ARC

ARC, semua pendatang yang tinggal di Taiwan lebih dari 6 bulan harus memiliki ARC (Alien Resident Certificate).

kok Alien? itu kan buat makhluk planet luar angkasa.. hehe..
ya begitulah.. mungkin jaman dahulu kala penerjemah mereka salah ambil translate-an dan sampai sekarang masih dipakai.
yang dimaksud alien di sini adalah orang asing dari negara lain selain warga negara Taiwan.

kalo ga mo bikin ARC ya tinggal balik ke Indo, atau ke HK yg paling dekat dan murah tiket PP nya. terus urus visa lagi di sana untuk masuk kembali ke Taiwan.

kalau sudah punya ARC bisa ajuin Kartu Asuransi. gunanya kartu asuransi klo ke RS bayarnya lebih murah. sebagai gambaran kalau ke RS tanpa kartu asuransi bisa NT$1000 sekali kunjungan, nah kalau ada kartu asuransi bisa cuma NT$600 atau bahkan NT$200. ini sih baru cerita dari guru dan belom ngalamin sendiri. jadi belom bisa cerita banyak soal kartu asuransi. nanti klo uda ada pengalaman akan diceritakan soal kartu asuransi ini. kita lanjut ke ARC.

ARC itu menghabiskan biaya NT$3000 dan NT$1000. lho kok 2 kali? iya, pertama kali kita bayar NT$3000 di BOFA, dan NT$1000 di Imigrasi Taiwan.
[cara ke 2 tempat itu nanti saya kasih tau.. sabar ya..]
ini gambar bayar yang pertama kali NT$3000 itu

gak lama setelah ini dari BOFA langsung ke Imigrasi bikin ARC

bukti bayar ganti visa visitor ke visa resident

ini gambar kedua yang NT$1000 itu

Bayar kedua kali nya 1000 untuk ARC

bukti bayar untuk kartu ARC

syarat ARC harus ada tabungan minimal NT$80.000.
kalau belom 20 tahun bisa buka tabungan di kantor pos. karena peraturan dari Taiwan klo belom 20 gak bisa buka rekening di bank. n ternyata ngga perlu diendapin 3-4 bulan.. karena ada tuh yg tabungannya baru dibuat 1 mgg sebelum dia ajuin ARC tetep lolos n dapat arc nye.. (modal nekad klo gw bilang..)

lalu ada yang bilang butuh statement dari bank juga selain buku tabungan asli, pada prakteknya sih ngga diminta itu statement bank, cuma ada juga yang kena dimintain sama petugas di BOFA. so biar aman saya kasih contohnya nih..

ke Bank minta statement ntar bayar NT$50 untuk 1 lembar, atau kalau mau bikin 2 lembar bayarnya cukup NT$80. saya cuma buat 1 lembar jadi bukti bayar 50 yuan seperti ini (lihat gambar)

gak penting sih tapi biar tau aja klo nanti diminta sama BOFA

bukti bayar minta statement rekening dari Bank

rekeningnya gak saya tampilin di sini yak.. wkwk.. rahasia donk.. klo mo coba kirim2 uang ke saya boleh, itu di bukti bayar ada no rekeningnya kok wkwkwk..(setelah A1 itu no rekening..)

[detailnya nanti ya ditulis.. dikit2 dilengkapi]

48 comments

  1. avatar

    oker

    Bro philips mau tanya nih ttg ARC..
    Jadi ARC itu syarat nya harus 4bulan menetap dan belajar di taiwan kan?
    kalo udah 4 bulan bisa keluar donk ARC nya? jadi gak perlu visa extension ke 2x nya kan? atau gimana proses nya mohon bimbingan xD
    terus ARC ga pake bayar uang sekolah 1 tahun di muka kalau kita mau dapatin ARC buat 1 tahun?
    Dan mau tanya ttg uang NT$80000 itu gak perlu diendapin jg pasti kluar ya?
    jadi semisal mau bikin ARC baru taruh uang segitu tetep bisa kan?
    Hehe
    Thank you

    • avatar

      philips

      |Author

      ARC itu memang syaratnya setelah 4 bulan sejak tiba di Taiwan (dihitung dari tanggal pertama kali mendarat di bandara Taoyuan, Taiwan). Dengan catatan belom keluar dari Taiwan dalam masa 4 bulan tersebut.

      Extend Visa klo memang sekolahnya bilang ga perlu 2x juga bisa. Cuma rata-rata biasanya sih 2x eksten (bahasa ‘ekstend’ visa nya nyampur-nyampur gpp ya.. yg penting nyambung.. wkwk..).

      Beritahu rekan-rekan di sini bro tempat sekolahnya di mana, siapa tau kedepannya ada yang 1 kampus sama mas bro, jadi nya bisa dapat petunjuk berguna. Kalau saya di NTUE ya eksten 2x lalu ganti ke ARC. (malah sebenernya saya 3x klo ga salah extend nya, lupa.. harus cek paspor..)

      kalau mau ARC digenapin 1 tahun, cuma bisa untuk anak kuliahan, klo yang belajar bahasa belom perna ada yg kaya gitu kecuali mas bro ini dapat beasiswa, langsung deh diperpanjang selama waktu beasiswa tersebut di ARC nya.

      tapi kalau mo coba bisa aja, bayar ke sekolah mas bro 1 tahun uang sekolah dan pergi ke imigrasi, semoga dapat 1 tahun masa ARC bro.. klo bisa dapat 1 tahun masa berlaku ARC lumayan enak, ga ribet urus ini itu.

      NTD$80.000 itu ada yang bilang harus mengendap 3 bulan, ternyata.. ada teman membuktikan itu mitos.. klo mas bro berani coba silahkan praktek cara temen ane ini.. hahaha.. dia cuma taruh itu uang 1 minggu di bank.. antara bulan X akhir sampai bulan Y awal, lalu minta bank cetak Statementnya (tergantung pakai bank apa, ada yang 50NT/lembar ada yang lebih murah. lupa..) btw, ternyata kalau kata temen, 70 ribu juga uda bisa kok.. ga harus 80 rb.

      semoga membantu ^^

      • avatar

        oker

        Ohhh jadi yg skola bahasa dapat 2bln doank ARC nya ya?
        Sama kaya visa biasa donk..
        Ahh makin strez dah. urus ky ginian terus..
        ARC itu udah lgsg bisa kluar masuk taiwan ya? Model multiple?
        Atau harus ngmg didepan dulu sblom buat?
        Saya di Ming chuan university
        Depan shihlin market persis kampus nya (hahaha)
        Kota Taipei..

  2. avatar

    oker

    Ok brarti ARC kalo udah jadi bisa kemanapun n balik kapanpun ya?
    Kalau belum pake cara diatas gt ya.. Ok2 ngerti gw.
    Waduh g enak donk arc 2bln doang bolak balik perpanjang wah strez bisa2

  3. avatar

    philips

    |Author

    betul, klo arc uda jadi bisa bolak balik berkali-kali tanpa masalah. Dan, ARC perpanjang terus tiap semester gitu.. perpanjangnya bisa 1 bln sebelom habis masa berlaku, asalkan bayar uang sekolah semester berikutnya, ntar kantor sekolahan kamu akan kasih surat keterangan absen dan nilai kamu untuk dibawa ke imigrasi untuk apply perpanjang kartu arc. prosesnya sama seperti buat pertama kali, 2 minggu jadi kartu arc baru.

    klo selama 2 minggu itu ada rencana balik, ya minta stiker lagi.. hehe..

    jaga-jaga klo klo pas perpanjang visa atau pas mo buat ARC km ditolak, baca yang ini http://study-in-taiwan.com/apply-visa-taiwan-di-hongkong/ karena di sini bisa 1 hari apply visa terus balik lagi ke Taiwan. sedangkan klo kamu gagal apply ARC/perpanjang visa.. biasany banyak yang bingung dan panik lalu pulang ke Indo, entah apakah di sana bisa 1 hari jadi apply visa.. kita ngga tau karena biasanya di indo ga secepat di Taiwan/HK klo ngerjain apa-apa.. haha..

    btw, 1 hari di HK kelar jadi visa itu pakai layanan yang kilat. pagi masukin dokumen, sore ambil terus pulang ke taiwan, belajar lagi..

    • avatar

      oker

      Busettt dah 2bln skali urusan perpanjangan ginian tambah lg kluar biaya lagi perpanjang tiap 2bln.
      Waw ARC perpanjang tiap 2bln jadinya 2minggu proses?
      Wkakaka parah2.. Cape urusin ginian drpd blajar nya..
      Ok2 thanks bro untuk jawabannya..
      Dan Ty web nya berguna banget.. =)

  4. avatar

    philips

    |Author

    oh, perpanjang itu ga keluar biaya lagi, biaya yg pertama 3000 dan 1000 itu untuk 1 tahun kok, jadi cuma bolak balik nya doank ongkos bus dan mrt aja haha.. sama ongkos fotocopy doank..

    itung-itung latian ngomong lah sama petugasnya, praktekin apa yg uda dipelajarin di sana.. ^^

  5. avatar

    wibi

    masbro philip numpang nanya,,,di ats bilang kan dlm pembuatan ARC bisa hnya dlm 1 minggu taruh uang 80 rbu,itu benar ya?? jd dlm wktu 3-4 blan gak perlu dieendepin atw udh prnh tertulis 80 rbu,,mklum dtabungan gak prnh ada uang sampai segitu hehehe,,,truz dlm prosesny apakah akn ada interviewny juga?? bro bsa tlong djelasin kronologis proses pembuatan ARC scara detail gak?? thx

  6. avatar

    philips

    |Author

    itu ga disarankan, klo mo coba, resiko tanggung sendiri ya.. interview cuma ditanya bentaran aja kok pas klo ketemu petugas yang doyan ngoceh, klo dapat petugas yang pendiem mah ga banyak ngomong langsung di cap.

  7. avatar

    philips

    |Author

    oh ya, perpanjang ARC cukup bawa surat dari sekolah yg isinya absensi, dan fotocopy kartu pelajar depan belakang yang uda dicap sama sekolah dengan waktu studi terbaru, kemaren dibilangin sama petugasnya gak perlu kopi paspor depan dan kopi paspor yang ada visa, cukup kartu pelajarnya aja depan belakang dicopy..
    yang asli tetep bawa.. buat kasih liat ke petugas..

    sama isi form nya yg pasti..
    dan arc nya juga dibawa buat dibalikin ke sana, 14 setelah itu bisa ambil ARC baru.

    • avatar

      ferdy123

      Wah kalau tidak bisa gitu gimana dong kalau seandainya sy langsung membayar uang sekolah 1 tahun
      Kalau cuma keluar tiap 3 bulan wah terus tiba” g Isa diperpanjang lagi wah jadi rugi dong.

    • avatar

      ferdy123

      ya maksud saya gini saya kan berencana sekolah di feng chia universitas, kan untuk pertama kali sekolah disana saya kan harus membayar untuk 1 semester aja kan, setelah itu kalau memang mau tetap disana baru ada pilihan mau bayar untuk 3,6,9 dan 12 bulan lah terus kalau saya ambil yang 12 bulan gimana dong?

    • avatar

      christ

      iya uang sekolah bahasa bayarnya per 3bulan, nanti setelah tinggal 6 bulan disini harus apply ARC buat tetap stay di taiwan, tanpa keluar dari taiwan.
      stlh apply arc juga sama aja, arc harus diperpanjang stiap 3 bulan sekali. sebelum habis tiap semester gitu. kayanya mau di taipei. taichung semua peraturannya harusnya ga beda deh

  8. avatar

    david_aliyanto@yahoo.com

    @ferdy123 : bro ferdy, daftar ke fengchia pake e-mail langsung ya smua aplikasi kaya paspor, ijasah ,study plan ,dll . ( itu di scanning?)kirim ke mereka gitu ?

  9. avatar

    david_aliyanto@yahoo.com

    @bro master : hahaha.. bayar 1 taon duit ny gaa kenceng… masih bingung,tentang nanti pengurusan ARC ny di sana. rencana klo study bahasa mao urus sendiri.

    mungkin nnti klo uda di tw bsa kontek” bro master philips… haha

  10. avatar

    philips

    |Author

    btw, hasil googling email u, ternyata u dari 2009 uda tanya2 soal tw, kok belom berangkat2 ya? 3 taon ngapain aje?

    fb u lock.2011 itu copas byk web org n blog ini yak? zzz.. kasih link sumbernya juga bro jgn cuman di copas gitu donk..

  11. avatar

    david aliyanto

    hahaha..
    iya bro.. dr 2008 malahan,gw nyari info ini. cuma gw buka usaha Lembaga Pendidikan di sini.. (tempat les/bimbel)
    ()

    itu kan udah ada link sumbernya ? study-in-taiwan.com

    salam kenal bro philips..

  12. avatar

    chinnoy

    Halo…ada pertanyaan nih..kemaren2 nih saya balik indo,,karna ada yg keluarga sakit.. trus saya jadinya perpanjang passport di indo karna passport 6 bulan lg udah expired.. Nah tapi kan di ARC saya no passport lama. Ga masalah tu kalo saya pulang TW punya passport baru tp nunjukin ARC yg masi pake no passport lama. Tapi ARC nya nih expirednya masi lama sampe feb 2013. Mohon info ya..apa saya harus pegi ke TETO jkt buat urus ini?

  13. avatar

    julian

    halo bro, mau nanya neh? ini baru pertama kali buat ARC, uda perpanjang visa yg kedua kalinya, nha, kalo misalnya visa kerdua saya berakhir tgl 18 nov, kira2 kapan harus mulai apply ARC? thanks yaaa

  14. avatar

    julian

    halo bro philips, visa berakhir tgl 18 nov (berdsrkan cap di tgl 18 nov), jadi terhitung tgl 18 nov, uda masuk bulan ke 5, soalnya landing di taipei tgl 22 jul kemaren. sekolah d wen hua bro..

    agak binggung jg neh…hehehe…katanya harus persiapin dokumen hasil medical check up ya? maksudnya, kl visa berakhir tgl 18 nov, kira2 kapan harus kasi dokumen ke MOFA ya…jadi bisa siapin dokumen lengkap sblm ke MOFA…thanks ya…

  15. avatar

    julian

    belum ada hasil medical check up bro…kira2 medical check up brp lama ya? jadi yg pertama kita proses dl itu medical check up ya, baru sisanya ke kantor sekolah ama bank utk minta surat2 keperluan lainnya?!

    thanks ya bro

  16. avatar

    hai bro phil dan rekan sekalian…lama ga lapor, maaf agak hectic pas baru2 sampe taiwan..heheh sekarang posisi d taichung, fengjia univ… so kl ada yg butuh bantuan anything, bisa nyari sy, sebisa mungkin di bantu, walaupun belum tentu bisa bantu banyak krn ogut jg masih baru di sini…

    mo tanya soal arc nih, kok gw dpt info dr skul gw a little bit different ya?
    apa karena peraturan sudah brubah?atau krn gw d taichung, dan kalian d taipei?

    jadi gini nih yg gw dapat dr skul:
    – min 4 bulan stay d taiwan without exit, dan terhitng dr tanggal sekolah di mulai (bkn dihitung dr anda menginjakkan kaki di taiwan)
    – INI yang BINGUNG! bank statement harus 90.000 nt but!! ga boleh tabungan bentuknya, jadi walaupun udah lbh dr 3 bln kek, atau baru sehari kek, ga laku!!
    katanya harus bukti penukaran uang (dr USD atau dr duit apapun lah ke nt, sebesar worth 90.000nt) di tempat penukaran uang yang resmi.
    OR harus bukti tranferan duit dr luar Taiwan, yang begitu masuk bank kita worth 90.000nt.
    so, pilihan only 2! repotnyaaaa!!!! kan ogut udah bawa duit nt smua, masa hrs di tuker lg ke usd, trus tuker lg ke nt??? dan ogut ga menerima tranferan, because all the expenses here all is on myself.
    – 1 lg yg bingung, di sini kan d kasih tau 2x bayar, 3000nt dan 1000nt. Tapi kok info dr skul blg cm 3000nt, dan dpt arc 6bln/1tahun dan ga perlu perpanjang tiap semester….?

    pencerahan dong yg pengalaman….so many thanks…

  17. avatar

    philips

    |Author

    kayanya pengalaman kamu beda sendiri nih.. soal tabungan baru tau klo sekarang seperti itu, itu guru yang terangin atau orang imigrasi yang terangin ya?
    yg masa 4 bulan itu bener,
    yg duit 90rb itu beda dengan yang dulu, dulu 60rb uda bisa dan ga perlu transfer seperti penukaran uang yang dimaksud.

    mantap juga km bisa langsung dapat 1 tahun arc, itu urusnya tetap di taipei kan? mungkin karena pertimbangan bolak balik yg ga efisien jadi bisa 1 taon, biasa yg 1 taon gitu anak2 kuliahan..
    kalau dulu, memang bayar 3000 di A dan 1000 di B. 1000 itu untuk masa berlaku arc 1 tahun. tiap tahun perpanjang kena 1000 lagi.

  18. avatar

    yang menjelaskan adalah bagian admin yang memang khusus bagian nanganin international student…

    hmm… jd kita ttp buka bank, but nilai 90rb itu boleh pilih… mau tranfer record dr luar taiwan atau bukti exchange money yg resmi…hen ma fan (bener ga sih ? artinya merepotkan kan? XP)

    mmm, urusnya ga perlu ke taipei, ckup immigration taichung (seharusnya sih, soalnya ga d sebut2 suruh ke taipei), dan cuma 20mtan dr fengjia naik bus. td sih udah tanya jelas2, wo shuo “apakah perlu perpanjang tiap beberapa bulan stlh dapat arc? krn baca di web gitu.”
    mreka blg, ga perlu, arc kan lgs dpt 1 tahun. abis itu br kudu extend lg.

    hmm… bingung yah… nyahahaha
    senin i’m gonna ask one more time deh… making sure…
    nanti ku reply kemari yah untk info pastinya…

    anyway mau tanya, jd extend visa itu max 2 kali ya? 1x extend kan 60 hari kah?
    jadi visa pertama kali dapat 60 hari, extend pertama 60 hari, extend ke2 60hari, total 180 hari gitu?

  19. avatar

    Info terkini LOL
    Ternyata paling bener ikutin di web study-in-taiwan.com dehhh…

    jadi fakta yang udah fix gw dapat soal biaya arc, bener 3000 buat registrasi pertama kali, 1000 buat arc setahun, tahun depannya kl mau perpanjang lagi bayar lg 1000. trus siapin 2000 more or less biaya buat medical check-up. yahh total 6000 lah more or less.

    Trus arc dapatnya tergantung goverment di kasih brapa lama, tapi katanya walaupun udah bayar uang tuition setahun, biasa gov tetep kasihnya short term period gitu, soalnya gov mau tetep keep track kita, absensi dan sgala macam lah, buat yang sekolah bahasa kan absensi penting tuh.

    trus soal duit 90rb, kayanya mmg harus tranfer record dr overseas taiwan / exchange remitance gitu deh…katanya jadi gov merasa kita harusnya ga punya uang di Taiwan, dan harus tetep dapat kiriman uang dari negara asal kita (dr ortu atau siapalah si sumber dana), jd biar ga kerja gitu lah ibaratnya…

    jd agak repot deh… 🙁 kl untuk pengurusan arc, ga usah ke taipei, di taichung bisa. anyway di taichung kemana-mana naik bus gratis loh asal ada easycard, yg penting <8km, kl lebih dr 8km baru bayar.

  20. avatar

    philips

    |Author

    posisi urus arc di taichung boleh dikasih tau ke temen-temen di sini ^^ klo ada foto2 lebih mantap lagi haha..

    jadi bener ya soal tabungan uda berubah.. repot juga.. coba nanti saya tanya2 yang di taipei sama apa ngga.

    soal mo dikasih 1 semester atau 1 tahun itu tergantung hoki siapa yang urusin (petugasnya) kamu. ada yang agak rese pasti ngga kasih, nah dulu ada temen yang ngotot krn uda bayar 2 semester dan emang tujuan dia di sini nanti nya buat kuliah, jadi nya akhirnya dikasih lah dia arc dgn masa berlaku 2 semester (gak setahun sih..)

    untung2an lah, klo yg jaga galak n rese pasti ga dapat, klo yg jaga baek pasti lancar2 aja.

  21. avatar

    pc

    mau nanya nih, ak skr lagi nunggu arc keluar. denger2 kalo belajar bhs mesti extend tiap semester ya? berarti 3 bulan skali bukan 2 bulan skali seperti extena visa kan? trus apa bs kena tolak utk perpanjangan arc? soalnya bulan lalu daftar absensi agak mengkhawatirkan penampakannya >,< andaikata kena tolak, apa mesti cabut ke luar negeri buat apply visa baru n ngulang lagi dari awal untuk dapetin arc lagi? pls help.

  22. avatar

    Immigration Office National Police agency (Taichung)
    alamat : 台中市南屯區干城街91號莊敬樓1樓 No. 93, 1st fl., Gancheng St., Taichung City
    tlp : 04-55452545/22549981
    fax : 04-22545662
    web : http://www.immigration.gov.tw/

    Central Taiwan office, Ministry of Foreign Affair, Republic of China
    alamat : 台中市黎明路二段530號1樓 No. 503, 1st fl., Sec 2, Li Ming Rd, Taichung
    tlp : 04-22510799
    fax : 04-22510700
    web : http://www.boca.gov.tw/mp.asp?mp=1

  23. avatar

    Lingga Hou

    salam kenal ^_^ aku mau bagi pengalaman ttg apply resident visa (sblm apply arc harus buat resident visa dulu)… yg harus dilakukan pertama kali adalah medical check up, perkiraan tmn2 harus medical check up adalah minimal 5 minggu sebelum masa berlaku visa abis… medical check up sekitar 1700-2000NTD… hasilnya keluar sekitar 7-10 hari.
    setelah hasil medical check up keluar, kalian siapin dokumen2 lainnya (absensi, nilai, tabungan, dll)… ohh iya buat finansial statment cuma butuh bbrp menit, jd kalian buat nya sehari atau hari H sebelum ke BOCA juga gapapa (ini pengalaman saya pake China trust, ga tau bank laen ^^), selembarnya 50 NTD… kalian sebaiknya punya tabungan sekitar 80.000 NTD, jgn lupa print buku dan fotocopy…
    klo saya sebelum ke BOCA, apply online dulu, biar praktis ke sana ud langsung antri ga perlu isi2 form lagi, tp klo online pertanyaannya lbh banyak dari yg form biasa hahahhah… ud isi via online tinggal print n bawa ke BOCA…
    kmrn ke BOCA sh ga ada masalah, asal dokumen nya lengkap, kmrn agak takut sh fotonya diragukan x_x tp krn dibilang aslinya lbh muda jd agak seneng juga :p … apply resident visa butuh biaya 3000 NTD, jdnya sekitar 10-14 hari..
    semoga selama proses ga ada masalah, klo ada dokumen yg diragukan, mreka akan telepon kita untuk interview x_x…
    ini pengalaman saya apply resident visa, smoga membantu teman2 😀
    nti klo uda jadi n ttg apply arc saya lanjutkan hehehhe

  24. avatar

    Lingga Hou

    hi guys, mau lanjutin ttg apply arc, hari ini saya sudah ambil passport saya yg sudah ditempel stiker visa residentnya ^^, langsung apply arc di kantor immigrasi. yang harus disiapkan, fotocopy passport yg ada stiker visa resident nya, pasfoto 1 buah, surat absensi dari sekolah (terbaru, jadi sebelum ke immigrasi harus disiapkan dulu), ama uang 1000 NTD. sampai kantor immigrasi isi form (multiple purpose ….. form). eehhh iya jangan lupa bawa surat yang berisi nomer identitas yg sebelumnya kamu dapet buat buka rekening bank (suratnya ga perlu dibawa juga gapapa, asal nomernya kamu inget buat ngisi no. ID di form nya). trus uda deh tinggal tunggu 2 minggu kemudian arc nya jadi ^^…. gud luck ya smuanya

  25. avatar

    philips

    |Author

    tadi arc ga perlu bolak balik klo ngasih amplop yang ada perangko nya sama tulisan alamat tempat tinggal atau sklh kamu (office) di amplop itu. jadi itu arc lgs di kirim ke alamat tujuan tanpa perlu bolak balik.

    klo uda seminggu, klo ada temen yg mo ke imigrasi bisa titip itu kertas struk biar dia bantu ambilin, kadang seminggu uda jadi klo yg bikin arc lagi ngga banyak..

  26. avatar

    Hey 🙂 lama ga nengok2… maaappp kan saya ^_^
    oh kayanya untuk di taipei sama taichung agak beda yah persyaratan ARC….
    pengalamanku beda loh…

    mau share nih, bisa jg d jadikan referensi ^_^
    berdasarkan pengalamankuh,
    The requirement! (Last updates-Nov2013)
    -Harus sudah stay minimal di Taiwan 4bulan tanpa keluar Taiwan. Kujlasin ya, jadi memang visa pelajar kamu max di extend sampai 180hari/6bulan, tapi stlh lewat 4bulan kamu sudah boleh apply ARC, or boleh juga applynya kalau visa kamu udah mau abis.
    -Receipt resmi (bon resmi exchange kurs) atau surat keterangan dari local bank Taiwan (minta sama bank kamu di Taiwan) yang menunjukkan dalam 3bulan terakhir kamu ada mendapat kiriman dari luar Taiwan minimal total 90.000nt. Karena total, jadi boleh dalam beberapa kali kiriman, ga perlu dalam satu kali kiriman jg ga masalah. Untuk receipt resmi tuh intinya ada bon resmi penukaran uang dari duit apa aja ke NT.
    -Fotocopy buku bank sama covernya.
    -Surat keterangan Medical check-up min. 3bulan trakhir. Ini so pasti harus dari rumah sakit yang di tunjuk yah alias yang di akui lah. Jadi ga semua rumah sakit bisa. Untuk di Taichung (China Medical University Hospital & Veteran General Hospital).
    -Formulir pendaftaran online http://www.boca.gov.tw/mp?mp=1
    -Passpor asli dan Fotocopy.
    -Pas Foto 2lembar, bewarna background putih, 6 bulan terakhir.
    -Study Plan.
    -Surat attendance record yang di dalamnya sudah ada keterangan jg kl kamu udah bayar tuition buat next term. Dan transcript nilai.
    -Money! Total kurang lebih 7000nt.
    3050 biaya medical check up untuk keperluan ARC, ini price di china medical.
    3000 biaya ARC.
    1000 biaya cetak kartu ARC nya.

    Yang membedakan ituh, soal rekening tabungan. d atas kan d bilang minimal ada di bank 80rb, kalau aku hrs ada bon resmi penukaran uang 90rban….
    dan pas aku apply arc, mmg iya di tanya, ini uang dari mana dtgnya… ya kujawab aja dari indo. –a jelas2 udah pake bukti penukaran dollar ke NT, NT ke dollar, tp masih aja d tanya…

  27. avatar

    Ivah Tjung

    Hi, saya baru gabung .. Mau tanya-tanya soal disana, untuk dari biaya hidup dan tempat tinggal disana bagaimana ya?
    dan, yang di maksud study plan nya itu bukti kita ada pembelajaran disana ya?
    Mohon info nya
    Terima Kasih

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook