustakaan. Asalkan ada kartu pelajar/paspor (untuk perpustakaan umum) bisa pakai fasilitas yang disediakan.

Cuma harus tau, kalau rata-rata komputer mereka pakai zhuyin (bopomofo Taiwan). So, kita harus tau gimana caranya pakai itu komputer supaya bisa muncul alphabet biar kita bisa pakai komputer dengan leluasa.

atau sebaliknya, kita harus tau gimana kalau komputer kita yg dibawa dari Indo bisa munculin tulisan mandarin karena kadang ada PR yang harus dikirim via email. kalo males pakai komputer sekolah bisa pakai komputer sendiri ketik-ketik. yang jadi masalah gimana caranya komputer kita bisa munculin tulisan cina (biasanya rata-rata org Indo pakai pinyin sih)

[Cara settingnya ada di sini]

atau kalau mau beli komputer, bisa ke ZhongXiao XinSheng. di situ pusat elektronik komputer yang murah-murah. tinggal pilih aja. [lengkapnya dibahas kemudian]

 

coba link ini deh. http://pinyin.sogou.com/ tapi ini simplified..

ini untuk Ms Office 2010 atau win7, download supaya bisa tampilin bahasa Taiwan http://www.microsoft.com/downloads/zh-tw/details.aspx?FamilyID=60984ecd-9575-411a-bd38-2294f17c4131&displaylang=zh-tw

sedang dicoba dulu link yg untuk win 7 nya, ntar diupdate perkembangannya.

2 comments

  1. avatar

    Kebetulan saya sudah mengadakan uji coba memunculkan Hanzi baik Windows Xp maupun Windows 7 (Seven), dapat melihat di bawah ini:

    hurufhan . wordpress . com

    ==
    Admin Note: sharing akan lebih baik jika dituliskan langsung di blog ini. kali ini masih diloloskan. untuk rekan lainnya sebaiknya tidak meniru menaruh link tanpa seijin pihak study-in-taiwan
    Kita welcome banget klo mau sharing soal belajar apa pun itu selama masih berkaitan dengan mandarin / Taiwan. Jangan mudah tersinggung kalau dikasih masukan positip.

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook