Buka Rekening di Taiwan

kalau mau dapat ARC dan mau belajar lama di Taiwan, kita harus punya rekening. Rekeningnya harus rekening Taiwan, kaga bisa rekening Perancis maupun Indo. dulu teman saya yang Perancis ngotot klo di HSBC nya banyak duit.. pemerintah TW ga mo ngerti, pokoknya harus buat rekening TW klo mo sekolah di sini..

alhasil murid tersebut berhasil membuat semua rekan-rekan penerima beasiswa dari Perancis cemas kebat-kebit karena duit Beasiswa mereka ga turun dikarenakan 1 orang ini keganjal sama regulasi pemerintah taiwan dan pemerintah Perancisnya ngambek. wkwk..

btw, klo dari indo uda daftar untuk kuliah, ARC pasti lgs dapat kok. so ini fokusnya buat yang belajar bahasa Mandarin di Taiwan.

bikin rekening gampang, tinggal ke bank, bawa paspor sama nomer registrasi yang bisa didapat dari kantor imigrasi taiwan. dah gitu doank..

masalahnya, klo u belom 20 taon, hehe.. berasa deh loe.. dulu teman saya yang namanya Simon sampai batal kuliah di sini karena tidak diinfokan apapun sama "konsultan" nya.. Simon ini belom 17 taon, dan dia ga tau kalau di kantor pos boleh buka rekening walaupun belom genap 20 taon..

karena masih muda dan kurang pengalaman, akhirnya dia memutuskan untuk balik Indo. sedangkan ada rekan lainnya yang datang kemudian hari, memilih untuk buka rekening di kantor pos taiwan. dan sekarang sedang daftar kuliah di Shida.

rekan-rekan yang baru masuk sekarang ini, ternyata dapat sedikit lebih, karena "konsultan"nya sudah tau sekarang klo belom genap 20 taon bisa buka rekening di kantor pos. so, mereka dibawalah ke kantor pos untuk buat rekening, sementara yang lalu-lalu pada pasrah dibiarkan "mandiri".

yang penting sih nomer registrasi nya itu, kalian bisa dapat klo ke imigrasi yang letaknya dekat dengan MRT XiaoNanMen. itu jalur hijau muda kalao liat peta nya.. ntar di sana ada tulisan exit berapa yang menuju kantor imigrasi. tanya-tanya orang dulu aja.. saya belom sempet foto2in.. mereka tau kok.. sebut aja mandarinnya "yiminsu" klo mo tanya orang. tapi peta MRT di pintu exit ada tulisan Inggrisnya jadi ga bakal salah deh..

nanti masuk ke kantor imigrasi langsung keliatan meja informasi, nah disana itulah kamu minta no registrasi kamu, bilang aja mo buka rekening bank. (open bank account, bilang bahasa inggris mereka ngerti kok)

nah klo misal lupa no registrasi, misalnya nih, no nya uda diambil sama bank nya pas bikin rekening, sedangkan km ga dibilangin klo no nya harus km ingetin.. gampang, ke kantor imigrasi yang sama dengan meja informasi yang sama, bilang perlu nomer registrasi sambil tunjukin paspor. ntar langsung dapat gak sampai 1 menit. mereka kerjanya cepat kok.

selamat membuka rekening.. jangan lupa di like dan logo googlenya di pencet juga hehe.. thansk..

 

13 comments

  1. avatar

    philips

    |Author

    pakai rekening bank di indo dulu utk ngurus visa

    nah, rekening di bank taiwan nya itu nanti buat ubah visa dari visitor ke resident

    soalnya belajar bahasa nanti pertama kali dapat visa visitor 60 hari, di taiwan ntar ubah jadi visa resident

  2. avatar

    meelii

    iya tadi uda keskh bole pake rek indo..

    philips says: “soalnya belajar bahasa nanti pertama kali dapat visa visitor 60 hari, di taiwan ntar ubah jadi visa resident”

    mksdnya gmn ya? bukannya klo dftr skh->byr -> surat sekolah ->imigrasi, lngsng dpt visa student ya??

    mank mash dpt visa visitor lagi? trs abis 60 hari ( 2 buln) balik indo lagi gnti visa??
    hiks3

    ini aja msh visa visitor. trs mau plng indo ganti visa..trs ntr plng lagi ya? kpn dnk dpt visa student nya?

    thx ya bro

  3. avatar

    philips

    |Author

    lho? km uda di taiwan nih?

    klo mo coba cara kamu sih bisa aja, siapa tau berhasil, soalnya kasus km belom ada yg cobain.

    klo uda di taiwan tinggal daerah mana? klo shida bisa ketemuan, n bisa dikasih tau beda nya visa di paspor km sm yg kita dapat

  4. avatar

    meelii

    Iya, Mgu Kmrn ampe Taiwan, tinggal di Tao yuan

    Tp hari Ini Baru ke Taipei, sndirian cr2 jln tnya2, seru sech

    Msh ga ngerti, yg ke hk gnti visa itu, tp klo dpt nya cm visitor lg
    Mending plng indo ya, biar student jd ga bolak balk lg

    Bole, jmt mau ke Taipei lg dftr skh, td ga bawa surt2 nya

  5. avatar

    meelii

    uda baca semua tapi msh byk pertanyaan,,hihihi..msh ga ngerti

    msh mikir sech baik nya gmn ya ganti visa nya.

    klo perpanjang pasport pasti bisa kan ya di taiwan ( pasport expired sep 2013)?

  6. avatar

    Choco Liquid

    xue zhang sekalian, numpang tanya, kl di MTC (NTNU) ada bank China trust atau Bank of Taiwan ga yah? sorry br mendarat soalna,jd masi buta jln.. hehehe.. 🙂

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook