kenapa ada ikan sebagai hidangan di tahun baru imlek?

Ikan itu pasti ada kalau orang di rumahnya itu merayakan Imlek, khususnya di Taiwan n China. Kok ikan? karena bunyi ikan (yu) dalam mandarin sama bunyi nya untuk kata tertentu dalam kalimat 4 huruf "nian nian you yu" yang artinya rejeki ngga abis-abis selalu ada aja....

 

nah, kalau kalian diundang makan ke rumah orang dan ada ikannya, gimana cara makannya? karena ada aturannya. salah karena ngga ngerti itu wajar. tapi karena tujuan kalian adalah belajar ke taiwan, ada baiknya tau.

tahun kemarin sewaktu saya masih ngga tau apa-apa dan diajak makan, ada ikan di meja dan karena disuruh "ambil aja jangan malu2", ya saya ambil dong. karena gak suka tulang, saya cuma ambil bagian daging deket ekornya, dan egh.. ekornya copot!! ya uda lah ya, ambil aja sekalian, toh dimakan juga.. aahhahaha.. jadilah itu ikan uda ga punya ekor..

bukan cuma itu aja, tulang tengahnya juga saya bersihin dicabut pakai sumpit.. wahaha.. abis pikir mengganggu.. biar aja lah bantuin yg punya rumah wkwkwk..

sebetulnya ikan itu ngga boleh dihabisin, dan klo mau makan bagian bawahnya ngga boleh dibalik ikannya, ibarat rejeki rumah itu diterbalikin sampai habis, ude ga ada rejeki lagi deh itu rumah. wow.. sampe segitunya ya arti ikan di meja makan.. saya mah makan ya makan aje..

 

well, itu taon yg lalu lalu.. uda lama itu mah.. klo inget bisa ketawa sendiri.. nah kemarin, diundang makan lagi nih.. walau sama2 tau kalau ikan itu "nian nian you yu" kali ini lebih dahsyat lagi.. ikan dimeja makan itu dibungkus semua tanpa sisa, yap, tanpa sisa!!

dan sambil ketawa-ketawa yang punya rumah kasih itu ikan yang uda dibungkus ke saya sambil bilang, kita orang mo pergi keluar kota, ga ada yang makan ini ikan, km bawa pulang aja. karena sama-sama tau klo ikan itu sebetulnya bisa dibiarkan bbrp hari di rumah supaya sesuai artinya "rejeki ada teru..s" maka cengar cengir lah kita semua ketawa-tawa sambil saya bawa pulang itu ikan ke rumah, sekarang "rejeki" rumah itu orang ada di saya, tersimpan dikulkas buat ntar malem makan. wahhahaha..

so, klo kalian diundang makan ke rumah (di taiwan) sudah tau kan ikannya harus gimana cara makannya? bukan dibungkus dibawa pulang loh ya, wahahha.. tapi ngga boleh dibalik itu ikan dan ga boleh dihabisin ikannya (harus ada sisa), kecuali dalam kondisi tertentu si tuan rumah yang minta bla bla bla bla.. liat sikon aja deh..

 

HamYue01

bukan, bukan ikan teri ini yang saya maksud~~~ hahhaha..

 

snapper-1024x683

kira-kira begini (atas), klo yg bawah itu kekecilan kayanya...

cooked-fish500

 

lebih jelas mengenai ikan silahkan tanya guru disekolah masing masing dan minta dijelaskan. di sini hanya penjelasan untuk gampang diinget. ^^

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook