Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan

Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan

Sumber: currarpickt.wordpress.com/2012/08/04/cara-membuat-visa-pelajar-ke-taiwan/?study-in-taiwan.com

Pengalaman Mita dalam membuat Visa Pelajar ke Taiwan di Kantor Perwakilan Dagang Taiwan TETO diposting di blog ini setelah mendapatkan ijin dari yang bersangkutan. Profile Mita bisa dilihat di sini. Pengalaman ini termasuk yang terupdate dari postingan yang pernah ada di blog study-in-taiwan mengenai apply visa student (visa pelajar) sendiri tanpa menggunakan biro jasa atau agen.

Berikut adalah pengalaman Mita dalam Membuat Visa Pelajar ke Taiwan di TETO :

 

Hola!

Lama tidak berjumpa dengan saya :D Kali ini saya akan berbagi cara membuat visa pelajar ke Taiwan. Pengurusan visa dimulai dengan mengisi aplikasi permohonan visa secara online kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan dokumen dan akhirnya datang ke TETO untuk menyerahkan dokumen. Langkah-langkah pembuatan visa pelajar ke Taiwan ialah sebagai berikut:

Mengisi aplikasi permohonan visa secara online di https://visawebapp.boca.gov.tw/. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian aplikasi permohonan tersebut adalah:

  1. Sebelum mengisi bacalah terlebih dahulu Q&A yang dapat dibuka melalui link yang terdapat pada halaman aplikasi online.
  2. Pilih Category Resident Visa dengan Single Entry.
  3. Alamat dan telepon di Taiwan, bila belum ada kepastian tempat tinggal di Taiwan, dapat diisi dengan alamat dan telepon universitas tujuan.
  4. Perkiraan tanggal kedatangan dapat diisi dengan tanggal kedatangan di Taiwan; dan perkiraan tanggal keberangkatan dapat diisi dengan perkiraan tanggal keberangkatan dari Taiwan pada saat lulus nanti.
  5. Pada bagian data kenalan di Taiwan, isilah dengan data teman atau kerabat yang ada di Taiwan. Bila tidak ada, tanyakanlah pada rekan-rekan senior di universitas tujuan, biasanya mereka akan membantu memberikan data-datanya. :P
  6. Setelah yakin telah mengisi semuanya dengan benar, Submit, lalu formulir visa dapat di-download (format file PDF), dan harus di-print dengan printer laser jet.

 

Menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat permohonan visa pelajar. Dokumen-dokumen dan syarat lainnya yang diperlukan adalah:

  1. Formulir Permohonan Visa yang telah di-print dan ditandatangani.
  2. Pas Foto 6 bulan terakhir, berwarna dengan background putih, ukuran 4×6 cm, sebanyak 2 lembar (1 lembar ditempel di Formulir Permohonan Visa).
  3. Paspor yang masa berlakunya minimal masih 12 bulan. Cara pembuatan paspor dapat dilihat di sini.
  4. Surat Penerimaan (Letter of Acceptance) Asli dari universitas tujuan, beserta foto kopinya.
  5. Ijazah Terakhir Asli
  6. Ijazah Terakhir Versi Bahasa Inggris Asli
  7. Foto kopi Ijazah Terakhir Versi Bahasa Inggris yang sudah dilegalisir TETO (Taipei Economic and Trade Office), beserta foto kopinya. Tata cara legalisir TETO dapat disimak disini.
  8. Transkrip Nilai Versi Bahasa Inggris Asli
  9. Foto kopi Transkrip Nilai Versi Bahasa Inggris yang sudah dilegalisir TETO, beserta foto kopinya.
  10. Laporan Medical Check-Up Asli dari rumah sakit atau klinik yang ditentukan TETO, beserta foto kopinya. Daftar rumah sakit yang terdaftar di TETO dapat dilihat disini. Laporan Medical Check-Up Asli ini juga harus sudah dilegalisir TETO.
  11. Foto kopi Kartu Keluarga
  12. Biaya Resident Visa adalah Rp. 607.000, -
  13. Khusus untuk yang tidak mendapat beasiswa penuh, mungkin diperlukan juga foto kopi buku tabungan yang masih berlaku; halaman identitas dan cetak 3 bulan terakhir, dengan jumlah saldo tertentu. Untuk kepastiannya silakan tanyakan langsung ke TETO (Telepon: +62-21-5151111; Email: visaserv@teto.or.id atau info@teto.or.id).

Datang ke Taipei Economic and Trade Office (TETO), yang beralamat di Gedung Artha Graha Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, SCBD, Jakarta Selatan (seberang Pacific Place). Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika datang ke TETO untuk pengurusan visa:

  1. Siapkan KTP atau SIM untuk ditukarkan dengan kartu “Visitor” di lobby Gedung Artha Graha.
  2. Lantai 12 dapat dicapai dengan menggunakan Lift No. 7. Ketika sampai di TETO, mintalah nomor antrian untuk visa pelajar kepada petugas di pintu masuk.
  3. Pengajuan permohonan visa dan pemasukkan dokumen harus dilakukan pada jam 8:30 sampai 11:00.
  4. Pengambilan visa dan dokumen harus dilakukan pada jam 13:30 sampai 15:30.
  5. Visa selesai dalam 3 hari kerja. Saat mengajukan permohonan, pertugas visa akan memberikan kartu untuk pengambilan visa, dan memberi tahu kapan visa dapat diambil.

Sekian informasi pembuatan visa dari Mita.

再見!

Lihat juga Daftar rumah sakit yang terdaftar di TETO yang sudah diurutkan berdasarkan lokasi. (Untuk belajar bahasa/sekolah bahasa tidak diperlukan medikal check up di Indonesia, karena medical check up nya nanti di Taiwan dan baru dipakai pada saat apply ARC dan itu harus tunggu setelah 4 bulan belajar bahasa di Taiwan, dengan catatan belajar bahasanya akan lebih dari 6 bulan)

7 thoughts on “Cara Membuat Visa Pelajar ke Taiwan

  1. mau tanya..gua rencana pindah skul untuk lanjutin belajar bahasa,cuma pengen 3 bulan doank..nah di skul yang lama udah sering banget bolos,jd arc pasti ketolak kan..gua rencana urus dihongkong untuk buat visitor visa belajar..apa bisa ngajuin tetapi pindah sekolah gitu?dokumen apa aja yang mesti disiapin?dan untuk ijasah dan transkrip nilai apa mesti translate n dilegalisir?kalau ya, translate n legalisirnya dimana kalau di taiwan??mohon bantuannya ya..thanks before

  2. gua pengen pindah ke shida,tdinya udh gk niat skul,tp dipikir2 coba lagi 3bulan nambah lagi..langkah2 apa yang harus gua lakukan sesuai pertanyaan diatas?mohon bamtyannya y..thanks

  3. “Untuk belajar bahasa/sekolah bahasa tidak diperlukan medikal check up di Indonesia, karena medical check up nya nanti di Taiwan dan baru dipakai pada saat apply ARC dan itu harus tunggu setelah 4 bulan belajar bahasa di Taiwan, dengan catatan belajar bahasanya akan lebih dari 6 bulan”

    Aku mau kuliah sastra Inggris, itu dianggap sekolah bahasa juga ga? Atau dianggap belajar biasa jadi medical check up-nya tetep di Indonesia?

    Buat yang dapat beasiswa full, berarti ga usah nyertain fotokopi buku tabungan ya? BTW apa bikin visa pelajar perlu punya asuransi juga?

    Tq

  4. dapat beasiswa kuliah sastra inggris di mana?
    kuliah ngga sama dengan sekolah bahasa
    jadi: kuliah = butuh medical check up (di Indo)

    klo soal beasiswa harus yang pernah dapat beasiswa yang jawab. secara teori tetep harus sertakan buku tabungan.

    asuransi di Taiwan? nanti harus punya. walau ada orang yang ngga buat tetep bisa, tapi jangan ditiru.

  5. Address: Gedung Artha Graha, Lt. 17
    Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta 12190, Indonesia

    dan

    Gedung Artha Graha Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, SCBD, Jakarta Selatan

    Alamat mana untuk apply Study visa? aku binggung kok satu lantai 12 n satu lagi lantai 17

Add Comment Register



Leave a Reply