DIY apply sekolah bahasa di Taiwan

Yang ingin irit dan belajar urus sekolah bahasa di Taiwan sendiri , berikut tips yang harus diikuti .

Pertama pilih dulu mau sekolah dimana , di Utara , Selatan , Timur , atau Central Taiwan , kemudian pilih kota yang mau dituju , contoh memilih di Utara Taiwan ada Taipei , Taoyuan , Xinchuang , dll .
http://study-in-taiwan.com/forum/taiwan-group1/daftar-sekolah-bahasa-forum6/mandarin-language-center-di-taiwan-thread6.0/#postid-13

Kedua klik website Universitas yang mau dituju kemudian lihat persyaratan apa saja yang diperlukan , rata-rata tiap sekolah hampir sama beda di form application yang bisa diprint out dari website tiap sekolah . Secara umum dokumen yang diperlukan adalah :
1. Application form
2. Ijazah SMA / University , atau kartu pelajar Universitas bagi yang belum graduated
3. Financial statement dari bank di Indonesia 3 bulan terakhir boleh atas nama sendiri atau orang tua paling sedikit US$2.500
4. Foto kopi passport
Dokumen diatas harus dalam bahasa Inggris / Chinese.

Ketiga serahkan semua dokumen ke bagian pendaftaran sekolah bahasa masing-masing sekolah (Confirm dahulu tiap Universitas punya aturan berbeda ada yang bisa mengirim dokumen secara online atau harus secara fisik di website mereka)

Keempat Sekitar 2-4 minggu sekolah akan mengirimkan Admission letter untuk digunakan sewaktu apply visa sekolah di TETO(Kantor Dagang Taiwan).

11 comments

  1. avatar

    kalau ada sodara atau teman yang mau bantu kirim surat Admission letter dari sekolah yang nerima kamu ngirimin ke indo, akan lebih cepat sampai.

    dari sekolah kirim surat pakai layanan reguler sampe ke indo bisa 1-2 minggu, tapi klo ada temen yg mau bantuin bakal lebih cepet, paling 1-2 hari atau 3 hari uda sampe, bisa pake DHL kilat atau layanan sejenisnya.. ini dipakai klo kepepet pengen buru-buru bikin visa, lebih mahal di ongkos kirim dokumen tapi lebih cepat.

    sekolah ga mau lah pake DHL gitu, bisa bangkrut mereka.. hehe..

    surat-surat selama apply ke sekolah bisa pakai email-email an, scan aja semua dokumen yang diperluin. klo diterima bakal dapat Admission letter.

  2. avatar

    Lius Alexsander

    hi salam kenal, saya Lius mau minta advice nya nih untuk sekolah di mtc ntnu. Niat nya pengen nyoba apply online sendiri. Mau nanya untuk Chinese Name itu wajib ga sih? and untuk document yang diminta itu apakah harus legalisir teto terlebih dulu? ohh iya untuk upload document itu sebenernya mesti pake scan atau bisa pake foto aja yah? soalnya saya sudah email ke mtc ntnu tapi belum ada respon.

    thanks alot

    • avatar

      su2603

      |Author

      seingatku cukup cop dari sekolahan aja (note dalam bhs inggris or chinese) scan and email ke mereka fine fine aja
      Chinese name perlu utk urusan adm ….
      Kalao kamu bukan Chinese overseas (keturunan Chinese ) tak recommend Liu sbg family name kamu … kedengaran sama dengan nama mu “Lius” … kalau kamu Chinese Overseas mending tanya org tua deh asal ganti marga bisa digebuk!

  3. avatar

    candy3kadj

    Hi Kak LIus,
    sekedar info saja, sekolah bahasa tidak perlu legalisir TETO untuk dokumen yang dilampirkan, hanya saja nanti akan ada proses interview di TETO bersamaan dengan apply VISA,
    dan chinese name tidak wajib, jika ada silahkan di isi, jika tidak ada maka dilewati saja,
    semoga membantu 🙂

  4. avatar

    nama mandarin ga wajib kalau ga punya gpp. ^^
    kursus bahasa ga perlu legalisir teto. uda bbrp kampus ga perlu lagi legalisir teto bahkan untuk masuk s1 s2 s3
    scan lebih formal.
    emang mereka balas email lama soalnya kan muridnya banyak.

  5. avatar

    ria juwita

    hai semua, nama saya ria.
    saya sebenarnya sudah lama lulus kuliah s1 dan sudah lama bekerja juga, tapi saya ada niat untuk belajar bahasa lagi apakah kalau umur saya sudah 29 tahun masih memungkinkan untuk mengikuti program beasiswa belajar bahasa di taiwan? jika bisa bolehkah saya minta info atau link lebih lanjut,.. mohon bantuan dan informasinya dari teman teman semua..

    thanks before

    • avatar

      su2603

      |Author

      Hi
      sayang amat kenapa gak lsg apply s2 scholarship , tiap bln biasa dikasih uang saku lebih dr cukup utk daily cost / school fee , sisa waktu masih bisa buat ambil language school
      setauku sdh gak ada scholarship utk language school
      btw utk Indonesian ,<30 yoa bisa apply working holiday visa to OZ mgkn minat soalnya lewat itu sdh gak bisa … 🙂

  6. avatar

    ria juwita

    makasih kak infonya, boleh tau kalau untuk language school biasanya biaya per semester berapa yah kak? apply periodenya kapan?
    lalu untuk apply working holiday visa itu bagaimana? dan apakah itu bisa digunakan untuk language school disana?
    mohon bantuan informasinya yah kak.
    iya karena dulu keterbatasan biaya dan niat untuk melanjutkan s2

    thanks

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook