Beberapa Hal Kecil Yang Harus Dilakukan Saat Berada di Luar Negeri

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, sama seperti kita pergi ke rumah orang lain, ada hal-hal yang menjadi kebiasaan kita yang mungkin terbawa, kalau kebiasaan tersebut bagus tidak mengapa, tapi bagaimana bila kebiasaan yang kita bawa itu merupakan hal yang tidak wajar?? (seperti mengupil sembarangan, meninggalkan sampah disana-sini, dll)

Berikut beberapa hal yang sering saya temui pada turis Asia di luar negeri, semoga tidak terjadi pada turis dari negara tercinta saya sendiri :)

1. Saat keluar masuk ke sebuah tempat baik itu hotel, toilet, lift maupun alat transportasi, mohon dahulukan orang2 yang akan keluar, dan apabila kita melewati pintu silakan ditengok kebelakang apakah masih ada orang yang akan masuk, tahan pintu untuk orang dibelakang kita.

2. Jangan lupa kata excuse me, please, thank you dan sorry. Please bisa digunakan saat mengorder sesuatu, kata thanks saat menerima sesuatu (makanan, kembalian, ketika pintu lift/toilet ditahan org didepan kita, etc).

3. Ketika mau antri, jangan malu bertanya, apakah antrian tersebut untuk sesuatu yang anda inginkan (misalnya antrian beli tiket, taksi atau masuk wahana) dan mohon tanya ke orang2 yang sedang antri, siapakah orang terakhir sehingga anda bisa antri dibelakangnya, jangan asal antri.

4. Kumpulkan dan bersihkan sampah dan sisa-sisa bekas makan kita sendiri apabila kita makan di tempat2 makan seperti McD, starbuck dan buang ditempat sampah yang mereka sediakan sehingga meja bisa digunakan oleh orang lain atau bawa ke counter piring/mug bekas pakai sebelum meninggalkan tempat makan

Semoga bermanfaat dan bisa menjaga nama baik pelancong Indonesia!

photo source: google.com

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook