Bikin Paspor lagi di KDEI tempat pembuatan dokumen Indonesia di Taipei Taiwan

KDEI itu kamar dagang ekonimo (egh salah ketik, ekomoni... sori salah lagi.. uda malem.. yang bener ekonomi..) INdonesia. Berhubung besok hari kemerdekaan, MERDEKA!!! yang ke 70. entah mereka buka apa ngga selain mengadakan upacara jam 9 pagi. Keren kali ya klo di paspor tanggal nya 17 Agustus 2015 sebagai tanggal pembuatan passport. kan klo di indo itu hari linur... (libur.. salah ketik lagi.. sengaha ga di delete.. tancep terus ketiknya sblm tidur..)

Hari ini Minggu, 16 Agustus 2015 dari pukul 11.00 – 16.00 mereka BUKA!!!

mereka maksudnya itu Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia, Lantai 2 nya doank..

ini alamat mandarinnya, copas aja masukin google maps klo ga tau alamatnya 台北市內湖區瑞光路550號2樓(倫飛大樓) ini huruf mandarin setelah angka 550 masih ikut dalam pencarian di google maps. tulisan selebihnya yang dibelakang diabaikan aja biar google nya gak bingung. klo ngga ngerti juga nih, ini aja yg dicopas: 台北市內湖區瑞光路550號

klo alamat indo nya (format Inggris begini) No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei City

MRT paling deket itu jalur coklat namanya mirip MRT yang mau ke Shilin night market yang di jalur merah. Yup, stop di MRT Jian NAN (coklat garis MRT nya klo di map MRT). bukan Jian TAN (merah garis MRT nya klo di map MRT).

Bagi para tenaga kerja Indonesia yang ingin memanfaatkan layanan “KDEI Sunday Service”, diharapkan sudah memenuhi persyaratan, ketentuan, dan mekanisme pembayaran yang berlaku (khusus untuk imigrasi dan konsuler). karena postingannya telat, dianggap sambil lalu aja biar tau nanti2 kalo mereka minggu kadang buka. masalahnya bank nya ga buka, percuma atuh? entah deh... kan harus bayar dulu baru diladenin.. mo transfer ke mana klo bank ga buka? apa bisa transfer antar atm? pake struk atm kasih ke mereka? nah loch? coba bisa ditingkatkan ke sana semua jadi mudah. ckckck.. buat apa ada atm coba. Masukan nih buat yang di ATAS!!!

 

Layanan yang ada di hari Minggu ini: IMIGRASI (karena ini buat student jadi yang ga perlu saya apus, mo liat lengkap ke situs KDEI aja langsung ya.. itu ada pop up yang menyebalkan (ga ada yg kasih masukan apa ke bagian IT?) dan klo di HP ga bisa lgs di close harus tungga lama bener sebelum nutup sendiri dan itu cacat karena ga semua orang punya komputer dan bisa buka di komputer. mba-mba dan mas-mas di sini lebih byk pake hp, okeh!)

Layanan keimigrasian meliputi permohonan dan penggantian SPRI/paspor.

Mekanisme keseluruhan untuk permohonan paspor terdiri atas pengajuan berkas, foto biometrik, dan pengambilan paspor. Masing-masing tahapan tersebut dilaksanakan setelah tahap sebelumnya selesai dilakukan.

  1. Mengisi formulir permohonan (Perdim 14).
  2. Paspor asli yang masih berlaku beserta 1 (satu) lembar fotocopy.
  3. Alien Resident Certificate (ARC) yang masih berlaku dan 1 (satu) lembar fotocopy.

Sebelum hari Minggu, sudah dilakukan pembayaran biaya keimigrasian ke Bank Changhwa (CHB) di seluruh wilayah Taiwan, dan bukti pembayaran dibawa saat layanan KDEI Sunday Service. (yup ini fatal karena ga bisa transfer antar ATM, layanan 1/2 berhasil)

CHB logo04

(PENTING : Semua permohonan paspor, baik 48 maupun 24 halaman (TKI), wajib pula menyertakan pembayaran foto biometrik dan sidik jari. Dalam kuitansi terpisah).

 

KONSULER (LEGALISASI DOKUMEN)

Membawa dokumen asli untuk diverifikasi keaslian dengan dokumen fotocopy.

Layanan legalisasi dokumen ijazah dan surat kematian tidak dipungut biaya.

 

CARA PENGISIAN KUITANSI

Layanan Keimigrasian harus bayar ke Bank yang ditunjuk yaitu Bank Changhwa (CHB) sebesar:

  • Permohonan paspor 48 halaman, NT$ 1.000, kode: “1” di bagian Passport

passport1439661961760

  • Foto biometrik dan sidik jari, NT$ 200, kode: “19” di bagian Others

biometrik1439661816262

Bank Changhwa (CHB) itu deket sama kantor KDEI tapi posisinya klo ga tau tanya orang di mana McDonald, klo mereka bisa nunjukin McD, km bakal liat itu BANK kuning-kuning deket mcd situ. setiap 1 slip banknya bakalan kena biaya charge 10NT, 2 slip ya total 20nt.

mcd itu yg jualan berger klo ga tau. (baca: burger)

Note: uda baca sampe abis? Bagus, soalnya saya ada salah tulis mrt station nya harusnya setelah JianNAN baru turun. Wahahaha.. ntar maleman saya update

sudah di update di sini aja ya liatnya http://study-in-taiwan.com/video-lokasi-kdei-dan-bank-chang-hwa

3 comments

  1. avatar

    Erlyn Tamara

    Malam.. Saya adalah murid universitas di Kaohsiung. Passport saya berlaku sampai bulan 5 tahun 2017. Saya ingin perpanjang passport tetapi saya juga ingin mengganti visa menjadi resident. Tetapi, takutnya nnt bln Januari wkt balek ke Indonesia enggk sempat siap soalny saya cuma 1 bulan di Indo, jd saya rencana ingin perpanjang passport di Taiwan dlu, supaya nnt di Indo tinggal ganti visa ke resident. Jadi, saya ingin bertanya, kira2 berapa lama perpanjang passport di Taiwan? Soalnya ini lg urgent hehe 🙂 Thanks

  2. avatar

    Erlyn Tamara

    Halo, Saya murid universitas di Kaohsiung. Nanti bulan Januari saya balik Indo 1 bulan dan berencana perpanjang passport dan buat visa resident, tapi, saya takut nnt di Indo gak sempat perpanjang passport dan buat visa. Jadi, saya ingin perpanjang passport di Taiwan. Saya mau nanya, kalau buat passport berapa lama baru siap ya? hehe soalnya waktu lagi mepet banget. Passport saya Juni 2017 expired. Thanks

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook