Daftar 海青班 (Overseas Youth Technical Training)

hii.. it's been a very long time since my last post hehe

post kali ini, aku mau berbagi pengalaman daftar 海青班.  Nama lain 海青班 itu Overseas Youth Technical Training.  Sekolah diploma 2 tahun khusus untuk orang keturunan di seluruh penjuru (kecuali orang Taiwan) biasanya sih kebanyakan dari malaysia, indonesia.  海青班 ini sekolah penjurusan. isinya 70% praktek, 30%teori.

universitas nya juga macam2 tergantung penjurusannya. ada bakery, make-up, chinese cuisine, IT , pertanian, dll. lebih lengkapnya bisa baca di http://www.ocac.gov.tw/english/public/public.asp?selno=902&no=902&level=B

mereka buka pendaftaran biasanya di tengah2 tahun. antara juli-agustus. bukanya pun cepet.hanya 1 bulan.jadi harus cari2 info kapan buka.nah pendaftarannya ini harus perwilayah. misalnya kalian tinggal di jakarta, daftarnya harus ke perwakilan di jakarta.tinggal di bandung, daftar di perwakilan bandung. para pengurusnya bisa diliat di http://icati.org/pengurus.asp

ntar mreka kasih2 syaratnya apa aja. ngga ribet sih.ngga butuh rekening koran . syarat utamanya sih harus bisa bahasa mandarin.karena smua pelajaran dan bukunya pake mandarin smua T.T hahaa.trus  mreka minta ijasah,raport yang udah ditranslate dan udah di cap Teto,dll.kalo belum, biasanya mreka bantuin (tapi biayanya ya kita yg bayar), trus foto, trus karna ini sekolah untuk orang2 keturunan, mreka biasanya minta biodata yang jelas.misalnya kita termasuk suku yang mana. o ya, butuh medical check up juga ya. rumah sakit nya harus rumah sakit yang udah ditunjuk TETO.pas itu di semarang kisaran 500rb .berikut formulirnya hehe

saaliirfjudedqrdesad42fd

biasanya formulirnya udah jadi 1 boklet sama daftar2 univ beserta jurusannya. trus kita biasanya dsuruh milih 4 jurusan.buat jaga2  juga.

udah slesai daftar, tunggu pengumumannya. ntar ada 2 surat yg dikirim. 1 surat penerimaan pakai bahasa inggris beserta buku panduan,dll ke rumah kita, satu surat lagi dkirim ke perwakilan yang tempat kita daftar tadi.nah surat yang dia terima ini, salah satu syarat buat mengajukan visa resident ke teto.kalo pas aku sih , surat dateng bulan desember. begitu surat dateng langsung ngajuin visa ke teto. pas itu juga dibantu juga.tapi biasa visa ya ditanggung kita hehe..

btw, mulai sekolahnya awal tahun.kalo yg skarang sih awal bulan maret hhehe..

yakk sekian info nya.. kalo ada yg kurang jelas.boleh tanya 😛

 

Join the Forum discussion on this post

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook