Bopiliao Historic Block (剝皮寮歷史街區)

Nah, abis dari XiangShan aku pergi ke Bopiliao Historic Block dideket Longshan Temple.

Dulu itu katanya kaya semacam sekolah privat buat orang2 Taiwan gitu, pas jaman penjajahan Jepang. Tapi Mandarinku masi payah ya jadi taunya cuma patah2 gitu. Di Taiwan sebenernya ada beberapa yang macem gini, tp aku lupa dimana aja xD. Museumnya gede sih, terus informasinya lengkap. Mulai dari buku2 yang dipake mereka dulu, kartu ujian, meja kursi, material bangunan, semuanya dijelasin.

Nah, pas keluar museum ada jalanan tua dan taman.. Bagus buat foto2. Muehehehe...

2014-10-18 08.31.51 10685411_4539716027780_5078852712019763554_n 2014-10-18 15.31.16

10644492_4540099597369_8886124873547005262_n

 

Dijalanan ini banyak muralnya. \^^/

10649993_4540086997054_1189262653998345677_n

 

Kalo mural yang ini bacanya Fu2 Lu4 Shou4. (福祿壽)  Itu kaya semacam nama "Dewa Bintang" ^^.... Aku kasi gambarnya aja deh. Artinya "kebahagiaan, kemakmuran, dan umur panjang."

Aku pernah baca bukunya ternyata!!

download

Yang kiri itu (福)  dulunya gubernur. Jadi dulu ada kaisar yang suka ngumpulin orang kerdil ke istana buat dijadiin hiburan. Tapi orang kerdil itu gaboleh pulang. Gubernur inilah yang bujuk kaisar supaya orang kerdil itu bisa ketemu keluarganya lagi. Sejak saat itu, dia dianggap jadi pembawa kebahagiaan.

Yang tengah (祿) aku gatau ceritanya. Tapi dia seorang pelajar gitu..

Yang terakhir (祿). Aku inget pernah baca komiknya. Kalo gasalah gini...

Jadi ada seorang cewe. Dia mimpi liat bintang umur panjang, jadi dinamailah anaknya ini Shou Xing. Tapi dia gamau lahir2 sampe sepuluh tahun. Dan hebatnya, dia bisa ngomong sama orang tuanya dari dalem perut mamanya. Dia bilang dia gaakan mau keluar sebelom patung singa batu di klenteng udah meneteskan air mata darah.

Nah, ada tetangga mereka yang iseng. Dicatlah mata patung singa itu pake warna merah. Bapaknya si Shou Xing ini liat. Terus dia bilang..

"Nak! Ayo keluar. Singanya udah nangis darah.."

"Tapi harusnya belum, Pa..."

"Aduh kamu ngeyel banget...blablabla.."

Akhirnya karena gamau melawan perintah ortu, dia keluar juga... Tapi wujudnya jadi kakek2 berjidat jenong begitu (karena belum waktunya udah dipaksa lahir).... Pertamanya, orangtuanya gasuka sama dia karena rupanya itu. Tapi lama2, mereka bangga karena dia pinter dan berbakti banget!

 

Sekian ceritanya! Maaf kalo ada yang salah harap bantu di revisi! ^^

 

 

 

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook