Kartu Asuransi

perlu ngga sih kartu asuransi?

hm.. kalau mau aman sih gpp buat aja, tapi banyak anak-anak Vietnam di sini yang ude bertaon-taon di Taiwan ga buat Asuransi sama sekali. alhasil klo sakit mereka ngga berani ke RS karena mahal, cuma pertolongan teman-teman aja ramai-ramai bantuin si sakit sampe sembuh, biasanya bisa 2-3 hari klo sakit ga masuk sekolah..

 

so, klo ada uang lebih kira-kira per bulan 700an ya relakan saja buat kartu asuransi. tapi klo ga mau juga gpp. buat yang mau aja nih dikasih tau caranya: (btw, klo kalian ambilnya kuliah, bukan sekolah bahasa, biasanya kampusnya atau sekolah tempat kalian ambil SMP/SMU di Taiwan uda bantuin buat asuransi. Shida juga bantuin siswa pelajar bahasa Mandarin untuk buat kartu asuransi. berhubung NTUE ga bantuin gitu jadi cari tau sendiri deh caranya. dan hari ini baru jadi kartu asurasi saya.. hehe..)

pertama kita ke lokasi (gambar menyusul) di daerah Daan Park, di situ ada jembatan besar satu-satunya untuk pejalan kaki menyeberang jalan. (ini saya lagi ngomongin posisi Daan Park yang deket sama Gereja dan Pom bensin. masih satu jalanan lurus sama Shida MTC dan Wenhua yang buat belajar Mandarin). di situ ada bangunan besar yang namanya (lupa.. huehehe..) nanti diupload fotonya.. posisi bangunan nya ada di per4 an kok, jadi ga mungkin nyasar.. gede begitu keliatan.. klo ga keliatan coba naek ke jembatannya trus perhatiin di perempatan tiap sudutnya ada bangunan apa? klo restoran, berarti bukan itu, klo taman, berarti bukan itu juga, klo pom bensin berarti bukan itu juga.. sisa 1 sisi, nah ya iya yang sisi terakhir itu lokasinya..

 

naik ke lantai.. (lupa..) terus isi form di sana kasih liat paspor dan ARC.. loh.. pakai ARC toh... huahaha.. iya.. klo belom ada ARC pulang sana, ngapain ke kantor itu?

syaratnya harus punya ARC, dan 4 bulan setelah menerima ARC pertama baru bisa ajuin kartu asuransi. dalam masa 4 bulan itu, ngga boleh pulang atau keluar dari Taiwan. klo terbang ke luar musti itung 4 bulan dari tanggal balik ke Taiwan lagi. hehe..

nah, klo uda lengkap smuanya di sana, pulang lah.. karena kartunya bukan dibuat di sana, input data memang di sana. tapi cetak kartu beda tempat lagi..

di sini cuma registasi, cetak kartu beda tempat, bayar asuransi juga beda tempat.. kalau teman-teman saya di NTUST itu semuanya punya asuransi dibantuin sama sekolah buatnya,  dan tinggal terima beres. mereka semua S2 semua. dan bayarnya per 6 bulan.. oh iya, kita juga bayarnya dihitung sejak pertama dapat ARC, jadi maksudnya.. kita kan daftar 4 bulan setelah terima ARC, yang kita bayar dihitung sejak ARC jadi, so, tetep bayar 4 bulan yang lalu itu huehehe.. pinter ya pemerintah taiwannya.. inilah sebabnya kenapa anak-anak vietnam pada ga buat kartu asuransi.. mereka uda bertaon-taon di sini.. dan pas mo buat kartu asuransi, tagihannya dihitung berdasarkan waktu pertama kali mereka dapat ARC.. jumlahnya yang harus dibayar guuedddeeeeee banget..  makanya anak-anak vietnam pada nyerah n ga mo bayar n ujung-ujungnya ga bikin asuransi..

 

demi rekan-rekan tercinta, huahahaha.. merinding dah.. saya buat nih kartu asuransi biar bisa bantu semua rekan yang membutuhkan buat kartu asuransi.. tapi ini gak wajib. jadi klo badannya sehat gak perna sakit, ga perlu buat ini kartu..

tapi klo kamu suka sama suster atau dokter cantik di rumah sakit, kamu harus buat kartu ini biar tiap kali kunjungan ke RS cm bayar 150NT aja.. gak sampe 1000an lebih bayarnya.. so, km bisa tiap hari kunjungin suster cantik di RS yang ada di Taiwan...

mengenai lokasi dan foto-foto lainnya ntar nyusul.. di like dulu donk.. dan itu liat ada simbol G gitu ngga? itu juga donk bantu di klik dan pas muncul tombol share nya di klik .. thanks..

okeh, ini pas Maret akhir 2012 update foto dulu..

Daan District Administration Center Taipei CIty

Daan District Administration Center Taipei CIty

abis dari sini, (sebentaran kok) lanjut ke tempat berikutnya mau bikin kartu nya. jadi di tempat pertama ini cuma buat registrasi, kartu dibuat di tempat lain..

Kantor Polisi

Kantor Polisi

nah, tempat ini kantor polisi, bukan di sini buat kartu asuransi, oke.. kalau kamu posisinya sekarang ini sedang menghadap ke arah kantor polisi ini, maka kamu berada di tempat yang benar, karena letak tempat yang harus kamu tuju ada di belakang kepala kamu.. lihat poto berikutnya, okeh.. hehe..

Tempat buat kartu IC asuransi

Tempat buat kartu IC asuransi

Yup, inilah tempat kamu harus buat kartu IC asuransi kamu, nama tempat nya adalah.. liat gambar berikut, lagi males mode on, jadi ngga diketik nama tempatnya.. :p

中央健康保險局

中央健康保險局

nah, masuk gedungnya, lantai 5, pakai lift aja, terus langsung di lantai 5 nya ambil nomer. setelah isi-isi form (klo uda dipanggil nomernya) ntar tunggu lagi kira-kira 30 menit untuk cetak kartu. kasih foto yang ganteng dan yang cakep.. selama nya soalnya itu poto dipasang di kartu IC asuransi.

 

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook