重入國許可

重入國許可 Re-entry permit

 

ini penting nih, karena ga tau ini makanya jadi batal beberapa kali balik indo dan tiket hangus pula beberapa kale zzz..

beberapa teman (banyak amat yak nyebut beberapa nya di sini..) waktu imlek yang lalu pada balik Indo padahal ARC mereka belom jadi, dan ternyata hal itu BISA kalau tau caranya. lihat stiker ini: salah satu teman yang dapat stiker ini bagi-bagi info di sini. Tapi, dia buat ini selagi proses bikin ARC, jadi kurang tau deh apakah klo ga buat ARC juga bisa buat stiker re-entry permit ini..

Re-Entry Permit

cara buatnya: ntar yak karena saya juga tgl 10 ini mau buat dan harus pergi ke yi min su buat nya.. tunggu setelah saya pulang baru bisa kasih tau.. hehe..

--

ok, ini sudah pulang dan berhasil buat re-entry permit.

cara nya sama seperti waktu mau perpanjang visa atau sewaktu mau apply ARC:

pertama ambil nomer antrian dulu.

kedua form nya yang untuk apply ARC/perpanjang visa diisi dan lengkapi dengan fotocopy passport (paspor). fotokopi yang dimaksud, cukup depan yang ada foto ganteng/cakepnya dan belakang yang ada VISA terakhirnya. (cukup copy 2 lembar itu kok)

oh, ada lagi, ketiga, surat dari sekolah. coba tanya kantor, mereka ngerti kok surat yang dimaksud. klo kamu ambil sekolah di Shida (seta baca nya klo blom bisa Mandarin, soalnya pertama datang ada pengalaman bloon karena ga bisa mandarin, langsung tanya sopir bus, "pak ini lewat sheda ngga?" klo lidah indo baca Shida pasti jadi sheda, cth nye saya sendiri pas pertama dateng Taiwan.. alhasil nyasarlah saya ke tempat terpelosok yang dingin dan membeku malam-malam karena salah sebut alias nyasar jauh amit-amit ga ketulungan.. btw, dialog di atas itu berlebihan krn ga mungkin nanya pakai indo, aslinya nanya cm sebut "sheda" nya doang berkali-kali kaya orang bego..), klo ambil di shida bisa lgs print dari mesin print. beda sekolah beda cara, klo di NTUE sih tinggal minta guru paling cepat 2 hari jadi dan GRATIS.. klo Shida bayar tiap kali bikin surat.. abis mereka pakai mesin sih.. haha.. jadi nya masukin koin baru bisa print..

setelah semua lengkap tinggal menunggu panggilan dari nomer antrian yang tadi di ambil pas di pintu masuk. biasa ada pelayanan (ibu-ibu atau bapak-bapak uda tua) yang bantuin kita ambil nomer sambil nanya mau bikin apaan. kalo ngga ngerti mereka ngomong apa, blg aja, "visa.. visa.." huahahaha.. pastinya form yang diambilin bakalan sama kok, jadi jangan khawatir...

klo ngga ngerti cara isinya ntar dibuatin di halaman lain situs ini untuk cara isi form ARC dan VISA. tunggu saya senang dulu ya.. saya bakal senang klo tombol "like" di bawah di tekan hahahahaha..

nah, kalau nomer sudah dipanggil, silahkan menuju loket yang dibilangin pada saat manggil, klo supaya gak salah, harus liatin papan pengumumannya, kaya biasa klo kita di bank di indo aje, ada nomer antrian and ada nomer loket yang harus didatangi, sama kok. ikutin aja.

pas sampe ketemu muka sama orang yang bertugas, saya langsung bilang mau perpanjang ARC. TERNYATA ARC bisa diperpanjang dalam waktu 1 bulan sebelum ARC habis masa berlakunya, sedang VISA HANYA bisa diperpanjang 2 minggu sebelum VISA habis. Damn!!! tau gitu kemaren jadi terbang bolak balik harusnya.. hangus tiket taon kemaren 2x karena ga tau klo ARC SEBULAN sebelum abis sudah bisa perpanjang.. aaaaaaaaaaarrgh!!! masih kesel nih ceritanya... baru tau soalnya...

nah, lanjut, pas orang nya uda liat berkas, saya tambahin lagi klo saya mao balik tanggal 18 Feb ke SG dan balik ke TW tanggal 28 Feb. terus dia bilang, lho nanti ARC nya belom jadi (sekarang tanggal 10 Feb) karena jadi nya 14 hari kedepan (tanggal 24 Feb maksudya si petugas) sedangkan tanggal segitu 'kan kamu belom balik, ntar baliknya gimana? (belom saya jawab terus dia jawab sendiri..) apa mau saya buatin stiker tempelan sementara untuk re-entry Taiwan? (hehe... memang saya mau yang itu kan.. )

ya, saya bilang aja. "iya." langsung deh diproses dikerjain, sebentaran jadi kok. liat nih...

Re-entry Permit

Re-entry Permit

nah, karena perpanjang ARC, jadi nya ARC diambil deh sama dia.. terus diganti kertas tanda terima yang tulisannya begini.. (liat gambar di bawah) sambil bilang, ini nanti ARC nya bisa diambil pas kamu balik ke sini, bawa surat putih ini.. tapi tanggal 24 sih uda bisa diambil ARC nya.. gitu katanya.. haha.. selesai deh.. terus bilang terima kasih... dan langsung cabut setelah ambil kertas putih ini dan paspor yang uda ditempelin stiker re-entry permit.. hehe.. terus langsung pulang deh dan nulis ini..

Perpanjang ARC

 

 

4 comments

Leave a Reply

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook